Bagaimana Anda Rebound di Tahun 2021?

Share this
  • 16
  • 1
  •  
  •  
  •  
    17
    Shares

Tahun 2020 hampir semua kita mendapat ujian yang luar biasa. Belum pulih dari situasi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) muncul Covid-19 yang tidak diprediksi sebelumnya. Dan kini kita hidup di pola hidup yang baru: pakai masker, menjaga jarak, online style dan lebih care terhadap kesehatan.

Tahun 2021 saatnya kita rebound. Tidak boleh terlalu lama hidup di zona ketakutan (fear zone). Kita perlu terus bergeser ke learning zone dan growth zone. Tetap terus belajar dan terus bertumbuh dengan tetap menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu kita siapkan untuk bisa rebound di tahun 2021.

Pertama, mampu menawarkan solusi baru. Sebenarnya, jumlah penduduk di sekitar kita tidak berubah signifikan, yang berubah adalah perilaku mereka. Selama kita punya keahlian yang diperlukan oleh perubahan perilaku tersebut maka kita tetap “laku” di pasaran.

Kesediaan kita untuk melupakan keahlian lama (unlearn) yang sudah tidak relevan sangatlah penting. Belajarlah keahlian baru yang diperlukan perusahaan tempat Anda bekerja atau keahlian baru yang bisa memberikan solusi kepada masyarakat.

Kedua, bisa memanfaatkan tren. Amati perkembangan yang terjadi saat ini dan kemungkinan di masa yang akan datang. Saat dunia mulai aktif mengawinkan online dan offline (hybrid) menjadi satu kesatuan, kita pun perlu memanfaatkan tren tersebut. Saat banyak orang stres, saya pun menambah keahlian baru, belajar sebagai seorang konselor melengkapi keahlian pengembangan SDM yang sudah saya miliki. Tren apa yang sekarang sedang Anda manfaatkan? Lantas tawaran apa yang Anda berikan untuk bisa ikut dalam tren tersebut.

Ketiga, fokus pada purpose Anda. Meski perubahan besar di lingkungan terjadi kita tetap tidak boleh kehilangan jati diri. Tetaplah fokus pada purpose hidup Anda.

Baca Juga  Logika Rezeki

Apa alasan yang sangat mendasar atas keberadaan Anda di muka bumi?. Anda terlahir ke dunia untuk apa? Apa yang menjadi lebih baik dengan keberadaan Anda di muka bumi?

Anda sudah punya purpose khan? Bila belum, segera temukan. Bagi saya, ada dua moment penting dalam hidup. Pertama, moment saat kita terlahir di muka bumi. Kedua, moment saat kita menemukan purpose hidup kita. Saat kita menemukan purpose, hidup kita semakin hidup dan energi positif kita semakin membesar dan menyebar. Mau khan?

Anda mau rebound di tahun 2021? Bila jawabannya mau, maka pastikan Anda mampu menawarkan solusi, bisa memanfaatkan tren, dan fokus pada purpose hidup Anda.

Salam SuksesMulia
Bandung, 11 Februari 2021

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer