Penyakit 3M

Share this
  • 192
  •  
  •  
  •  
  •  
    192
    Shares

Selama bertahun-tahun saya mengamati kehidupan banyak orang. Ada orang yang dilahirkan dari keluarga miskin namun kemudian menjadi sukses bahkan menjadi tokoh masyarakat. Ada yang tadinya pejabat namun akhirnya hidup melarat. Adapula sarjana yang lulus kuliah dengan IPK tinggi namun akhirnya kehidupan sosial ekonominya di bawah rata-rata.

Mengapa ada orang-orang yang kehidupannya justeru semakin menurun? Menurut pengamatan saya, setidaknya mereka memiliki  3 penyakit yang sama. Pertama, penyakit menyalahkan orang lain. Mereka menyalahkan orang tuanya yang salah mendidik, terlalu keras dan kurang kasih sayang. Saat bekerja mereka menyalahkan atasan, tim kerja atau mitra kerjanya.

Saat sudah berumah tangga, mereka menyalahkan pasangan hidupnya. Mereka mengganggap pasangannya kurang perhatian dan tidak mendukungnya. Bahkan merekapun menyalahkan anaknya yang sering menganggu dan mencuri waktunya. Yang lebih tragis, diantara mereka ada yang menyalahkan Tuhannya. Mereka menganggap Tuhan tidak adil kepadanya.

Kedua, penyakit membanding-bandingkan. Mereka sering membandingkan kehidupannya dengan orang lain dan selalu dalam posisi kalah dalam semua perbandingan. Mengapa kalah? Karena mereka membandingkan sesuatu yang tidak mereka miliki atau mereka tidak mampu sementara sesuatu itu adalah keistimewaan orang lain.

Ketiga, penyakit mencela. Apapun yang ada dihadapan orang-orang itu, mereka selalu mencari sisi negatifnya. Saat makan ia mencela makanan. Saat pimpinan memberikan target yang harus dicapai, ia mencela targetnya.  Bila targetnya tinggi mereka berkata, “Gak mungkinlah tercapai, ketinggian targetnya.” Saat targetnya terlalu rendah mereka juga berkata, “Wah, bos merendahkan kita, masak targetnya rendah banget.”

Maka, enyahkanlah “penyakit” 3M tadi: Menyalahkan, Membandingkan dan Mencela. Perbanyaklah melakukan introspeksi ketimbang menyalahkan orang lain. Jangan selalu bandingkan diri Anda dengan orang lain. Lebih baik, bandingkanlah diri Anda saat ini dengan masa depan bila impian Anda tercapai. Bila Anda ingin memberikan kritikan kepada orang lain lakukanlah dengan tulus dan positif bukan dengan celaan dan hinaan. Tidak ada orang yang suka dicela dan dihina. Sesungguhnya, celaan dan hinaan yang Anda lontarkan itu justeru akan menjadikan Anda orang yang semakin tercela.

Baca Juga  Kapan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 192
  •  
  •  
  •  
  •  
    192
    Shares

21 comments On Penyakit 3M

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer