Agar Rezeki Mendatangi Kita

Share this

Ada seorang pebinis meyampaikan uneg-unegnya kepada saya “Pak Jamil, saya sudah keras dan banting tulang, mempraktekkan strategi dan ilmu bisnis terkini yang saya pahami, koq tetap saja rezeki saya kurang terus ya pak? Ada saran pak  Jamil.”

Saya bertanya kepada bisnis owner tersebut “menurutmu, siapa pemilik rezeki?” Dia langsung menjawab “ya tentu Allah lah pak.” Saya pun langsung bertanya “Lha, kalau menurutmu,  bagaimana agar Allah swt, Sang Pemilik Rezeki memberikan rezeki-Nya kepadamu?” Lelaki itu terdiam sejenak. Setelah itu, saya melanjutkan “betapa banyak orang mencari rezeki tetapi tidak mengikuti cara yang diberikan Sang Pemilik Rezeki. Mereka kelelahan namun tetap saja rezekinya kekurangan.”

Untuk mengundang rezeki, saya selalu memadukan aspek profesional dan spiritual.   Secara profesional kita perlu melakukan pekerjaan atau bisnis sebaik-baiknya, namun jangan lupakan aspek spiritual yang bisa membuat rezeki semakin lancar dan dipenuhi keberkahan.

Apa saja sich aspek spiritual yang perlu kita lakukan agar rezeki saling berlomba mendatangi kita?

Pertama, menyertakan Allah swt dalam semua aktifitas alias tawakal. Hal ini dijelaskan dalam Al Quran Surat At-thalaq ayat 2 : Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga.

Allah swt tidak mungkin ingkar janji. Untuk itu, dengan tulus sertakanlah Allah swt dalam semua aktivitas bukan hanya saat ibadah ritual. Bila kita menyakini dan mempraktekan hal ini, berbagai problem kehidupan akan dituntaskan oleh Allah swt dan rezeki akan datang dari berbagai arah yang tidak kita duga. Percayalah

Kedua, memohon maaf atau memohon ampun. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari pastilah kita pernah berbuat salah kepada sesama atau berbuat dosa kepada Allah swt. Saat berbuat salah bersegeralah memohon maaf. Sementara saat berdosa segerelah mohon ampun kepada-Nya. Karena salah dan dosa bisa menjadi pengalang datangnya rezeki.

Baca Juga  Cermin Bohong

Simak Al-Quran surat Nuh 10 – 12 :  Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. 

Hal ini juga dipertegas oleh Nabi Muhammad saw: siapa saja mengekalkan bacaan istighfar (mohon ampun), niscaya Allah jadikan baginya sebuah jalan keluar di tengah kesempitan dan sebuah kelonggaran di tengah kesumpekan, dan Allah kucurkan rezeki kepadanya dari jalan yang ia tidak perhitungkan.’

Ketiga, Memperbanyak Silaturahmi. Relasi sangat penting bagi keberhasilan karir maupun keberhasilan bisnis. Mereka perlu dijaga dan dirawat sehingga memiliki hubungan yang semakin dekat. Kedekatan akan mendatangkan rezeki, begitulah janji Allah.

Janji Allah tersebut tertuang dalam sabda yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Secara spiritual tentu masih banyak yang bisa dilakukan untuk melapangkan rezeki , namun 3 hal ini  bisa dicoba oleh para pembaca. Selamat mencoba.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

2 comments On Agar Rezeki Mendatangi Kita

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer