Melatih Integritas

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Thomas J Stanley, Phd dalam bukunya Millionaire Mind menempatkan being honest with all people (integritas) sebagai peringkat nomor satu faktor penentu kesuksesan seseorang. Dalam dunia leadership, integritas juga merupakan kunci seseorang memiliki pengaruh yang semakin kuat.

Dalam dunia nyata, orang yang tidak memiliki integritas akan ditinggalkan oleh orang-orang yang berkualitas. Jadi, integritas memang sangat menentukan kesuksesan seseorang.

Untuk itu, kita perlu terus mengasah integritas agar tertanam kuat dalam diri kita. Bagaimana caranya? Sangat mudah.

Pertama, buat komitmen untuk melakukan sesuatu yang mudah. Misalnya Anda membuat komitmen “mulai 01 April saya bangun lebih cepat dari sebelumnya. Apabila biasanya bangun pukul 04.30 maka mulai 01 April saya bangun pukul 04.25. Atau komitmen lain, “setiap hari sebelum tidur saya menuliskan hal-hal yang perlu saya syukuri pada hari itu.” Intinya, Anda membuat komitmen yang menurut Anda sangat mudah untuk dijalani.

Sekali lagi saya tekankan kata “mudah” agar kita tidak punya alasan untuk melanggarnya.

Kedua, lakukan apa yang sudah kita komitmenkan. Tentu karena hal yang mudah untuk dijalani, kita bisa dengan mudah melakukannya. Nah, apabila dengan komitmen yang mudah saja lalai apalagi dengan yang lebih sulit. Seseorang yang lalai dengan komitmen yang sudah ia tetapkan akan sangat sulit memiliki integritas. Berjanji dengan diri sendiri saja tidak ditepati apalagi berjanji dengan orang lain.

Ketiga, syukuri apabila “ego” komitmen dalam diri kita mampu menjalankan perannya. Ucapkan alhamdulillah atau I Love my commitment, I love my self. Bisa juga kita mengatakan pada diri sendiri “wahai komitmen, terima kasih kamu telah menepati janjimu, teruslah konsisten menepati janjimu agar dirimu terus membesar dan menguat.”

Baca Juga  Perpaduan Syukur dan Visi Hidup

Saya yakin Anda ingin menjadi orang yang semakin sukses. Mulailah dengan melatih integritas dengan tiga langkah tersebut di atas atau langkah lain yang Anda punya. Mari kita mulai, Bismillah.

Salam SuksesMulia
Brebes, 31 Maret 2021

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer