Mulanya Dililit Utang, Akhirnya Jadi Triliuner

Masih terbayang di benak saya  peristiwa tahun 2006 saat  ia mengikuti Public Training Kubik Leadership. Di hari ketiga, pada akhir sesi, ia dengan lantang mendeklarasikan, “Dalam waktu lima tahun saya akan punya bisnis dengan aset satu triliun!” Sebuah impian yang oleh sebagian orang dianggap mustahil, apalagi ketika itu ia sedang terlilit hutang Rp 62 miliar.

Heppy Trenggono, orang yang sedang saya ceritakan ini, mengawali bisnis besarnya di alat berat. Awalnya begitu bersinar.  Sayang, ekspansinya kebablasan sehingga ia terlilit hutang, 400-an karyawannya bubar dengan membawa aset perusahaan. Hartanya terkuras habis dan ia menanggung hutang Rp62 milyar lebih.

Kegagalan itu memberinya pelajaran yang berarti. Ia tinggalkan bisnis alat berat dan beralih ke agribisnis.

Dengan bendera Balimuda, lelaki kelahiran 20 April 1967 ini, kini mengelola 80 ribu hektar lahan dengan total investasi Rp 4 triliun, tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Hutangnyapun sudah tidak menjadi beban hidupnya. Lebih dari 3000 orang menjadi karyawannya.

Bisnis sahabat sekaligus guru saya ini semakin moncer. Di bawah bendera United Balimuda Corp  miliknya ia mengelola 12 perusahaan.

Dibalik sukses bisnisnya, kehidupan sosialnya pun luar biasa. Setiap pagi ia memberi sarapan kepada orang yang kurang mampu di sekitar rumahnya di Jl. Mampang, Jakarta Selatan. “Kita jangan sejahtera sendirian, kita harus mensejahterakan orang lain,” ucapnya suatu ketika.

Bukan hanya itu, pria asal Batang Jawa Tengah ini juga menunjukkan kepeduliannya terhadap kemajuan dan kemandirian bangsa dengan membentuk komunitas Indonesia Islamic Business Forum (IIBF). Melalui forum yang beranggotakan pengusaha dan calon pengusaha ini ia berbagi pengalaman sekaligus memberikan pendampingan bisnis. Setiap hari kantornya didatangi para pengusaha yang ingin konsultasi bisnis.

Aksi nyata lainnya ia tunjukkan dengan menggagas Gerakan Beli Indonesia, 27 Februari 2011. Melalui gerakan ini ia mendorong anak bangsa agar membeli produk bangsa sendiri. “Karakter bangsa harus dibangun dengan mental ini,” tegasnya.

Saya bahagia bisa mengenal sosok Heppy Trenggono. Kekuatan mimpinya untuk memiliki usaha dengan aset Rp 1 triliun tanpa hutang tercapai, bahkan ia kini jauh melebihi impiannya.  Setelah sukses ia tak lupa untuk mengangkat harkat dan martabat orang lain dan bangsanya. Menurut saya, itulah kehidupan terbaiknya, kehidupan SuksesMulia…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

34 thoughts on “Mulanya Dililit Utang, Akhirnya Jadi Triliuner”

  1. Ade Isyanah says:

    Soooo…inspiring…

    1. rofiq widadi says:

      gimana caranya bergabung dalam IIBF

  2. Anggit Setyaningsih says:

    Kereen,kerenn!!
    Sangat menginspirasi!! 😉

  3. Imam SM says:

    Inspiring banget mas Jamil…

    Sosok seperti pak Heppy Trenggono ini mungkin banyak, namun kelihatan langka karena mereka tak suka gembar-gembor. Mudah-mudahan ke depan, melalui mas Jamil, kita akan diajak berkenalan dengan sosok SuksesMulia lainnya –dalam takaran kesuksesan dan kemuliaan yang tentunya berlainan pula.

    Saya yakin mas Jamil sering berjumpa dengan sosok SuksesMulia seperti ini.

    Salam SuksesMulia!

  4. zanuar says:

    Mantab……semangat tuk mengejar mimpi

  5. Membanggakan!!
    Mari bangkit.. Pasti bisaaa!!

  6. Wieds says:

    Cerita pagi yang sangat bagus. Inspiratif dan sangat memotifasi.
    Semoga kita bisa mengikuti jejak beliau.
    Salam sukses mulia.

  7. fian says:

    jadi pengen pak.

