Bisakah Kita Mengubah Dunia?

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Usai lebaran, saya sempatkan sejenak merenung tentang apa yang sedang saya perjuangkan. Tiba-tiba, saya teringat pada tulisan yang dipahat pada sebuah makam di Inggris, dengan catatan tahun 1100 Masehi. Isinya sangat menarik untuk direnungkan dan menjadi sumber inspirasi. Terjemahan bebas tulisan tersebut kurang lebih seperti ini:

Ketika aku muda dengan imajinasiku yang tak berbatas, aku bermimpi ingin mengubah Dunia. Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifan-ku, ku dapati bahwa dunia tak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak ku persempit, lalu kuputuskan untuk hanya mengubah Negeriku. Namun tampaknya hasrat itu pun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku – orang-orang yang paling dekat denganku. Tapi celakanya mereka pun tidak mau diubah.

Kini sementara aku berbaring saat ajal menjelang, tiba-tiba ku sadari: “Andaikan yang pertama ku ubah adalah diriku, maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka, bisa jadi akupun mampu memperbaiki Negeriku; kemudian siapa tahu, aku pun bisa mengubah dunia.

Hari raya Idul Fitri telah berlalu, dengan semangat kembali fitri (suci), tulisan di makam tersebut di atas menyadarkan saya, jika saya berkeinginan  mewujudkan peradaban SuksesMulia di Indonesia, saya perlu memulai dari diri saya sendiri. Fokus membenahi diri sendiri, menginspirasi dan membina orang tiada henti serta merayu Sang Kekasih agar saya layak dijadikan kekasih-Nya.

Setelah itu saya berharap bahwa pilihan saya itu bisa menginspirasi dan menggerakkan keluarga saya, saudara saya, sahabat saya dan orang-orang yang berinteraksi dengan saya. Sementara tugas menggerakkan hati banyak orang adalah tugas Sang Pemilik Hati, saya tidak ikut campur dalam hal ini. Saya fokus kepada tugas saya. Dengan paradigma ini, saya yakin peradaban SuksesMulia bisa terwujud dengan ridho-Nya.

Baca Juga  Driver Taxi Itu Trainerku

Itulah hasil renungan saya usai Idul Fitri 1442 H. Apa hasil renungan Anda?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

1 comments On Bisakah Kita Mengubah Dunia?

  • Masya Alloh, inspiratif sekali beh, semuanya dimulai dari diri sendiri, selalu mengasah diri dan memantaskan diri 🙏🙏

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer