Mengapa Sering Stres?

Share this
  • 150
  • 3
  •  
  •  
  •  
    153
    Shares

Dalam hidup, ada dua pilihan berkaitan dengan fokus yang kita pilih. Pertama, kita fokus kepada hal-hal yang ada dalam kendali kita, dimana kita punya kendali penuh atasnya, yaitu pikiran kita, perasaan kita, ucapan kita dan tindakan kita. Kedua, kita fokus kepada hal-hal yang di luar kendali kita dimana kita tidak memiliki kendali penuh atasnya. Misalnya, kita tidak bisa menentukan siapa orang tua kita, masa lalu, cuaca, situasi politik dan sikap orang lain kepada kita.

Stres itu bermula dari fokus kita untuk mengendalikan hal-hal diluar kendali. Semakin banyak kita memikirkan hal-hal yang dil uar kita maka hampir bisa dipastikan hidup kita dipenuhi dengan stress dan ketidakbahagiaan. Pernahkah Anda fokus pada hal-hal yang di luar kendali Anda? Apa yang Anda rasakan pada saat itu?

Hidup itu pilihan, kita boleh Fokus kepada hal-hal yang di bawah kendali kita atau fokus kepada hal-hal yang di luar kendali kita. Contoh, saat terjebak kemacetan. kita bebas memilih, apakah fokus kepada hal-hal yang di luar kendali seperti menyalahkan gubernur, menyalahkan polisi atau menyalahkan “pak Ogah.” Apabila kiat memilih hal ini, bersiaplah untuk stres.

Bila kita memilih fokus kepada hal-hal yang di bawah kendali kita maka stress akan semakin menjauh. Misalnya, saat terjebak macet, hal positif yang kita masukan ke dalam pikiran kita adalah “saya sedang kursus kesabaran.” Action yang bisa kita lakukan adalah nonton Youtube, membalas whatsapp, menulis artikel, menelpon orang tua, istri atau anak serta kegiatan positif lainnya.

Menurut Anda, dalam menghadapi kemacetan, pilihan mana yang lebih baik?

Begitupula saat berinteraksi dengan orang lain. Pikiran, sikap dan perilaku orang lain di luar kendali kita.  Saat kita “memaksa” orang untuk begini dan begitu kepada kita, bersiaplah untuk kecewa. Lebih baik kita fokus kepada pikiran, perasaan, respon, ucapan dan perilaku kita, maka kita akan terhindar dari stres. Berbagai kebahagiaan akan datang kepada kita, silih berganti tiada henti.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu mengapa seseorang sering stress? Karena mereka fokus kepada hal-hal yang diluar kendalinya. Memikirkan hal-hal yang mereka tidak punya kendali yang tidak mengubah apapun, kecuali mengubah pikiran dan hati kita yang semakin stress. Mau?   

Bila jawabnya, tidak mau. Mulai saat ini, fokuslah kepada hal-hal yang dibawah kendali kita. Untuk mengasah fokus kepada hal-hal yang di bawah kendali kita. Anda boleh ikut acara dengan :

Klik http://kampoonghening.id/be-a-counselor/ untuk detil info atau

Klik http://bit.ly/DaftarSekolahKonselorJakarta untuk bergabung via WA

Persembahan: @KampoongHening by Akademi Trainer

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Founder Kampoong Hening


Share this
  • 150
  • 3
  •  
  •  
  •  
    153
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.