  8. ristifruit says:

    mantab, bisa kenal dengan Pa Heppy Trenggono saya rasa bukan mimpi

  9. Sutama Wisnu says:

    hehe..

    semalam via twitter pak jamil sy sudah mengira kalo yang akan diceritakan adalah Pak Herry Trenggono..

    Memang luar biasa sekali Pak, sangat INSPIRATIF sekaligus PROVOKATIFFFFFF.. hari sabtu-minggu ini Pak Heppy, BJ HAbibie, Ust Mansur, Joko Wi (Walikota Solo), Wali Kota Pekalongan, dll akan mempelopori Kebangkitan Ekonomi Indonesia yang akan dibangkitkan melalui gerakan #BELIINDONESIA

    Salam
    Wisnu

  10. Khalik HR says:

    Semoga saja kita bisa seperti pak Heppy Trenggono,Fantastis paka Jamil motivasinya pagi ini

  11. raras says:

    sukses mulia sukses sejati..hmm..jadi ikutan semangat meraih mimpi 🙂

  12. Jamil says:

    Ayo silakan ikut acaranya pak Heppy di Solo, salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

    1. Sutama Wisnu says:

      acara juga akan dihadiri :

      1. Prof. Dr. BJ. Habibie
      2. Walikota Solo ( Ir. H. Joko Widodo )
      3. Presiden IIBF ( Ir. H. Heppy Trenggono, M.Kom )
      4. Dirut PLN ( Dahlan Iskan )
      5. Dewan Pakar Ekonomi Syari’ah ( Dr. HM. Syafii Antonio, M.Ec )
      6. Walikota Pekalongan ( dr. H. Basyir Ahmad )
      7. Dewan Pembina TDA ( H. Nuzli Arismal/ H. Alay )
      8. Dewan pembina IIBF ( H. Hasan Toha Putra, MBA )
      9. Pengasuh Ponpes Modern Gontor ( KH. Sukri Zarkasyi, MA )
      10. Wisata Hati ( H. Yusuf Mansyur )

  13. Anggit says:

    Acaranya dimana om? Kapan?

  14. Awal tahun 2011 saya mengikuti seminar beliau atas rujukan guru kami pak “Jamil Azzaini”

    Subhanallah,
    saya mendapatkan motivasi dan pencerahan yang salah satu nya ”
    “HUTANG dan SIAPA NILAI YANG HARUS KITA BELA”..
    ini yg mngubah mindset dan cultur prusahaan saya.

    Dalam waktu singkat saya mengubah kultur perusahaan walau mnurut saya PAHIT SEKALI rasakannya..

    Tapi saya yakin akan berbuah manis..
    dan akan SUKSES MULIA sesuai tuntunan Guru kami semua..

    Terima kasih pak Guru Jamil dan Pak Heppy..
    Bapak telah sudi menjadi Mentor dan Guru saya…

    Semoga bapak senantiasa Istiqomah dan terus berbagi buat kami..

    Salam Sukses Mulia
    Eddy Aji Poerwanto

  15. Ano says:

    Luar biasa dahsyat.
    Salam Sukses Mulia untuk semuanya

  16. deppe says:

    beliau ada twitternya gak yah?
    pengen follow utk berguru… 🙂

  17. rizki kurnia says:

    keren sekali, salam sukses mulia buat pak heppy trenggono ya, pak jamil 🙂

  18. KAA says:

    Subhanallah yang saya kagum karerna bisnis tanpa hutang. Walau omzet banyak tetapi kalo dengan riba tentu tidak ada nilainya di sisi Allah SWT. Salut pak Heppy, kami semua siap jadi murid Bapak. Terima kasih pula ustadz JA atas inspirasinya (www.sukses-berkah.com)

  19. Yeti says:

    salam buat mas happy…pelatihan beliau bareng saya waktu itu

  20. imelda says:

    Semoga gerakan #BELIINDONESIA akan ada juga di Serang, Banten. ingin sekali bergabung…

  21. mantap dan suatu inspiratif…

  22. Arie Strada says:

    Luar biasa! ternyata org sekampung saya sukses luar biasa! jd ingin berguru…

  23. Agus edi says:

    Sangat menginspirasi, dalam setahun ini saya terjebak dalam “jurang” sukses=perbanyak hutang, sukses=perbanyak aset, ternyata setelah semua tanpa kendali menghancurkan impian saya, saya harus memulai dan menata diri dan perusahaan, saya dan teman2 pasti bisa untuk Bangkit dan Meraih SuksesMulia, Tolong saran dan masukan, 081338092999

  24. euis handayani says:

    so inspirations

  25. Benar-benar sangat menginspirasi. Beliau adalah kakak angkatan saya di SMAN 1 Pekalongan. Tiap tahunnya, beliau selalu mengadakan training “Create Your Own Future” (CYOF)bagi adik2 kelasnya di SMAN 1 Pekalongan secara gratis.

  26. Ishadi says:

    salut dan sangat menginspirasi, selamat sukses mulia buat Pak Heppy T. Saat awal bisnis di alat berat saya salah satu yang sempat bekerja sama dengan Bapak dan sangat sedih saat kondisi bisnis Bapak waktu itu tidak berjalan mulus tetapi sekarang saya sangat surprise terhadap bapak yang sudah kembali bangkit sukses mulia.

  27. mbak ika says:

    kapan ada seminar di sekitar wonosobo.trims

  28. Fatimah Liswar says:

    Beli Indonesia!!! 😀

  29. Rental Mobil Makassar says:

    beli indonesia, sy mau beli makassar saja pak. bisa…………….inspiring

  30. Anonymous says:

    Ini kisah terpahit yang pernah aku alami..,(terlilit hutang).saya adalah seorang penjual beras eceran di slh stu pasar.. sebagian dagangan aku dpt ngutang dari bandar mantan bosku dlu kerja,setiap minggunya aku mentransfr uang ke bandar dan sekalian jg aku ngmbil brg lg dan akn aku trnsfr uangnya seminggu kmudian smbil ngmbil brg lg dan bgtu strusnya.namanya jualan tdk slamanya rame pernh suatu ktika aku tlt trnsfr krna memang uangnya kurang dikarenakan pnjualan sepi dan bandarpun memakluminya krna dia jg tentunya bs mengerti dgn kndisi jualan yg tdk tentu. Namun memang mgkin nasibku yg lg kurang beruntung dlm beberapa minggu ini pnjualanku selalu sepi dan aku selalu kurang uang kalo mau trnsfr untk byr beras.karena aku merasa gak enak hati selalu byr telat kepada bndr yg udah kasih aku ngutang akhrnya aku ambil pinjaman bank keliling untk melengkapi kekurangan,yah gak bnyk si cuma 2jt krna memang segitulah kekuranganku tiap minggunya. Pinjaman 2jt d angsur tiap hari sbesar 125rb slama 24 hri sy tau itu bunganya besar tp yah cm 2jt aku pikir dan memang kondisinya sgt mendsk.angsuran yg cm 125 rb itu kalo kndisi sepi pasti kemakan sm modal jualan untk mmbyrnya,bknya trbntu malah smkin trbbni dan trnsfr k bndr pun menjadi smkin telat dan kurang dana akhrnya aku pinjam lg k bank keliling yg laen untk trus menutupi kekurangan bgtu strusnya yg tdnya 1mnjadi 2,3,4 sampai akhrnya 10 dan skrg sdh 30 bank keliling.usahaku bknya trbntu justru mnjdi smakin trpuruk akhrnya hasil penjualan total omset dari modal smpi keuntungan hbs buat byr rentenir keliling itu dan sampai akhrnya brg dagangan habis dan aku justru sm skali tdk bs byr ke bandar sm sekali. Dan usahakupun bangkrut.. aku yg tadinya punya toko beras skrg menjadi pengangguran yg setiap hrnya ditagih oleh bank keliling sbnyk 30 orang blm penagihan dr bndar yg selalu menanyakan uang beras. Aku sungguh bingung sekali menghadapi kondisi ini setiap hari . Dan gak tau harus berbuat ap tp aku tdk prnh kbur dr mslhku ini,pinjam sana sini sudah tdk ad gunanya lg krna memang kndisi tdk memungkinkan.pinjam k saudara,teman,mertua smua udh aku coba tp hslnya nihil dan malahan d cramahin ini itu tp smua tetap aku terima dgn ikhlas.mau jual aset tp tdk punya hanya ada mtor dan itu juga kreditan mana bs d jual yg ad jg harus d ci2l tiap bulan dan skrg udah nunggak 2 bulan mgkin sbntr lg di jabel sm leasing.
    Dan ini adlh hr yg paling membingungkn dlm hdpku.anaku satu2nya yg br 2th terkena TBC paru dan harus rwt jalan slma 6 bulan berturut2 dan tdk boleh terlwt satu hrpun krna kalo trlwt maka harus mengulang dari awal lg dan hr ini adlh hari penebusan obt yg hrgnya 375 rb. Terfikir dlm otaku drmn aku dpt uang sebesar itu sdgkn aku tk pnya uang sbnyk itu namun ALLAH slalu memberikan jalan td pagi slepas sholat dhuha aku berdo’a kepadaNya dan memohon smbil menangis uang 375rb.sempat trfkir mau jual hp tp kalo d jual paling laku 100rb krna mgkin memang sgtuan hrga hp china bekas trus kalo d jual malah aku g bs hub sm sdra2ku krna cm inilah jlnku minta prtolongan dan buat sms sana sini untk nelfon ato sms penyedia lowongan kerja karna memang dlm kndisi appun aku hrs bgkit dan nyari kerja lg.tp pertolongan Allah benar2 datang tdk brselang lama setelah sholat dhuha dteng temen lamaku k rumah dan dia membyrkn utangnya yg udah lama sbesar 200rb.Alhamdulillah aku brsyukur dlm hati pdhl utang itu aku mlh sdh tdk ingat krna udh lama bgt waktu aku blm nikah dan msh kerja bareng sm dia.tdk berselang lma diapun pergi krna harus krja lg dan aku ucpkn trima kasih bnyk sm dia,, karena total 375 dan aku hnya pgang 200 akhrnya aku ngbrol sm istri dan sepakat untk menjual magic com dan kipas angin kepada tukang rongsok keliling krna kbetulan pas lewat.tukang rongsok cm brani byr 100rb untk 2brg berharga kita itu yg kita dpt dr pemberian seorang teman waktu br nikah.krna memang dirasa tdk ada jalan lain akhrnya aku lepas 100rb yah lumayan buat tmbh2 aku pikir.skrg sdh ngumpul 300rb pikirku tdk bgtu susah nyari 75rb dan aku berangkt k bu haji warung yg kbtulan adlh pemilik kontrakan yg kami tinggali.namun memang kalo org lg bener2 susah apa yg aku dpt dr bu haji bkn uang pinjaman tp makian ,katanya km ini gimana,, tiap hr km ngutang blnjaan kontrakn bln ini blm d bayar terus skrg anak km sakit km jg msh mau ngutang .mau km ini ap udh kalo gni crnya km pergi aj dr sni emangnya aku ini ibumu semuanya minta. Lgsg aj aku pamit dgn tersenyum dan lgsg menuju kmr mandi dan langsg aku menangis dan benar2 menangis,sbnrnya malu mengakuinya tp perjalanan hdp bnr2 membuatku menangis dan setelah itu aku cuci muka dan menemui istri dan blg k istri kalo bu haji lg pergi keluar g tau ad urusan ap mgkin sbntr lg pulang,aku blg bgtu krna tdk ingin mmbuatnya smakin terbebani dgn kndisi saat ini. Lalu aku pergi dan du2k d luar memikirkan uang 75rb dan lalu aku tulis komentar ini sbgai curahan ht karna tdk tau lg mau mengadu pda siapa.smoga Allah mengampuni dosa2ku.
    Dan terfikirkan bgni dalam otakku,.
    Aku punya atm saranaku untk trnsfr k bndr wktu aku msh jualan beras tp d ATM cm ad uang 107.500 bs d ambl tp cm 50.000 krna sisanya saldo mengendap.pantaskah kalo aku memohon uang 25rb kepada pmbca blog.. tolonglah,,,, 25ribuuu aja.., aku bnr2 bingung harus menjual apalagi mau jual jaket ato pakean ato celana ke pasar loak udh aku lakukan dr kmren2 buat nyambung hidup dan beli bensin buat nglamar kerja sna sni… tolonglah 25 rb aj saya minta buat nambhin beli obat.saya udah gak bs pake kta2 ngutang lg karna hdp sya jd bgni krna trlalu bnyk utang..tp kalo nanti hidup saya berubah akan saya ganti uang 25rb itu,, tolonglah saya benar2 sudah buntu.
    0389-01-011-373-501 BRI .an.BADRUL HUDA
    Tolonglah ya Allah aku bnr2 bingung.

  31. Empu Branding says:

    Alhamdulillah.

    Keduanya adalah guru Saya

    Kek Jamil Azzaini dengan spirit Sukses Mulia nya

    Dan Pak Heppy Trenggono dengan gerakan Beli Indonesia nya

    Semoga berdua berlimpah berkah

    Amiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.