Rumah yang Melahirkan Generasi Hebat

Rumah adalah tempat terbaik untuk berkumpul dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Rumah merupakan tempat training terbaik untuk anak-anak. Rumah yang dihuni oleh suami-istri yang hebat berpeluang besar menghasilkan generasi kuat yang siap memimpin negeri ini ke arah yang lebih bermartabat. Bagaimana agar kehidupan suami istri mampu melahirkan generasi hebat?

Pertama, jadikan agama sebagai rujukan utama. Setiap manusia punya ego, ide, dan kepentingan yang berbeda. Jadikan agama sebagai penentu baik dan buruk dalam sebuah keluarga khususnya saat suami-istri berbeda pendapat.  Seluruh anggota keluarga harus tunduk patuh kepada ketentuan agama bukan tunduk pada ego, ide, dan nafsunya sendiri.

Sang Maha Mengetahui  yang menciptakan manusia jauh lebih paham tentang manusia dibandingkan dengan seluruh penduduk bumi cerdas sekalipun. Ikuti aturan-Nya maka Anda akan selamat. Tunduk patuhlah pada ketentuan-Nya maka hidup Anda akan tenang, damai dan harmonis di dunia dan kelak bahagia selamanya di surga.

Kedua, suami-istri saling melindungi dan melengkapi. Tidak ada manusia yang sempurna.  Setiap orang pasti memiliki kelemahan dan kekurangan.  Suami dan istri wajib menjaga kehormatan pasangannya dengan tidak mengumbar cerita tentang kelemahan dan kekurangan pasangan mereka. Seharusnyalah suami dan istri saling melindungi, mendukung, membesarkan dan tentu mengingatkan bila diantara keduanya ada yang lupa dan alpa.

Ketiga, bermental to give bukan to get.  Suami dan istri harus sering bertanya dalam hati, “Hal terbaik apa yang bisa saya berikan kepada pasanganku?” Bukan bertanya sebaliknya, “Apa yang bisa saya dapatkan dari pasanganku?” Bagi suami, istri adalah permaisuri yang harus dimanjakan, dihormati dan dilindungi. Istri bukanlah staf atau karyawan suami. Istri juga bukan juru masak, tukang cuci apalagi pembantu rumah tangga.

Sementara bagi istri, suami adalah pimpinan yang harus ditaati. Istri tidak akan melakukan sesuatu yang dibenci suaminya. Istri akan mendorong agar suaminya terus tumbuh dan berkembang bukan justru menjadi beban. Semua berlomba menciptakan moment-moment romantis yang berkesan dan sulit dilupakan. Dengan cara ini, kehidupan rumah tangga menjadi dinamis, lebih hidup dan penuh warna.

Usai membaca tulisan ini, mari segera lakukan tiga hal tersebut di atas. Insya Allah keluarga Anda lebih harmonis, lebih bahagia dan akan muncul generasi-generasi hebat dari rumah Anda.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

20 thoughts on “Rumah yang Melahirkan Generasi Hebat”

  1. mantap..

    lagi cari istri yg seperti it kek

    doakan ya

    @dr_want

  2. Rina NH says:

    سُبْحَانَ اللّهُ
    Setuju sekali Pak Jamil
    “Hal terbaik apa yang bisa saya berikan kepada pasanganku?”

    شُكْرًا جَزِيْلاً, وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

  3. @mekoh1268 says:

    Siap Guru….

    Segera Saya Laksanakan….

    Terima Kasih

  4. Nova says:

    Salam,,

    Siap Kek
    terimakasih nasehat nya,,

    Salam SuksesMulia

    Nova
    JayaBerkah

  5. marse says:

    Subhanallah. Semoga dimudahkan membentuk keluarga yang diridhoi Allah. آمِيْن يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

  6. Nurfadlillah says:

    Keren nih Pak Jamil, Izin share lagi boleh ya.. 🙂

  7. Mas Arif (dr_want) didoakan segera dapat istri yang sholehah ya

  8. Risaokee says:

    what a lovely morning read, thank you master

  9. erickazof says:

    Salam kek!

    Home sweet home..itu mengapa menurutku rumah menjadi tempat terbaik 🙂 krn ada kehangatan keluarga..

  10. CeuTety says:

    InsyaAllah Keluarga BESAR CeuTety akan melahirkan generasi hebat itu kek Aammiinn 🙂

  11. novita utami says:

    Subhanallah…
    Semoga saya dapat calon suami seperti itu n menjadi calon istri yg juga sprti itu.aamiin.. 🙂

    1. Budi says:

      fb : Tawangmangu la cape’la

  12. Fajar Haqi says:

    Assalamualaikum Om Jamil! saya haqi sahabatnya asa di sdit darul muttaqien. Ijin copas utk diperlihatkan ke ayah ibu saya. trims Om 😀 salam sukses mulia!

  13. Anan Prayz says:

    Sang Maha Mengetahui yang menciptakan manusia jauh lebih paham tentang manusia dibandingkan dengan seluruh penduduk bumi cerdas sekalipun. Ikuti aturan-Nya maka Anda akan selamat. Tunduk patuhlah pada ketentuan-Nya maka hidup Anda akan tenang, damai dan harmonis di dunia dan kelak bahagia selamanya di surga.

  14. boeloek says:

    Hidup sosialisasi itu…., ibarat mengasah intan berlian…. (bgitupun dg pasutri). Semakin byk ujian asem manis kehidupan, semakin byk sisi berlian yg diasah, dan akan trlihat ‘bercahaya’ suatu saat nanti…jalani dan lewati, agar Sang Rabbulizzati selalu menemani, kemana hati ini meniti….amiin YRA

  15. Tito Adi Dewanto says:

    Mudah-mudahan rumahkupun dapat melahirkan generasi hebat seperti generasi para sahabat. Amin Ya Rabbal ‘Alamin

  16. dwinur77 says:

    Mohon doanya Pak biar bisa melahirkan generasi hebat….
    Amiiinnnnn……

  17. Riant Raafi says:

    Membangun keluarga yang harmonis dan tentunya produktif ternyata bukan tentang cocok atau tidaknya kedua pasangan ya pak, tapi bagaimana niat kedua pasangan tsb. Jika niat sudah baik utk menjadikan generasi rabbani, insya Allah keharmonisan menyertainya.

    🙂
    *jempol.. poll

  18. gung ikhwani says:

    saya ingin mencari pasangan hidup seperti itu, mohon doanya pak jamil. ingin rasanya bisa ketemu pak jamil lagi. salam sukses mulia

Leave a Reply

Your email address will not be published.