Mencari Jarum

Menurut Anda, mana yang lebih sulit mencari jarum di tumpukan jerami atau mencari jarum di tumpukkan jarum? Tentu yang lebih sulit adalah mencari jarum di tumpukkan jarum.  Mengapa? Karena ketika sebuah benda berada diantara sesamanya ia menjadi sulit dibedakan. Sedangkan jika ia berada diantara benda-benda yang berbeda ia cenderung akan tampak lebih menonjol.

Lain ceritanya bila jarum itu Anda beri ciri tersendiri. Misalnya, Anda berikan warna pada jarum itu sementara yang lain tidak. Atau, Anda letakkan jarum terbesar diantara jarum-jarum yang kecil. Dengan cara seperti itu, Anda akan lebih cepat dan lebih mudah menemukan jarum di tumpukkan jarum.

Hal demikian berlaku pula dalam bisnis dan kehidupan. Bila Anda berada di kumpulan bisnis yang sejenis, serupa, seirama, sewarna maka Anda akan sulit dikenali. Begitupun bila Anda memiliki kemampuan sama, selevel, sederajat pada bidang yang sama maka Anda juga akan sulit dibedakan dari yang lain.

Agar Anda mudah dicari dan dikenali orang maka carilah pembeda dalam hidup Anda. Milikilah kemampuan yang jarang dimiliki orang lain. Atau, jadilah yang terbaik di bidang yang Anda tekuni. Dalam istilah marketing berusahalah jadi Top Of Mind (TOM), sesuatu atau seseorang yang selalu mudah diingat oleh konsumen atau orang lain.

Sekarang coba duduklah sejenak, kemudian Anda merenung, cari apa kelebihan Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain. Kemudian tanyakan pada diri Anda sendiri: Apakah sebagian besar waktu sudah dan akan digunakan untuk mengasah dan menguatkan kelebihan saya? Apakah selama ini saya sudah berusaha menjadi yang terbaik di bidang yang saya tekuni?

Jika usaha atau ikhtiar Anda selama ini biasa-biasa saja seperti kebanyakan orang rata-rata, apakah setelah ini Anda bersedia untuk selalu melakukan yang terbaik?

Jawaban Anda akan sangat menentukan apakah Anda termasuk “jarum” yang mudah ditemukan. Semua terserah Anda…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

10 thoughts on “Mencari Jarum”

  1. aannoe says:

    makasih atas pencerahannya mbah 🙂

  2. IMAM says:

    Tapi nyari jarum di tumpukkan jerami juga susah banget lho.. Apalagi nyarinya malam hari heheheh…

  3. Adrian Luis says:

    Wow! Bener sekali, Pak Jamil. Memang penting melakukan yang namanya differensiasi… Mantap!

  4. Lutful Ghazalie says:

    Inspiratif banget.. Izin share mbah… 🙂

  5. chairul anwar says:

    Yg lebih susah lg nyari jerami di tumpukan jarum…. Hehehe

  6. boeloek says:

    right…memilki ciri khas, sangatlah penting. Jadilah jarum yg berCIRI KHAS, baik dalam komunitas yg sama (jarum didalam jarum)…apalagi dlam komunitas yg berbeda (jarum didalam jerami)…*be different*

  7. airyz says:

    super sekali mbah 😀

  8. adynm says:

    msh blm dapat nih… caranya dong om…

  9. hendy_JOSS says:

    sedang berproses,kek … do’ain yaa 🙂

  10. Andrianto says:

    Ilmu Sapi ungu, hanya pembeda yg membuat kita mudah dikenal. Inspiratif sekali kek jamil,

    Salam, sukses Mulia

    @SmalisCake

Leave a Reply

Your email address will not be published.