Beradaptasi Atau Mati

Share this
  • 160
  • 4
  •  
  •  
  •  
    164
    Shares

Saat kuliah di IPB, saya punya bisnis rental komputer. Bisnis yang ketika itu sangat “wah” bagi ukuran mahasiswa miskin seperti saya. Karena tidak memiliki modal, saya menawarkan kerjasama dengan salah seorang direksi di salah satu BUMN untuk menjadi investor. Alhamdulillah, tawaran saya diterima dan jadilah saya pengelola usaha rental komputer dan olah data yang saya beri nama Intelektual Komputer. Dari bisnis ini, kemudian muncul beberapa bisnis lain yang saya kelola sambil kuliah.

Awal tahun 2000, bisnis rental komputer punah. Saya harus belajar bisnis baru yang sangat berbeda dengan bisnis sebelumnya. Pandemic Covid-19 mengingatkan saya akan punahnya bisnis saya ketika itu. Sesuatu yang sebelumnya “wah” atau hebat tiba-tiba dilindas zaman, musnah atau setidaknya manfaatnya sangat jauh berkurang. Kemampuan story teller saya di atas panggung, tidak bisa dimanfaatkan sejak Maret 2020 hingga saya menulis tulisan ini.  Saya harus melakukan unlearn, melepas keahlian yang sebelumnya sudah dikuasai bahkan sudah menjadi icon bagi saya.

Covid-19 telah “memaksa” kita untuk beradaptasi bila ingin tetap eksis dalam kompetisi profesi yang kita jalani. Tim RnD dari Kubik Leadership sudah melakukan kajian bahwa untuk bisa beradaptasi setidaknya kita perlu melakukan tiga langkah: UnlearnRelearn dan Experiment.

Unlearn adalah kesediaan kita untuk melepas atau bahkan membuang keahlian lama yang sudah tidak terlalu diperlukan oleh “pasar” kita. Meski kita dulu sangat jago di bidang tertentu, namun bila keahlian kita tersebut sudah tidak terlalu diperlukan, kita perlu rela dan legowo untuk melupakan dan melepaskannya. Dunia sudah  berubah bro, bangun…bangun….bangun.

Relearn, mempelajari hal baru yang sangat dibutuhkan “pasar.” Saat ini kita perlu rela untuk berlelah-lelah mempelajari sesuatu yang baru. Kegigihan, kerja keras dan kesungguhan menjadi sesuatu yang wajib melekat di dalam diri kita bila kita tidak ingin menjadi korban dari era new normal saat ini.

Baca Juga  Monday Knowledge: Anda Penumbuh atau Pembunuh Signature?

Experiment, keberanian kita mencoba hal-hal yang baru wajib ditingkatkan. Perasaan takut perlu direndahkan diganti dengan keberanian untuk mencoba, keberanian untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dilarang “baper” dan mudah putus asa bila ingin mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Nah, Anda tidak ingin musnah sebagaimana bisnis rental komputer saya khan? Maka, jawablah tiga pertanyaan saya berikut:

Pertama, keahlian apa yang perlu Anda unlearn?

Kedua, keahlian apa yang akan segera Anda re-learn?

Ketiga, Satu experiment apa yang ingin segera Anda lakukan setelah membaca tulisan ini?

Selamat beradaptasi…

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Founder Kampoong Hening


Share this
  • 160
  • 4
  •  
  •  
  •  
    164
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer