Ingin Punya Kebiasaan Baik? Ini Kuncinya

Share this
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Tentu sebagian Anda tahu bahwa masa depan atau nasib (takdir) hidup seseorang sangat ditentukan oleh kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Dengan kata lain, kita sudah bisa memprediksi masa depan kita sendiri dari kebiasaan rutin yang kita lakukan setiap hari. Oleh karena itulah, apabila ada yang bertanya kepada saya “kira-kira masa depan saya seperti apa pak, baik atau buruk?” Saya menjawab singkat “tergantung kebiasaan Anda hari ini.”

Karena saya yakin bahwa kebiasaan saat ini menentukan kehidupan kita di masa depan, saya pun akhirnyaa mencari kebiasaan kecil yang bisa menjadi pembuka kebiasaan baik lainnya. Artinya, saat kebiasaan kecil tersebut kita lakukan maka kita dengan mudah melakukan kebiasaan baik lainya. Menurut Anda, kira-kira kebaikan kecil apa yang menjadi pembuka banyak kebiasan baik lainnya?

Berbagai penelitian, seperti dari US Departement of Health and Human Services, University of Vermont, Yale dan Oxford University mengungkapkan bahwa kebiasaan yang menjadi pembuka kebiasaan baik lainnya ternyata adalah OLAH RAGA. Mereka menyebutnya  “Spillover Habit” yang artinya, kebiasaan berolah raga akan membuat sel saraf seseorang menjadi ketagihan untuk melakukan beragam kebiasaan baik lainnya. Nah pertanyaan singkat saya kepada Anda, olah raga apa yang sudah Anda lakukan pekan ini?

Orang yang cerdas dan waras pasti akan melakukan kebiasaan yang juga cerdas. Nah, kebiasaan cerdas yang utama sebagai penarik kebiasaan baik lainnya adalah olah raga. Anda ingin termasuk orang yang waras dan cerdas? Apabila, jawabanya, YA, bersegeralah berkomitmen untuk secara disiplin melakukan olah raga secara berkala. Bisa setiap hari 30 menit, bisa pekanan, bisa 20 menit yang dilakukan 3-4 kali per pekan dan sebagainya. Yang penting, Anda punya jadwal berolah raga.

Baca Juga  Siapa Jodoh Terbaikmu?

Saya termasuk yang yakin dengan spillover habit ini. Saat saya berkomitmen untuk olah raga 30 menit setiap hari, berbagai kebiasaan baik yang lain muncul. Baik dalam aspek spiritualitas, pengembangan diri, kepedulian dengan orang lain, menata emosi, mengembangkan bisnis, dan kehidupan berumah tangga.

Bukan hanya efek domino kebaikan yang semakin banyak, berolah raga juga meningkatkan kebahagiaan. Peneliti di Yale dan Oxford mengungkapkan bahwa berolahraga bisa membuat seseorang lebih bahagia dibandingkan memiliki uang dalam jumlah banyak. Tentu yang paling membahagiakan adalah punya uang dalam jumlah banyak sekaligus rajin berolah raga. Mau?

Di sisi lain, saat saya sedang mencari bahan kajian, literatur, riset dan jurnal tentang Eco healing, forest bathing untuk pengembangan produk-produk di Kampoong Hening (salah satu kegiatan baru bagi saya sejak pandemi Covid-19), saya menemukan banyak studi yang menyimpulkan “berjalan kaki di alam terbuka (olah raga) selama 20 menit itu bisa menurunkan stress dan depresi.” 

Selamat berolah raga, mulai saat ini juga. Siap?

Salam SuksesMulia
Bogor, 18 Maret 2021

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer