Menciptakan Kenangan Indah Setiap Hari

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Coba Anda renungkan, apabila dalam satu hari Anda mendapat apresiasi positif 5 kali, dan celaan atau hinaan sebanyak satu kali, manakah yang lebih Anda ingat? Sebagain besar pasti menjawab, yang lebih diingat adalah satu kali celaan. Memang begitulah kerja otak, pengalaman negatif lebih mudah dan lebih kuat diingat oleh otak dibandingkan pengalaman baik. Hal ini diungkapkan oleh seorang pakar neuropsikologi, Rick Hanson. Penulis buku Hardwiring Happiness and Buddha’s Brain.

Apabila kehidupan Anda dibiarkan mengalir begitu saja bisa dipastikan kenangan negatif akan jauh lebih banyak yang Anda kenang dibandingkan pengalaman indah. Untuk itu, kita perlu dengan sengaja menciptakan kenangan indah setiap hari agar hidup kita lebih membahagiakan dan produktif serta dipenuhi rasa syukur yang berlimpah.

Ada dua cara yang paling powerful untuk menciptakan kenangan indah setiap hari. Anda mau tahu? Atau mau tahu banget? Apa pun jawaban Anda, saya akan tetap membagikan caranya, hehehe.

Pertama, apabila Anda mendapatkan keburukan, segeralah diam sejenak, ambil nafas kemudian terimalah rasa tidak nyaman tersebut. Anda bisa menenangkan hati dengan mengucapkan : Ya Allah, walaupun sekarang saya merasa ……. (apa yang Anda rasakan saat itu) karena peristiwa….. (sebutkan peristiwanya)

saya ikhlas menerima rasa ……… itu. Saya pasrahkan hidupku kepada-Mu untuk bisa mengoptimalkan semua potensi yang telah Engkau berikan kepadaku

Setelah Anda merasa tenang, cobalah cari hikmah dan hal-hal positif yang bisa Anda petik atas peristiwa tersebut. Apabila Anda sudah menemukan berbagai hikmah, bersegeralah melakukan hal positif apapun yang bisa Anda lakukan. Bisa dengan tersenyum, mendoakan orang lain, mentraktir sahabat, memberi hadiah orang lain atau kebaikan apapun.

Baca Juga  Buat SWOT Agar Bisnis Tidak SEWOT

Kedua, apabila Anda mendapatkan kebaikan, syukurilah kebaikan tersebut. Ucapkanlah terima kasih kepada yang memberikan kebaikan dan kebahagian. Sampaikan rasa syukur yang mendalam kepada Allah swt atas kebaikan dan kebahagiaan yang Anda dapatkan. Biarkan perasaan positif Anda membuncah, senyuman Anda merekah, dan biarkan air mata kebahagiaan mengalir. Jangan lupa, doakan orang-orang yang telah berbuat baik kepada Anda.

Dan di ujung hari, menjelang Anda tidur, ingat kembali semua hikmah yang telah Anda dapatkan hari itu dan ingat pula semua kebaikan dan kebahagiaan yang telah Anda dapatkan. Tutup hari kita dengan Happy Ending sebelum kita lelap tertidur. Dengan cara ini, Anda telah menciptakan kenangan indah dalam hidup  setiap harinya sehingga hal-hal yang negatif tidak betah (kerasan) berada dalam pikiran dan hati Anda. Hidup hanya sebentar, mari terus berbahagia. Selamat mencoba.

Salam SuksesMulia
Jakarta, 23 Maret 2021

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer