Khas atau Unik Itu Penting

Saat duduk menunggu untuk sholat Idul Adha kemarin, pikiran saya melayang ke Tanah Suci. Kerinduanku tiba-tiba membuncah, air mata tiba-tiba meleleh membasahi pipi. Aku ingin kembali merasakan suasana dan keunikan Tanah Suci, bertamu lagi ke tempat itu.

Saat itu pula saya teringat Masjidil Haram, tempat yang tak pernah sepi dari orang memuji nama Sang Illahi Rabbi. Apa kelebihan Masjidil Haram? Mengapa sholat di Masjidil Haram pahalanya seratus ribu kali lipat dibandingkan dengan sholat di masjid negeriku? Sambil terus mengumandangkan takbir saya berusaha mencari jawaban.

Jawabnya ternyata hanya satu kata “khas atau unik”. Setidaknya ada 4 hal yang membuatnya khas atau unik.  Pertama, saat di masjid lain shalat itu shaf-nya harus lurus, di Masjidil Haram shafnya justeru melingkar.  Tak ada satupun masjid yang shafnya melingkar kecuali di Masjid yang berada di kota Mekah ini.

Kedua, ada Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh muslim di seluruh dunia. Ketiga, Ada sumur zam-zam yang airnya menyehatkan dan tak pernah kering. Keempat, ada tempat-tempat yang mustajab (dikabulkan) bila kita berdoa. Sesuatu yang unik atau khas memang nilainya tinggi, termasuk Masjdil Haram. Wajar siapapun yang beribadah di tempat itu Allah mengganjarnya dengan pahala 100 ribu kali lipat.

Begitupun hal itu berlaku bagi kehidupan kita, bila Anda harganya ingin tinggi milikilah keunikan atau kekhasan yang jarang dimiliki orang lain. Jadilah pemimpin pasar (kiblat) bagi  produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tawarkanlah manfaat yang berlimpah (sumur zam-zam) kepada target pasar Anda. Penuhilah harapan orang lain kepada Anda.

Bila Anda tak memiliki hal tersebut, Anda hanya menjadi orang rata-rata. Segeralah temukan keunikan atau kekhasan yang ingin Anda tawarkan dan itu jarang dimiliki oleh orang lain. Carilah bidang keahlian yang memang Anda jadi ahlinya disitu. Setelah itu kuasailah dan kembangkanlah sehingga Anda memang benar-benar unik atau ahli di bidang tersebut.

Hidup itu pilihan. Saya berharap Anda memilih memiliki suatu keunikan atau kekhasan yang bisa membuat Anda dikenang oleh anak cucu Anda. Semoga…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

15 thoughts on “Khas atau Unik Itu Penting”

  1. Anggit Setyaningsih says:

    Kmrn sy jg nangis. Selain krn kepengen bgt ke Baitullah, kmrn jg hr ulangtahun sy.
    jadi, seakan2 itu adlh LifeSigns.

  2. Jaki Umam says:

    Intinya fokus pd bidang yang diminati ya pak? Supaya bisa ahli dan menciptakan produk yang unik.

  3. Agus salim says:

    Kung, ada nggak orang yg g punya keunikan?

  4. yasya asgar says:

    de jamil sudah memenuhi Khas atau Unik > a.anda dilahirkan dr klg yg sederhana dg orang tua yg punya visi & misi HEBAT.b. kesuksesan anda dimulai dr pengabdian.c. anda berani keluar dr DD Saat DD sudah BESAR.d. anda ayah yg hebat khususnya utk nak IZUL. Semoga ALLAH SWT selalu menguatkan anda sklg utk mencapai sukses mulia selanjutnya. Aamiin.

  5. murtafiah says:

    subhanalllah pa jamil, terima kasih byk pa…artikelnya menambahkn kenyakinn sy utk terus berjuang menghajikan orng tua & kake neneQ…. terima kasih byk pa.

  6. boeloek says:

    Ketika manusia telah menemukan dirinya (self) mulailah ia betebaran dimuka bumi (rahmatan lil ‘alamin). Kr lewat dua hal itulah sbenarnya ia telah menemukan TUHAN….*tapi byak yg tak menyadarinya*

  7. syaefudin says:

    Subhanallah..Alhamdulillah Allahu Akbar..Terima kasih Pak Jamil..Artikelnya bagus sekali..tulisan dalem banget artinya, penuh makna dan motivasi..Mohon doain saya pak , supaya Tahun 2012 bisa mengajak ibu saya berangkat Umroh

  8. Aris Wijaya Murti says:

    Setuju Bung Jamil. Di dunia yang penuh kompetisi ini, kita harus jadi ahli minimal satu bidang, sehingga kita akan dipercaya orang, karena “serahkan segala sesuatu pada ahlinya”. Terus menginspirasi Indonesia, Bung, agar semua orang jadi sukses dan mulia.

  9. aannoe says:

    kekhasanku,apa ya?untuk menemukannya memang susah,tapi kalau sudah ketemu niscaya akan menjadi kekuatan tak terkalahkan.

  10. personal branding ya om

  11. luar biasa kakek….

    jadi pengin ke masjidil haram juga…
    doakan segera menyusul kesana ya kek..
    sekaligus menghajikan mertua

  12. subhanallah..alhamdulillah. Inspirasinya luar biasa. oya mau nyampaikan salam dari orang tua dan keluarga saya kepada bpk.Beliau-beliau tiap paginya rutin membaca web ini. terimakasih

  13. mas kukuh says:

    inspiring selalu pak Jamil!

  14. dwinur77 says:

    ya Alloh……… subhanallah….
    rinduku semakin memuncak. terimakasih inspirasinya

  15. dwinur77 says:

    Bismillah….bikin sesuatu yg berarti dan bermanfaat. mohon doanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.