Temukan Kenikmatan

love.jpg

Sudah umum diketahui bahwa sebenarnya ada dua faktor yang mendorong manusia melakukan sesuatu, yaitu untuk mendapatkan kenikmatan (gaining pleasure) dan menghindari ketidaknyamanan (avoiding pain). Dalam bahasa agama, ingin mendapatkan surga dan menghindari neraka.

Mendapatkan kenikmatan tidak selalu identik dengan penghasilan yang besar tetapi bisa berupa prestasi, relasi, kebahagiaan, pengakuan dan aktualisasi diri. Sementara ‘avoiding pain’ bisa berupa menghindari rasa malu, rasa takut, kekhawatiran, menjauhi kesengsaraan dan lain sebagianya.

Frederick Herzberg, seorang profesor dari Case Western Reserve University dan Utah University, Amerika Serikat, pernah melakukan kajian bahwa ternyata para manager yang berusaha menghilangkan ketidaknyamanan bagi karyawan memang bisa menghadirkan kenyamanan tetapi tidak berarti mereka lebih termotivasi untuk bekerja. Jadi menaikkan gaji dan sejenisnya mungkin membuat karyawan nyaman tetapi belum tentu produktivitasnya meningkat.

Dari kajian tersebut disimpulkan bahwa orang akan lebih termotivasi dan meningkatkan produktivitasnya apabila mereka mendapatkan kenikmatan. Mereka tahu sisi positif dari pekerjaannya. Mereka tahu bahwa pekerjaannya sangat bernilai dan memberi manfaat untuk dirinya dan orang lain. Bekerja bukan hanya sekedar mencari rupiah dan gaji tetapi ada nilai atau sesuatu yang diperjuangkan.

Duduklah sejenak, temukan sisi positif dari pekerjaan Anda. Temukan nilai-nilai dan kelebihan dari pekerjaan Anda. Apa yang membuat Anda semakin bersyukur atas pekerjaan Anda? Apabila Anda tidak menemukan hal-hal tersebut saya yakin Anda bekerja hanya karena rutinitas dan tidak ada prestasi luar biasa yang sudah Anda capai.

Hidup hanya sebentar, jadi jangan bekerja hanya karena menghindari ketidaknyamanan. Jangan bekerja hanya karena masih hutang dengan perusahaan. Jangan bekerja hanya karena susah cari kerja di tempat lain. Jangan bekerja hanya karena tidak ingin disebut pengangguran.

Bekerjalah karena Anda menemukan kenikmatan di dalamnya. Sudahkah Anda menemukan kenikmatan itu?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

7 thoughts on “Temukan Kenikmatan”

  1. anik wijayanti says:

    Saat apa yang kita kerjakan memberikan dampak manfaat. Maka rasanya hati ini seneng banget. Itu termasuk ya kek?

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes mbak…lanjutkan

  2. isya julianto says:

    Wah. Sangat menginspirasi kek

    1. Jamil Azzaini says:

      Terima kasih mas…

  3. heri st says:

    Betul banget ,hanya aku yg tak kunjung bangun ^’^

    1. Jamil Azzaini says:

      Bagun…bangun…sudah siang mas

  4. Juliandika says:

    assalamu”alaikum. Sukses Mulia !!
    Pak, kalau saya belum menemukan kenyamanan di pekerjaan saya sekarang bagaimana ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.