Meng-install Aplikasi Sukses Dalam Diri Kita

Share this
  • 68
  • 1
  •  
  •  
  •  
    69
    Shares

Ketika membeli salah satu paket pembelajaran online, saya diingatkan oleh salah satu metode meraih kesuksesan yang pernah diajarkan oleh guru kehidupan saya sebelumnya. Metode itu bernama CRAFT. Apa itu? Simak penjelasan selanjutnya.

Ibarat komputer atau smartphone, tubuh kita ibarat hardware. Keduanya tidak akan berfungsi dengan optimal bila tidak di-install dengan aplikasi yang kita butuhkan. Misalnya, kita bisa saling berkirim informasi, telpon gratis, video call cuma-cuma karena kita meng-install aplikasi whatsApp di dalam smartphone kita.

Proses kesuksesan hidup kita bisa dipercepat apabila kita meng-install aplikasi CRAFT ke dalam diri kita, khususnya dalam pikiran kita. CRAFT adalah kependekan dari Cancel, Replace, Affirm, Focus dan Train.

Cancel adalah proses menghapus atau membuang lintasan pikiran negatif dan atau self talk negatif. Self talk negatif biasanya ditandai dengan ucapan atau kata-kata yang membuat kita ragu, lemah, tidak berdaya. Saya ingin memberikan beberapa contoh self talk negatif.

Contoh self talk negatif  yang pertama “saya memang orangnya begini, dari sononya begini, sulit berubah”. Orang yang mengucapkan ini, sudah “menghukum” bahwa dirinya memang sulit berubah. Contoh kedua, Saya tidak mungkin bisa umroh bersama keluarga. Bahkan ada juga self talk negatif yang terlihat baik padahal kurang tepat, saya jadikan contoh ketiga “buat apa kaya raya tetapi hidupnya tidak bahagia.” Orang yang memiliki self talk negatif ini seolah meyakini bahwa kekayaan dan kebahagiaan tidak bisa menyatu dalam diri kita.

Semua self talk negatif yang melemahkan hidup kita, membatasi prestasi kita dan membuat kita tidak bertumbuh wajib di “cancel” dari diri kita. Siap?

Replace, adalah proses mengganti apa yang sudah di-cancel dengan sesuatu yang lebih positif dan memberdayakan. Misalnya, pada contoh pertama bisa di ganti dengan self talk: “Saya orang yang selalu belajar dan bertumbuh setiap waktu.”

Contoh kedua bisa di-replace (diganti) dengan “Saya bisa umroh bersama keluarga di bulan Ramadhan.” Sementara contoh yang ketiga bisa di-replace (diganti) dengan self talk : ”Saya bisa kaya raya, bahagia dan membantu banyak orang.”

Cobalah Anda ucapkan self talk yang sudah diganti tersebut secara berulang-ulang. Adakah rasa yang berbeda di dalam diri Anda?   

Affirm, selain Anda tuliskan kata-kata positif, lengkapi tulisan itu dengan gambar, foto atau apapun yang membuat Anda semakin terdorong untuk mewujudkan yang sudah Anda tulis. Contoh, saat Anda menuliskan ingin umroh bersama keluarga maka tempelkan foto keluarga Anda dengan gambar ka’bah di sebelah tulisan tersebut.

Focus, Anda perlu rutin dan fokus menyediakan waktu khusus untuk mengimajinasikan hal positif yang sudah Anda tuliskan. Dalam kesempatan tersebut, bayangkan suasana apabila Anda sudah mencapai apa yang Anda tulis tersebut. Rasakan suasananya ketika itu, dengarkan suara-suara orang yang hadir, lihat hal-hal yang terjadi pada saat itu. Lakukan hal ini setidaknya satu pekan sekali maka semangat dan gairah Anda akan terus terjaga.

Train, Anda melatih diri agar layak dan pantas meraih apa yang Anda tuliskan. Sikap dan perilaku Anda disesuaikan dengan sesuatu yang hendak Anda wujudkan. Istilah sederhananya, Anda memantaskan diri.

Segeralah Anda install aplikasi CRAFT dalam diri Anda, setelah itu optimalkan aplikasi tersebut. Insya Allah, atas izin-Nya Anda mampu meraih semua kesuksesan yang sudah Anda rancang dalam aplikasi tersebut. Selamat mencoba.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Founder Kampoong Hening


Share this
  • 68
  • 1
  •  
  •  
  •  
    69
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.