Inilah Rahasia Selalu Bersemangat

Share this
  • 68
  • 2
  •  
  •  
  •  
    70
    Shares

Mengapa ada orang yang selalu bersemangat tetapi ada juga yang mager alias malas gerak? Ternyata sudah banyak kajian dilakukan untuk menjawab pertanyaan ini.

Dari pengalaman pribadi dan kajian yang saya pelajari, setidaknya ada 3 hal yang perlu kita hadirkan agar semangat terus bergelora di dalam dada.

Pertama, temukan “why” dalam semua aktifitas yang kita lakukan. Mengapa saya berbisnis ini? Apa alasan utama saya melakukan ini? Mengapa saya mengerjakan ini?

Kemampuan menemukam jawaban atas pertanyaan “why” membuat aktivitas kita penuh energi dan sulit dihentikan. Apalagi jawaban atas pertanyaan “why” sangat emosional bagi kita.

Di sisi lain, saat kita belum mampu menemukan jawaban atas pertanyaan “why” akan membuat kita terjebak pada rutinitas tanpa makna. Robot dalam wujud manusia, bekerja hanya sekedar menjalankan job description dan demi tercapainya KPI (Key Performance Indicator). Kondisi ini membuat kita tersiksa dan memudarnya semangat untuk menghasilkan karya besar.

Untuk memperdalam ini silakan baca buku yang ditulis oleh Simon Sinek yang berjudul Start With Why.

Kedua, nikmati progres yang ada. Profesor Teresa Amabile dari Harvard Business School dalam bukunya yang berjudul The Power of Small Progress (2011) menuliskan hasil temuan risetnya yang menarik : Saat kita merasakan adanya kemajuan atau progres dari apa yang kita jalani, maka kita akan terus termotivasi untuk menjalaninya.

Untuk itu, saya mendorong kepada orang-orang di sekitar saya untuk membuat jurnal syukur (menuliskan berbagai kebaikan yang kita terima hari ini). Kebiasaan mensyukuri semua kebaikan yang datang kepada kita, meski itu kecil, akan membuat semangat kita bergelora. Bukan hanya itu, rasa bahagia selalu meningkat saat kita menuliskan hal-hal yang patut kita syukuri tersebut. Cobalah.

Baca Juga  Mencintai itu...

Ketiga, kebaikan adalah rayuan kita untuk mendapat cinta-Nya. Salah satu nikmat yang luar biasa besar adalah saat kita mendapat cinta dari Allah swt. Kehidupan kita dibimbing dan dijaga serta semua kebutuhan kita dipermudah oleh Allah swt. Untuk mendapatkan cinta-Nya kita perlu “merayu” dengan berbagai kebaikan yang kita lakukan.

Saat rayuan kita berhasil, hidup menjadi lebih bahagia dan tentu menambah bekal kita untuk kelak bisa bertemu di tempat terhormat dengan yang selama ini kita rayu (Allah swt).

Bila semangat Anda ingin terus bergelora cobalah lakukan 3 hal di atas: menemukan why, nikmati progres, jadikan kebaikan yang kita lakukan adalah rayuan kita kepada Allah swt.

Selamat mencoba.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer


Share this
  • 68
  • 2
  •  
  •  
  •  
    70
    Shares

1 comments On Inilah Rahasia Selalu Bersemangat

  • mengapa berhenti menulis kek Jamil,..Kakek harus move on, jenuh pasti. mungkin bagi kakek menulis adalah “mubah” tapi bagi kami yang muda dan baru belajar , membaca di web ini adalah “wajib”. kami tunggu tulisan kakek lag i ya,,

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer