Menikmati Kebahagiaan Bersama

Share this
  • 18
  • 1
  •  
  •  
  •  
    19
    Shares

Saya yakin semua orang ingin bahagia. Dan bahagia terbaik itu saat kita menikmati kebahagiaan bersama orang-orang yang kita cintai. Boleh jadi mereka adalah keluarga kita, saudara kita, sahabat kita, tim kerja maupun relasi sosial lainnya.

Agar saat bersama kita bisa memperoleh kebahagiaan, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saya terinspirasi dari buku The Little Book of  Hygge, karya Meik Wiking. Apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan kebahagiaan saat kita bersama banyak orang? Penulis buku tersebut menguraikannya dengan sangat apik. Saya mencoba mengambil intisarinya.

Pertama, Kehadiran. Saat kita bersama orang lain, hadirlah secara penuh, baik itu fisik, pikiran dan perasaan. Kita memang sudah menyiapkan waktu khusus untuk menikmati kebersamaan di acara tersebut.  Sebaiknya kita abaikan dulu hal-hal yang bisa mengganggu kebersamaan. Di era digital saat ini, hal yang sering menganggu adalah smartphone yang sering kali membuat kita justeru malah kurang smart (cerdas).

Berpisah dengan smartphone dalam waktu beberapa jam tidak akan membuat kita kehilangan berita besar atau peluang besar. Bahkan sebaliknya, kita akan memperoleh hal-hal yang besar. Salah satunya adalah kebahagiaan yang sebelumnya belum pernah kita rasakan. Bukankah itu hal yang sangat besar?

Kedua, Kesataraan.  Saat bersama, semua yang hadir seyogyanya merasa setara dengan yang lain. Mengutamakan “kita” bukan “saya.” Tidak ada yang berharap diperlakukan berbeda dibandingkan yang lain. Kesataraan ini membuat suasana menjadi lebih nyaman, lebih cair, lebih akrab dan terbuka. Kebahagiaan akan tersebar merata kepada semua yang hadir dalam acara bersama tersebut.

Ketiga, Kebersamaan. Suasana kebersamaan akan membuat hormon kebahagiaan dalam tubuh bekerja lebih aktif.  Kebersamaan membuat seseorang merasa lebih dicintai dan dihargai sehingga memicu datangnya kebahagiaan yang semakin membuncah.

Baca Juga  Boleh Lelah tapi Jangan Menyerah

So, segera buat acara berkumpul bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, praktekkan 3K di atas: Kehadiran, Kesetaraan, Kebersamaan maka kebahagiaan akan menyelimuti Anda. Mau khan?

Salam SuksesMulia
Jakarta, 17 Maret 2021

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer