Bagaimana Agar Hidup Tidak Stagnan?

Share this
  • 65
  • 1
  •  
  •  
  •  
    66
    Shares

Ada salah satu peserta training yang bertanya kepada saya, “pak Jamil, bagaimana agar hidup saya tidak stagnan?” Saya jawab “mulailah dari mengubah pertanyaanmu menjadi bagaimana agar hidup saya bergerak maju?” Dua pertanyaan ini memberikan efek yang berbeda. Pertanyaan pertama hanya akan menemukan hal-hal yang menyebabkan orang tersebut stagnandan tidak memberikan dorongan untuk bergarak maju.

Sementara pertanyaan kedua akan mendorong seseorang untuk mencari sesuatu yang membuat orang tersebut bergerak lebih maju dibandingkan kondisi saat ini.  Kita perlu terbiasa dan berlatih terus menerus untuk mengajukan pertanyaan dengan kalimat yang positif dan memberdayakan.

Misalnya, daripada Anda membuat pertanyaan “bagaimana agar orang tidak menghindar bekerjasama dengan saya?” lebih baik pertanyaan diubah menjadi “bagaimana agar banyak orang senang bekerjasama dengan saya?’ Coba baca ulang, rasakan bedanya.

Kembali ke pertanyaan peserta training, “bagaimana agar hidup saya bergerak maju?” Saya menjelaskannya dengan menggunakan analogi memindahkan kotak yang sangat berat di lantai.  Ada tiga cara yang bisa kita lakukan agar kotak itu bergerak (berpindah) ke tempat yang kita tuju; mendorong, menarik, mengurangi gesekan (hambatan) di lantai.

Dalam ilmu pengembangan diri, titik yang kita tuju adalah impian hidup kita dan atau target hidup kita (desire state)

Sedangkan daya dorong (mendorong) akan muncul apabila seseorang menyadari bahwa ternyata kehidupannya belum sesuai dengan harapan. Masih merasakan banyak ketidaknyamanan. Misalnya, penghasilan yang belum cukup untuk membiayai banyak keperluan. Karir atau bisnis yang masih jauh dari harapan.

Apabila Anda ingin lebih bergerak maju, Anda perlu menemukan banyak ketidaknyamanan dalam hidup Anda sat ini. Nah, apa sajakah ketidaknyamanan yang sedang Anda rasakan saat ini? Silakan tuliskan dan baca berulang-ulang. Namun jangan hanya berhenti hanya sampai disini.

Baca Juga  Apa Obat Penangkal Stres Paling Powerful?

Lanjutkan dengan aktifitas menarik. Dengan cara apa aktifitas menarik kita lakukan? Sering-seringlah Anda membayangkan berbagai kenikmatan yang Anda peroleh bila Anda terbebas dari ketidaknyamanan saat ini. Bayangkan pula berbagai kenikmatan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda bisa berpindah dari kondisi saat ini ke kondisi impian atau target yang Anda tuju.

Coba sebutkan apa yang Anda impikan? Bagaimana perasaan Anda saat impian itu terwujud? Apa yang Anda dengar saat itu? Apa yang Anda lihat ketika itu? Bagaimana respon dan komentar orang-orang di sekitar Anda? Apa yang terjadi saat itu?

Jangan lupa, selain mendorong dan menarik, kita juga perlu bisa mengurangi (hambatan) agar kita bisa lebih cepat bergerak (berpindah) ke tempat tujuan? Apa saja yang perlu kita kurangi?

Pertama, mengurangi pekerjaan yang tidak penting. Kita perlu terbiasa untuk menetapkan prioritas, tidak semua hal kita kerjakan dan lakukan. Fokus hidup kita adalah hal-hal yang bisa mempercepat kita tiba di tujuan.

Kedua, kita perlu menyingkirkan hambatan berupa rasa malas, menunda-nunda pekerjaan dan keluhan.

Siap bergerak maju atau berpindah ke tempat yang Anda inginkan? Bila jawabannya siap, mari kita dorong, tarik dan hilangkan hambatan. Bersiap, Go…

Salam SuksesMulia
Bogor, 22 Maret 2021

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

1 comments On Bagaimana Agar Hidup Tidak Stagnan?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer