Proposal Hidup (1)

Saya punya kebiasaan sejak kecil yang berdampak besar dalam kehidupan saya, yaitu membuat Proposal Hidup.  Dari semua yang saya tulis di Proposal Hidup hampir semua mewujud dalam kenyataan. Pada awalnya ada orang yang meremehkan dan menghina  apa yang saya tulis, tapi saya jawab dengan membuktikannya.

Dari keluarga yang sangat miskin di Lampung, saya bisa mewujudkan mimpi untuk menjadi Insinyur Pertanian dan dosen. Bahkan yang terjadi saat ini, melebihi impian saya sewaktu kecil. Bukan hanya Insinyur Pertanian, saya juga melanjutkan kuliah di Pascasarjana IPB (lulus 2003).  Saat ini saya juga Inspirator SuksesMulia, penulis buku best seller, pengusaha, pengkader wirausaha dan pengkader trainer,  serta penggagas Gerakan SuksesMulia.

Saat inipun saya sedang menjalankan Proposal Hidup yang saya tulis sejak 2004.  Proposal hidup itu telah mengalami beberapa kali revisi yakni pada tahun 2006, 2007 dan 2011.  Semua gerak langkah saya saat ini dalam rangka pencapaian Proposal Hidup yang sudah saya ajukan kepada Allah, Sang Maha Kuasa di Tanah Suci. Hasilnya, semua yang saya ajukan kepada Yang Maha Mendengar ketika saya umroh dan haji (2004, 2006 dan 2007) semuanya terwujud sesuai dengan waktunya, alhamdulillah.

Bagaimana saya membuat Proposal Hidup?

Langkah pertama, saya mencari tahu dan kemudian menuliskan semua kelebihan dan kekuatan yang ada pada diri saya. Beberapa diantaranya kekuatan saya yang jarang dimiliki orang lain adalah pengalaman perjuangan hidup yang saya alami, dimana sejak SMP saya sudah mencari biaya sendiri.  Selain itu, saya juga punya kelebihan dalam hal “story telling”, kemampuan memberdayakan orang-orang tertindas, kemampuan mengkader dan lain sebagainya.

Ternyata dengan menuliskan hal itu, saya semakin bersyukur kepada-Nya.  Saya akhirnya tahu bahwa dengan bersyukur ternyata hidup semakin bahagia.  Sayapun semakin takut membuang waktu percuma, enggan melakukan hal-hal yang tidak memberi manfaat untuk diri dan kebanyakan orang. Dampak lainnya, saya jarang mengeluh dan berpikir negatif.

Nah, sekarang saatnya Anda merenungkan apa kelebihan dan kekuatan Anda yang jarang dimiliki oleh orang lain? Renungkan.  Bila sudah ketemu, ayo segera tulis. Jangan hanya ada di pikiran.. [Eh… bandel ya, ayo tulis kelebihan dan kekuatan Anda sekarang juga].

Bila Anda belum bisa menemukan, waspadalah Anda akan sering kalah bersaing dengan yang lain yang tahu kekuatannya dan memanfaatkan kekuatannya. Jadi segera temukan dan tuliskan, jangan sepelekan hal ini.

Langkah kedua, temukan dan tuliskan prestasi terbaik yang akan Anda capai selama Anda hidup di dunia.  Dengan prestasi ini, orang tua Anda bangga. Pasangan hidup Andapun tidak menyesal mendampingi Anda. Putra-putri Anda penuh percaya diri punya orang tua seperti Anda. Nama Andapun dikenal oleh generasi-generasi setelahnya.  Yang lebih penting lagi, dengan prestasi itu Anda pantas meminta Surga dari-Nya.

Sebagai contoh… Prestasi terbaik saya adalah ingin menginspirasi lima juta orang dan satu juta diantaranya terangkat harkat dan martabatnya.

Apapun yang saya lakukan saat ini dalam rangka mewujudkan impian itu.  Saya menjadi inspirator, menulis buku, mengkader wirausaha, mengkader trainer, membangun perusahaan bahkan menghidupkan Website JA (jamilazzaini.com) adalah dalam rangka impian itu.  Ternyata, cara inipun menjadikan saya fokus dan mengetahui prioritas.  Semua hal yang berhubungan dengan prestasi yang hendak saya raih adalah prioritas.

Nah, sekarang giliran Anda, tuliskanlah apa prestasi terbaik yang akan Anda torehkan selama hidup di muka bumi? Ingat ya, prestasi terbaik (tertinggi) selama hidup, bukan prestasi tahunan. Tuliskanlah sebanyak-banyaknya kemudian setelah itu rangkumlah menjadi satu kalimat seperti impian saya. Ayo tuliskan! Bila perlu tuliskan di sini agar orang lain tahu dan mendoakan Anda…  Ayo, segera tuliskan sekarang juga prestasi terbaik yang akan Anda torehkan!

Langkah ketiga, keempat, dan kelima akan saya lanjutkan pekan depan. Mengapa? Agar Anda memiliki waktu untuk menuliskan kedua langkah di atas. Jangan tunda, lakukanlah sekarang juga!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

107 thoughts on “Proposal Hidup (1)”

  1. supangkat says:

    salam perjoengan pak..pantasnya dipanggil Bung JA

  2. Subhanallah..sgt menginspirasi!!
    Baca sj lgsg terharu!skrg mau #EKSYEN!
    Mohon doa ya om..

  3. Ida says:

    Proposal hidup saya : ingin menjadi pengusaha kaya yang bisa meng-kaya-kan orang banyak , aamin:)

    salam

  4. Oh iya om,apakah proposal hidup hrs dibawa ke tanah suci?? Kl blm mampu bgmn?
    Kmrn pas sy ikut acra ust yusuf mansur,hampir sm sih dg ini.tp dibawa ke rumah Allah (masjid),suruh mnta sm Allah di rumahNYA 🙂

    1. Arshy says:

      Menurut saya bukan itu maksudnya, minta ke Alloh bisa dari mana saja & waktu kapan saja asal istikhomah. Namun, jika ke tanah suci, ada tempat2 khusus yang sangat mustajab. Niatkan aja pak walaupun dengan memulai tabungan 20 ribuan. Fight!!

  5. Terima kasih sudah membagikan proposal hidupnya Pak. Saya juga sudah menulis proposal hidup,namun kebanyakan menyimpannya di laci meja. Mohon doa ya Pak agar saya kembali mengaplikasikan proposal tersebut. Terima kasih sebelumnya

  6. wahyu says:

    inspiratif full!!

  7. dali says:

    Saya hanya orang rata-rata yang harus selalu berjuang menjalani hidup ini tanpa melibatkan pihak lain, setelah beberapa lama saya tersadar bahwa tidak bisa hidup spt itu terus. Kemudian setelah melewati masa kuliah yang selalu saya habiskan untuk berkumpul dg rekan2 tanpa memikirkan nanti akan menjadi apa. Ironis saat orang lain sibuk dg mata kuliah, saya malah berkumpul dg temen2..(Hehehe) tapi justru disitu saya menemukan kekuatan saya menghadapi hidup berawal dr ngumpul. Selesai kuliah, disaat hampir semua temen2 nyari tempat kerja, saya malah kebalikannya yaitu membuka lapangan kerja dg modal action spt yg sekarang banyak didengungkan para inspirator, mulai mengorganisir perusahaan dg kemampuan pas2an, menyelesaikan semua kendala perusahaan hingga mampu bertahan sampai saat ini… Namun kenikmatan itu semua saya tinggalkan karena kendala rumah tangga yg sampai membuat saya meninggalkan usaha yg saya rintis.
    Koq malah jadi cerita hidup yaaa, harapan saya saat ini, saya memiliki energi positif yg bisa membangkit, dukungan dr keluarga baru, semoga tidak lama lagi saya memiliki usaha yg memiliki kesuksesan diatas rata2, آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن (semoga pa jamil berkenan dg coretan saya ya pak, karena ini merupakan tantangan saya dalam beribadah menjalani hidup)
    Salam Sukses Mulia

    1. arshindo says:

      Pak Dali saudara kami yg sy hormati, saya pikir semua orang PASTI punya masalah (baca:tantangan) baik saat di atas, di bawah ataupun di samping. Itulah pernak-pernik hidup, rahasia Illahi. Yg jadi penilaian Allah adalah ke arah mana iman kita saat melaluinya, semakin mencintai Allah atau sebaliknya..? So keep fight..!!

  8. Aswir says:

    Subhanallah,,, Terima kasih Pak Jamil yang selalu memberi saya inpirasi

    Semoga terwujud dalam sukses mulia

  9. Indra Sutama says:

    Saya menjadi Penyanyi yang berhasil Go Internasional dan bikin semua Rakyat Indonesia Bangga terhadap saya… Saya juga bisa menginspirasi semua orang melalui kisah hidup saya yang “from zero to HERO” #AMIN

  10. hakeem says:

    sangat menginspirasi pak.. cita2 saya ingin sekali menghajikan kedua orang tua saya. dan ingin sekali menjadi Pengusaha sukses agar bs berbuat lebih untuk Agama ini. Doakan saya pak.. 🙂

  11. Terima kasih pak.. Menginspirasi untuk segera menuliskan impian2, agar hidup bermanfaat bagi banyak orang dan lingkungan. Temoga terkabul.

  12. Terima kasih semua ya, jangan lupa buat proposalnya ya. Semoga Anda semakin SuksesMulia semua. Semua boleh corat-coret di tempat ini yang penting positif ya. Jamil Azzaini

  13. Fatkur says:

    Sukses mas JA. Saya memiliki cerita hidup yg amat sgt pait juga lho…skrg saya berusaha utk membangkitkan semangat org lain yg nasibnya mirip saya. Saat ini sudah bikin proposal hidup dan sedang sibuk2nya menyiapkan diri utk bersinar pada waktunya. Minta doanya guru…

  14. sanggalangi says:

    pak, sangat inspiratif… tapi agak bingung menulis prestasi yg ingin dicapai, yg ditulis prestasi yg ingin dicapai ataukan yg sudah tercapai pak ?

  15. Khalik HR says:

    Proposal hidup saya
    Pertama : Menjadikan keluarga saya menjadi keluarga sakinah mawadah wa rohmah. Amin
    Kedua : Membawa perusahaan tempat saya bekerja sekarang menjadi perusahan yang handal dan bisa go public. Amain
    terima kasih imspirasinya pak

  16. Jamil says:

    Mas Fatkhur, langsung didoakan. Sanggalangi yang ditulis prestasi terbaik yang Akan Anda lakukan bukan yg sudah Anda capai. Pak Khalik sebaiknya prestasi terbaik yang ditulis satu saja yg dengan itu keluarga Anda oke perusahaan Anda juga oke. Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  17. susy yulia says:

    Salut pak!
    Proposal Hidup saya, ingin lebih bermanfaat buat orang2 disekitar saya.. Dgn memberdayakan mereka dengan punya bisnis sendiri.. Working Home mom to be..Insya Allah

  18. Jamil says:

    Mbak Susi, hatus dibuat ukuran bermanfaat biar lebih siip. Salam SuksesMulia, jamil azzaini

  19. novi says:

    Saya terlahir dr keluarga yg sgt sederhana, bahkan bs dibilang krg mampu. Namun org tua sy sgt ingin anak2nya bisa merubah nasib dan meninggikan derajat keluarga.
    Alhamdulillah saya bs lulus kuliah dan mendptkan pekerjaan yg cukup baik. Saat ini saya ingin skali bisa memiliki penghasilan tak terbatas agar bs dgn mudah membantu orangtua dan keluarga saya lainnya yg kurang mampu.
    Saya sedang merintisnya… Insya اَللّهُ dilancarkan…
    Kedepannya, pastinya sy ingin memberi pendidikan yg terbaik utk anak2, supaya mereka bisa menjalani hidupnya menuju sukses mulia..

  20. Wieds says:

    Salam sukses mulia.
    Mas Jamil,trimakasih atas nasehat serta berbagi ilmunya.
    Mengenai Proposal hidup,saya ingin membantu orang orang yang lemah dengan membuat semacam lembaga pendidikan secara gratis agar dapat mengangkat derajat mereka dan membahagiakan orang tua,serta membuat mereka bangga.
    Saya mengharap Mas Jamil dan rekan rekan membantu dengan do’a.
    Terimakasih.

  21. achi says:

    inspiring much my life..proposal hidup saya pengen membantu sebanyak mungkin orang yang membutuhkan konsultasi perencanaan keuangan pribadi/keluarga secara gratis agar mereka bisa mandiri dan tidak terjebak hutang konsumtif, semoga sukses

  22. Jamil says:

    Wieds, boleh juga kalau mau studi banding ke Pesantren Wirausaha saya di Delanggu Klaten Jawa Tengah, itu lembaga yang mencetak wirausaha beretika. Sudah saya mulai sejak tahun 2000, terima kasih. Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  23. Kang sakti says:

    Ustad Jamil, Boleh gak Minta Contoh Formatnya Penulisanya ….. Mungkin ada Bab-bab nya,,, Terimakasih Ustad Sukses…

  24. ANTO says:

    Pak.JA kelebihan diri saya adalah Tidak mudah bosan dalam melakukan sesuatu & cukup detail dalam melakukan setiap pekerjaan.

    Proposal hidup saya: Ingin jadi pengusaha sukses yang bisa membantu orang lain sukses dunia akhirat.

    Wassalam

  25. Anggun Laksmana says:

    Alhamdulillah mas saya sudah buat daftar proposal saya.Doakan saja mas supaya semua proposal saya dapat terwujud !!Amin. Sekalian mau tanya mas ada tidak korelasi antara proposal yang kita buat dgn sistem tentang Hukum Ketertarikan/Law Of Attraction ?? Dan asal tahu saja salah satu impian saya adalah menjadi motivator sepaerti mas Jamil.

  26. Jamil says:

    Sakti, ikuti terus website ini, pekan depan saya akan menyambung kembali tukisan proposal hidup ini, saya juga memebrikan contoh yg punya saya, oke ya, salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  27. Jamil says:

    Anto, coba dibuat lebih detil lagi, pengusaha sukses yang ingin kamu capai iu seperti apa, punya perusahaan apa? Bergerak dibidang apa? Nasional apa mendunia. Smoga impianmu menjadi kenyataan ya. Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  28. Jamil says:

    Anggun, semua yang kita lakukan dimuka bumi pasti ada keterkaitan satu dengan yang lain, termasuk dgn Law of Attraction (LOA), salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  29. yunimahmuro says:

    Subhanalloh,, sy terinspirasi sekali stelah membacanya.. Proposal hidup sya ingin mensejahteraankan rakyat kecil dengan memotivasi bhwa “tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini” dn saya hrus yakin bhwa styp org itu punya peluang yg sama, yg membedakn hanya “Pengelolaany yg berbeda”.. InsyaAlloh, آمين Allohumma آمين .. Mohon do’a dr smuanya ya.. Syukron..

  30. Jamil says:

    Ayo Yunimahmuro capai impianmu, saya kirim doa ya, salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  31. salam sukses mulia mas Jamil

  32. mustika rini says:

    bagus banget pak 🙂
    trimakasih atas tulisan bapak yang dapat menginspirasi banyak orang, termasuk saya

    saya ingin jadi PNS (dosen atau guru) dan pengusaha sukses agar dapat mencerdaskan kehidupan generasi bangsa dan memberikan beasiswa kpd 100 juta anak bangsa agar mereka dapat mengangkat harkat dan martabat khususnya keluarga mereka ndiri dan umumnya bangsa ini ke yang lebih baik 🙂

  33. dobelden says:

    saya cukup jadi walikota Sukabumi saja pak.. 😀

  34. agusp says:

    Salam sukses pak JA, kita sama2 dr lampung dan sama2 alumni ipb. Bedanya saya masih berjuang untuk survive. Tulisan mas JA sangat menginspirasi my big dream. dulu saya dijulukin temen main sebagai ulet daun karena sejak SD kerjanya nyari daun pisang untuk bungkus tempe namun berkat impian yg selalu dibangun dan dengan ridha nya alhamdullilah sudah bisa out of the box… Salam sukses mulia

  35. uni says:

    mantap pak… sy ingin menjadi ibu yg baik untuk anak2 saya, istri yg baik untuk suami, anak yg berbakti pd orang tua, menantu yg baik, adik yg baik unk kakak2 ku… dan tentunya usaha yang sukses didunia, dan tempat yang baik diakhirat…. usaha sy masih biasa2 saya… doakan ya pak dari yang biasa ini menjadi usaha yang luar biasa…. amin….

  36. zanuar faizal says:

    Impian saya….pingin punya pondok pesantren dan rumah yatim piatu yang mandiri yang berbasis pada wirausaha…..

  37. reni says:

    terima kasih banyak pak setiap apa yang tertulis dalam web ini, berusaha untuk membaca dan mengaplikasikannya…

    ok saya punya cita mewujudkan 10.000 pasar tradisional yang berbasis pada prinsip ekonomi islam, penulis best seller bidang perempuan ekonomi islam…

    saya akan mencapai maksimal tahun 2035

    mohon doanya…. sama-sama saling membangun Indonesia… saya akan berusaha mencapainya..

    jazzakallah pak, teruslah menginspirasi melalui tulisan

  38. vheena says:

    proposal hidup saya ingin menjadi orang yang paling banyak sedekahnya…amin

  39. Yaya says:

    Assalamualaikum Pak,

    Prestasi terbaik saya adalah menulis.
    Alhamdulillaah saya mampu menginspirasi orang lain lewat tulisan saya. Kalau boleh bapak mampir di web saya 🙂

    Lewat web itu saya belajar sharing pengalaman hidup saya dan kegiatan saya dalam berbisnis. Karena saya memiliki tujuan untuk bisa pergi beribadah haji dan umroh. Amin

  40. nab says:

    saya pasti buat proposal hidup kayak bpak 🙂

  41. Prestasi terbaik saya adalah ingin menjadikan bangsa Indonesia sebagai negara termakmur di dunia.

    Prestasi hidup tertinggi saya saat ini adalah pernah buka usaha & bangkrut tapi tidak putus asa & buka usaha baru lagi.

  42. Dina says:

    Alhamdulillah,jazakallahu..sy telat bacanya,tulisan ini menginspirasi saya…dari dulu saya kepingin sekali Membawa seluruh keluarga saya naik haji atau umroh bareng. Semuanya ikut terutama kedua orangtua saya, saya bersyukur masih dikumpulkan dg mereka. Kelakpun meminta semoga Allah mengumpulkan kami dalam FirdausNya,amin Ya Rabb.
    Yang kedua pak, saya ingin menikah dan pernikahan ini membahagiakan tdk hanya bagi saya,tp jg keluarga besar kami,hee tapi jodohnya belum ketemu,mohon doa Pak,karena umur saya katanya udah telat…*duu jujur tuu pak
    Syukron pak,saya turut mendoakan bapak sekeluarga agar tetep SUKSES MULIA,amin

  43. kareef says:

    Prestasi terbaik saya adalah menjadi kaya sebagai pekerja dan pengusaha dalam bidang otomotif dan kuliner, memberangkatkan Haji orang tua dan mertua bersama-sama dengan istri dan saya,memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anakku ilmu agama dan umum, membina orang2 yang kurang beruntung agar mereka dapat hidup sejahtera dan mulia, dan hidup mulia dengan harta yang dimiliki dengan cara yang halal. amin

  44. maia says:

    Pak JA, dl saya sempat membuat proposal hidup…tapi kenyataanny berubah 180 derajat. Sedih rasany..skrg saya hanya menjalani yg ad dan tersedia…kegagalan adlah kekecewaan tuk diri saya… Yg jd pertanyaan…apakah pantas saya menulis kembaali proposal hidup …sementara saya merasa hopeless aja tuk memiliki suatu proposal.

    Salam Epos.

  45. puji says:

    menjadi istri, ibu, anak yg baik yg bs dibanggakan suami, anak, org tua. berguna bg org2 terdekat, bs berbagi ke org banyak kapan aja, memberikan energi, pikiran positif utk semua org dan bs menjadi pribadi yg lebih baik lg…

  46. idham muhamad husen says:

    kelebihan saya:saya adalah orang yang sangat kreatif..banyak berpikir out of the box dibandingkan orang lain…

    prestasi yang ingin saya raih: saya akan menjadi seorang pengusaha kaya multinasional. kekayaan saya bisa menginspirasi banyak orang. dengan kekayaan itu,saya akan mendanai berbagai kegiatan yang dapat membuat agama saya menjadi semakin besar…juga dapat membuat orang tua,istri,anak2,dan seluruh orang yang mengenal saya bahagia dan bangga…amin…:)

    *mohon dibantu diaminkan…:)

  47. Jamil says:

    Maia, yg menentukan pantas tidaknya membuat proposal hidup adalah diri kita sendiri, bila Anda sendiri tak menghargai diri Anda sendiri jangan harap orang lain menghargai diri Anda. Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  48. are terak says:

    proposal hidup saya adalah ingin jadi pengusaha yang sukses luar dalam dan ingin mempunyai lembaga pendidikan bagi orang yg tidak mampu…mohon doanya om

  49. are terak says:

    proposal hidup saya ingin memnjadi pengusaha sukses luar dalam dsan ingin mempunyai lembaga pendidikan gratis namun berkualitas….mohan doanya ya om

  50. aktivitas yang menarik. jadi ingat tulisan di salah satu buku motivasi yang dulu pernah saya baca diawal saya masuk kuliah dulu bahwa salah satu poin penting yang perlu dilakukan dlm menggapai impian adalah “dengan menulisan impian itu”

    dan ternyata benar seperti cerita pengalaman yg pak jamil alami. mimpi saya 1 persatu terwujud

  51. Dinarohana says:

    saya ingin memiliki usaha sendiri. Lebih tertarik pada dunia seni, yang mampu diaplikasikan dalam berbagai kawasan, dari anak2 sampai dewasa. Dan usaha saya itu mampu membuka lap kerja untuk orang2 disekitar saya, mengajak mereka berkarya juga dalam seni untuk mengedukasi.

  52. Andi susilo says:

    Numpang nulis proposal hidup,,,pak ustad !
    Saya ingin kelling dunia dg ortu dan berharap ridho dr doa2 mereka.
    Menjadi inspirasi dan motivator untuk INDONESIA dan bkerjasama dg orang2 terbaik di bidang. Amin

  53. rizbar says:

    Assalamualaikum Pak.
    salam kenal. Saya pertama kali ‘mengenal’ Bapak dari twitter, lalu tertarik berkunjung ke web panjenengan. Menginspirasi..
    Alhamdulillah saya baru akan membuat proposal hidup saya, pas baca artikel Bapak ini. Alhamdulillah banyak membantu. Terimakasih.
    Ijin share juga Pak.
    Sambung do’a ya Pak..
    Wassalamualaikum

  54. Emalisa says:

    Saya ingin sekali produk sulam pita menjadi oleh2 khas kota medan, saya ingin semua itu dikerjakan minimal oleh 1000 (seribu) perempuan yang ada di medan yang mengerjakan di rumah mereka masing2, terutama dari keluarga yang awalnya tidak mampu agar mereka bisa membantu keuangan keluarga mereka tanpa harus meninggalkan rumah dan anak2 mereka semoga Allah meridhoi dan mengabulkannya… aamiin YRA

  55. joni supriyadi says:

    Saya seorang mahasiswa usia 26 , sudah beristri satu dan anak satu. saya ingin sekali membuat lapangan pekerjaan yang dapat bermanfaat bagi orang lain dan ingin meghajikan ibu kandung dan ibu bapak mertua saya. mereka semua sangat baik dan menerima saya apa adanya. Amiin.

  56. Rizal says:

    Ustad Jamil, kemarin saya baru nonton film secret mengenai hukum ketertarikan kurang lebih sama bila kita menginginkan sesuatu cukup dengan memikirkan, menuliskan, focus terhadap semua yg kita inginkan, & yakin kalu semuanya bisa terwujud maka semuanya secara ajaib akan terwujud. Proposal hidup ini apakah sama seperti ini/tidak??
    ……

    Terus terang saya sangat tertarik & terinspirasi

    Proposal hidup saya (semoga allah SWT meridhoi)

    1. Ingin Membahagiakan kedua Orang tua saya & Memberangkatkannya ke Mekkah agar bisa Umroh & Haji

    2. Menjadikan Keluarga saya Sakinah, Mawaddah, Warahman & mendidik anak2 saya menjadi Soleh & solehah

    3. Puncaknya saya ingin menghilangkan kelaparan dan kemiskinan di indonesia

    Salam Sukses Mulia

  57. abiilo says:

    proposal hidup saya adalah mempunyai 10 pipa rezeki. Dengan kelemahan keterbatasan dan potensi yg saya miliki,baru 2 kakek yang tercapai..mohon doa dan supportnya.

  58. timbar says:

    Saya ingin punya badan usaha berbasis keluarga dengan profit melimpah hingga bisa manjadi fasilitator dan mediator kami dan sekitar dalam beribadah “amin… amin… amin ya robbal alamin”

  59. nisa says:

    proposal hidup: Inspirator hidup sehat dunia yang mampu meningkatkan 30% kualitas kesehatan masyarakat

    amiiiin…mohon doa nya ya… ^.^

  60. maman says:

    proposal hdup saya saat ini adlh ingin membuatkan rumah yang nyaman untuk ibu saya yg saat ini, tiap hujan trun hrus siap2 dengan wadah dan lap untuk menyambutnya. Dengan doa anda smua mdh2n saya bisa mwujudkan hal itu.
    Maaf ibu, saat ini saya blm bisa mbuat ibu snang n tenang. Mdh2n dngn do’a tlus ibu, Allah mbri kmudahan pd saya untuk menyambut krunia n rjki-Nya. Aamiin

  61. faisal baihaki says:

    mohon do”a ya semoga aku bisa menjadi orang yg sukses” dan memjadi bermartabat”” tidak di pandang sebelah mata oleh orang laen

  62. fathul huda says:

    usahaku dah jalan cuman gak berkembang. pingin lebih berkembang lagi dan bisa menginspirasi temen2ku bisa bergabung dengan usahaku

  63. nisa shafarina says:

    kek Jamil..ikutan ya..supaya bisa diaminkan banyak orang dan akan segera terwujud..Prestasi terbaik saya adalah membuka lapangan pekerjaan untuk saudara-saudara khususnya dan masyarakat umumnya, terdiri dari 500 cabang dan tersebar di Indonesia bahkan manca negara..amin amin ya Robbal alamin

  64. Dianita says:

    Subhanallah..so inspiring pak..jazakallah..

  65. adief permana says:

    proposal hidupq ingin memiliki jiwa seperti jamil azzaini, ingin memiliki bisnis yg berkembang dengan baik dan pesat serta menghasilkan kekaya’an yg berkah bagi saya dan keluarga saya serta bagi mereka orang lain dan keluarga mereka yg turut membantu dalam usaha saya… amiiin ya allah…

    sukses mulia

  66. Refna Wirda,SE says:

    proposal hdup saya saat ini adlh ingin menjadi hamba yang terbaik dimata Allah bisa membahagiankan orang orang yang saya cintai, terlepas dari himpitan hidup punya uang yang banyak agar bisa mensejahterakan orang orang disekeliling saya dengan cara mempunyai usaha dan dalam waktu dekat sekali bisa memberangatkan saya, ibu saya, saudara saya dan anak saya untuk berumrah ke tanah suci. Dengan doa anda smua mdh2n saya bisa mwujudkan hal itu.
    Maaf bunda sampai saat ini belum bisa membahagiakanmu bahkan terkadang jadi bebanmu. Mdh2n dngn do’a tlus ibu, Allah mbri kmudahan pd saya untuk menyambut krunia n rjki-Nya. Ya Allah jangan panggil ibuku sebelum aku berhasil menggandeng tangan ibu ditanah suciMu.Bukakalah pintu dua kota suciMu ” Mekah dan Medinah, catatlah nama kami dan ibu serta saudara kami dan anak anak kami sebagai tamu dirumahMu dan berangkatkan kami dengan cara Engkau.Aamiin

  67. iin @iinaja says:

    saya ingin pnya usaha abon ikan yg sehat, tanpa msg, produknya mendunia. Memberdyakan para perempuan dan janda yang ada ditmpku.. Lalu mengundang kek jamil untk mntrainer kami semua disini agar sukses mulia dunia dan akhirat

    Aamiin

  68. Cepe says:

    Aku terbayang punya komplek perusahaan, dimana sekitarya legkap dengan perumahan pegawainya, sekolah, pasar jadi kota mandiri,, Penghasilan pegawainya diatas rata2 sehingga anak2nya dapat sekolah dg baik. Perusahaan ini berintegritas, Aku ingin orang baik itu sukses bukan kere… hasil produksi perusahaan ini akan di eksport kemana2.. Amin…

  69. naya says:

    pak, saya ingin bertanya.
    terkadang rencana yang telah kita buat baik-baik malah tidak tercapai. yang tercapai malah yang jauh lebih baik dari yang direncanakan bahkan terkadang setara derajatnya atau juga tidak tercapai sama sekali. nah, bagaimana menurut bapak tentang hal itu???
    makasih…

  70. Novie Fitrianti says:

    Proposal hidup saya (semoga Allah meridhoi) :
    1. Konsisten memberikan sedekah 50% dari total penghasilan
    2. Financial Freedom maksimum di usia 40 tahun
    3. Kelak menjadi istri yang solehah 🙂 amiinn

    *mohon dibantu diaminkan…:)

  71. renny merliana says:

    Bismillah…
    Semoga Allah selalu meridhoi saya
    untuk mempunyai kekuatan beribadah,kekuatan Cinta,kekuatan Kata,kekuatan harta,kekuatan ilmu yg manfaat,sehat…sedekah sebanyak banyaknya…amin,Insya Allah kegiatan yg sy lakukan sejak 5 th terakhir ini bisa mendukung terwujudnya semua impian…semoga pa jamil selalu sehat….

  72. Febi says:

    Menjadi babinkamtibmas multi-talented yg selalu menebar manfaat Dan menginspirasi masyarakat dalam segala aspek kehidupan.

  73. Febi says:

    Menjadi babinkamtibmas multi-talented yg selalu menebar manfaat Dan menginspirasi masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Sambil dinas,, sambil ibadah.. Insya Allah barokah.. Aamiin..

  74. Phitry says:

    Assalamu.alaikum..
    pak Jamil Azzaini, saya seorang mahasiswa smester 2, kmren IP saya mengecewakan menurut saya, padahal saya pun juga sudah menuliskan impian2 saya untuk kedepannya.
    saya ingin bisa menginspirasi banyak orang, tapi nyatanya saya masih seperti ini.mohon bimbingannya bapak Jamil, oiya boleh kah saya tahu contoh format proposal hidup bapak?
    minta tolong kirim ke email saya ya bapak..
    kurang lebihnya saya mohon ma’af..
    wassalamu.alaikum^^

  75. barusan sy mengikuti seminar bapak. mohon doanya saya ingin menjadi pengusaha yang sukses sehingga bisa membahagiakan keluarga dan mampu berinfak membantu memberdayakan saudara2 yang kurang mampu agar bisa berdaya

  76. saya ingin menjadi guru profesional yang bisa mengantarkan muridnya menuju sukses dunia & akhirat. Aamiin Yaa Allah 🙂

  77. Bismillaahirrahmaanirrahiim

    Proposal Hidupku.
    Diajukan kepada Allah Yang Maha Mengabulkan. Ditulis dengan kerendahan hati dan dengan keyakinan penuh akan tercapai :

    “Menginspirasi 10.000.000 orang dan 2.000.000 diantaranya menginspirasi orang lain karena terangkat harkat dan martabatnya”

    Aamiin

  78. ela says:

    Ma ksh atas proposalhidupnya.. sayaingin jd dosen supaya bs.mengamalkan ilmu yg sy dpt

  79. Salam hormat saya Pak…

    Proposal hidup saya: Ingin memiliki “IMPACT” positif yang sebesar-besarnya bagi nusa, bangsa dan negara Indonesia tercinta melalui aksi dan karya nyata.

    Amiin…….

  80. HusnAndalusia says:

    Bismillaahirrahmaanirrahiim

    Proposal Hidupku.
    Diajukan kepada Allah Yang Maha Mengabulkan. Alhamdulillahirobbilalamin husna (Pujja Sari Purnama)mampu:

    “Menginspirasi 4.000.000 perempuan dunia dan 800ribu perempuan diantaranya mampu menginspirasi perempuan lainnya dengan islam”

    amin ya rob

  81. Dedih says:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb
    Sangat inspiratif sekali, bikin kita tetap semangat. Sy sdh coba program ttg sy dan keluarga sy sebut dgn career planning, alhamdulillah bbrp target yg ditulis sdh terkabulkan walau ada bbrpa target waktu yg terbuang. Masih ada yg belum tercapai mhn doanya …. smg sy dapat meraihnya.

  82. nursila says:

    mesti ikut bimbingan khusus…

  83. Wibowo says:

    Luar biasa Pak JA. Saya pernah ikut training dri kubik juga terkait dengan SuksesMulia, sangat inspiratif sekali. Dan proposal hidup yang diberikan sangat memberikan input akan arah dan tujuan hidup kita. Agar hidup tidak hanya menjadi sukses namun juga mulia.

  84. diana khumairoh says:

    siip”
    bisa saya contoh (y)

  85. nana nuzumi says:

    Anda sangat luar biasa..
    saya suka ini

    1. diana khumairoh says:

      haha ndutt
      kita sama sama kan ,,,, 😀

      1. nana nuzumi says:

        siip wesss

  86. Lutazzi says:

    Assalamualaikum pak jamil .. Langkah langkah ini sangat menarik skali .. saya akan mencoba membuatnya dan kawan kawan pula insya Allah saya ajak .. saya insya Allah akan memberi kabar tentang hasil proposal hidup saya nanti .. Wassalamualaikum .

  87. Terimakasih bapak, saya tadi mau nulis proposal hidup saya, tapi gak tau mulai dari mana, hanya mengawang, setelah membaca ini, saya sekarang mau menulisnya :-))

  88. eno3593 says:

    Impian merupakan suatu pencapaian hidup..

  89. ahmadbestari.success says:

    Proposal Hidup saya Menjadi pengusaha besar ayam ras petelur, menjadi dosen terbang & dosen luar biasa mendirikan kampus/lembaga pendidikan bagi kalangan tidak mampu, mendirikan masjid, membahagiakan orang tua, sukses dunia akhirat.. meninggal Khusnulkhatimah Amin….

  90. triono says:

    cita cita saya
    1. soleh dengan tidak meninggalkan shalat 5 waktu, baca quran setiap hari
    2. bahagia: naik haji bersama kedua orang tua dan mertua, punya mobil sendiri, punya usaha rumah makan, di punya rumah tahfidz khusus mahasiswa GRATISS
    3. Kuat: fisik sehat dan tangguh
    4. mati menjadi syuhada
    saat ini umurku 35 tahun,,, mohon doanya ustadz

  91. Sukarmo says:

    Proposal hidup sy mampu mendidik anak hingga memiliki kemampuan sampai tingkat internasional,memjadi penceramah di tingkat internasional, memiliki lembaga pendidikan yg mampu memcetak generasi prestatif tingkat internasional, membangun keluarga harmonis, mencerahkan pemuda Indonesia utuk bangkit danberprestasi.

  92. Sukarmo says:

    Mas saat ini anak sy. Ada 3 yg pertama sudah smp, yg kedua kelas 3 sd dan yg terakhir mau masuk sd. Mohon masukannya cara mendidiknya agar harapan sy danistri terkabul

  93. Proposal hidup saya pak : “Memilik Pasif Income 1/M perbulan tahun 2010”.
    perkenalkan nama saya Ade Kurniawan. umur saya 23 tahun (kelahiran 1991) saat ini saya baru menyelesaikan kuliah pak. jurusan T. Informatika di kampus Negri Di Kota Pekanbaru-Riau. Saya ingin total menjadi pengusaha pak. tapi saat ini beru memulai. kedepannya saya akan membuat perusahaan masih ada sisa waktu 7 tahun untuk mencapai mimpi saya pak. saat ini saya sudah mulai membuka usaha pak, namanya pisang ungu “target saya jadi icon kota pekanbaru” search di google no 1 pak. kedepannya bisnis yang akan saya dalami adalah bisnis online dan saham pak, lalu usaha offline. usaha dan kerja sama usaha. mohon do’anya semoga saya menggapai mimpi saya ya pak.saya..amin.

  94. Yanarto Teguh Prasetyo, S.Kom says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Untuk selalu istiqomah di jalan Allah SWT perlu adanya inspirasi iman. Setelah tahu sedikit tentang Anda (Sdr. Jamil Azzaini), maka boleh kiranya saya bertemu dan berguru kepada Anda.

    Nama : Yanarto Teguh Prasetyo, S.Kom
    Alamat : Wonorejo 3/110-D Surabaya 60263
    Nomor HP. : 085 334 780 580
    Usia 37 Tahun

    Dengan tujuan dunia layak menjadi penduduk surga dengan cara mati mulia atau syahid di jalan Allah SWT. atau dengan menjadi Trainer Inspirator dari seorang Master Inspiration seperti Anda. Jika Anda berkenan mengangkat seorang murid boleh kiranya fit dan propertest awal dimulai dari saya.

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  95. setia says:

    pak jamil yag saya hormati dan saya banggakan sejak lama saya ngefans dengan anda. karena kata-kata anda sangatmemotivasi hidup saya. sekarang boleh kah saya curhat curhat melalui email atau nomor hp ini email saya pak halimstwn6@gmail.com, numer hp saya 085741767187

  96. Roli Supiawan says:

    Luar biasa sekali pak. Saya juga memiliki banyak impian di dunia ini diantaranya menjadi pengusaha dibidang pertanian dan juga sebagai motivator bagi banyak orang. AMiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.