Teladan Dimulai Dari Pemimpin

Joko Widodo alias Jokowi, walikota Solo membuat berita besar. Lelaki yang sudah dua periode memimpin kota Solo ini mengganti mobil dinasnya, sedan mewah merk ternama, dengan mobil rakitan para pelajar SMK 2 Surakarta. Mobil yang diberi nama Kiat Esemka ini 80 persen komponennya lokal dan 20 persen impor.

Keputusan Jokowi yang ini mengingatkan saya pada perjuangan seorang lelaki dari India, Mahatma Gandhi. Saat itu India berada di bawah kekuasaan Inggris. Sadar bahwa India sulit mengusir tentara Inggris maka ia menggunakan kekuatan lain. Gandhi tahu bahwa salah satu alasan Inggris menguasai India karena jumlah penduduknya yang besar. India adalah pasar bagi produk-produk Inggris.

Mengetahui hal ini, Gandhi mengajak masyarakat India menggunakan produk-produk lokal, memproduksi sendiri berbagai keperluan hidup dan tidak tergantung kepada bangsa asing. Ajakan Gandhi ini dikenal dengan Swadesi. Ternyata strategi ini sangat melemahkan Inggris. Banyak pabrik di Inggris tutup karena kehilangan pasar.

Gandhi bukan hanya bicara, ia memberikan contoh kepada masyarakat India. Ia menggunakan pakaian tenun rakyat India untuk menginspirasi rakyat India agar menenun sendiri dan tidak membeli pakaian dari Inggris. Gandhi juga memberikan contoh  dengan berjalan ratusan mil untuk membuat garam. Perilaku Gandhi ini memberikan inspirasi kepada rakyat India untuk membuat garam sendiri dan tidak tergantung kepada Inggris. Akhirnya India menjadi negara yang berdaulat pada 15 Agustus 1947.

Seorang pemimpin seharusnya bisa dijadikan suri tauladan dan mampu mengoptimalkan serta merangkul berbagai potensi dan kekuatan yang ada. Dengan menggunakan mobil dinas buatan pelajar SMK 2 Surakarta, Jokowi telah mengangkat dan mempopulerkan mobil dan sekolah itu.  Tindakan ini juga membangkitkan kembali semangat untuk merakit dan membuat mobil sendiri yang sebelumnya sudah ada. Kita mampu, kita bisa.

Memang mobil rakitan itu mungkin belum lulus uji, tapi keputusan Jokowi untuk menggunakan sebagai mobil dinas, bagi saya keputusan yang cerdas. Keputusan ini saya yakin menjadi sumber inspirasi bagi SMK yang lain. Keputusan ini juga meningkatkan rasa percaya diri pelajar SMK, khususnya SMK pembuat mobil rakitan. Saya yakin juga kepala-kepala dinas di pemerintahan kota Solo tak akan berani menggunakan mobil dinas mewah buatan luar negeri melebihi yang digunakan walikotanya. Pemimpin memang teladan utama.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

16 thoughts on “Teladan Dimulai Dari Pemimpin”

  1. Widar says:

    setuju pak. saya optimis bahwa di indonesia msh byk pemimpin2 spt jokowi. semoga kita smua bisa menjadi pemimpin yg bisa mjd teladan. Amiin.

  2. Anggit Setyaningsih says:

    Itu sekolahnya adikku lho om.hehe
    Mariii ke Solo om, nanti ktemu sm Pak Jokowi πŸ™‚

  3. rahmayani says:

    Love it..seandainya semakin banyak pemimpin kita yang memiliki kecerdasan dan kearifan seperti ini, Insyallah negara kita akan menjadi bangsa yang berdaulat dan gemah ripah loh jinawi..

  4. Ano says:

    Kalau saja semua yang pada d atas begitu.makmur rakyat Indonesia.

  5. aannoe says:

    sayangnya, sulit sekali mencari sosok seperti Pak Jokowi di negeri ini. Mungkin hanya Pak JK dan Pak Dahlan Iskan yg mirip beliau.

  6. Pak Jokowi adalah sosok pemimpin yg patut diteladani yg sulit dicari bandinganya, makanya tak heran ada yg mulai melirik beliau utk diusung sbg cagub DKI Jakarta

  7. erickazof says:

    Segera! dimulai dari diri sendiri πŸ˜€

  8. Maliki Taher says:

    Sosok Pemimpin teladan…memberi contoh tanpa menggurui πŸ™‚

    Selamat untuk SMK sdh berhasil membuat mobil,Alumni ITB aja belum ada yg bisa bikin mobil pak…Bisanya kerja di Pabrik Mobil. hehehe

  9. Dody Muhadi says:

    Subhanaulah itu baru 1 (satu) Pak Jokowi bagaimana dgn Pak Joko lainnya…semoga menjadi bola salju yang makin besar mempertontonkan ketauladanan…Aamiin.
    Bagi adik-adik kami disemua SMK ayo bangkit dan buktikan bahwa kalian semua adalah sosok pemuda yang kreatif dan inovatif.

  10. dewi suraya says:

    setuju.., moga2 semakin banyak pemimipin kita yg berjiwa seperti jokowi

  11. Dwi Juli says:

    Salut buat walikota Solo. Semoga pemimpin yg lain mengikuti jejaknya khusunya para anggota DPR :D. Hidup Indonesia!!

  12. yonna says:

    subhanalloh.. saya warga solo bangga atas kearifan Bp Jokowi selama ini.. dan saya meneteskan air mata bukan hanya saat membaca kisah di atas.. tp saya jg meneteskan air mata saat membaca komentar komentar saudara semua tentang walikota Solo.

  13. Cecep Saprudin says:

    Mudah2an akan banyak pemimpin di negeri ini yg benar2 memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, sederhana, dan menjadi teladan bagi masyarakatnya, sehingga bangsa Indonesia mengalami kemajuan yg pesat.
    Amien.

  14. AWal tahun ini saya jalan-jalan ke Solo, kotanya bersih, tertib dan ramah. Saya sempat mengobrol dengan abang becak yang membawa kami ke kampung batik kauman, saya tanya pendapatnya tentang Pak Jokowi, wuihhh jawabannya mantap bahwa beliau sangat disukai warganya… begitulah seorang pemimpin harus bisa disukai semua lapisan

  15. mursid says:

    wah sedikit koreksi pak.. Mobil Dinas Jokowi yang lama bukan mobil mewah.. memang 2000cc tapi sudah tua buatan th 2000 lungsuran dari pejabat walikota lama.. sebelumnya jokowi tidak mau beli mobil dinas baru πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.