Apa Fokus Kita Pada Tahun 2021?

Share this
  • 32
  • 1
  •  
  •  
  •  
    33
    Shares

Ada yang bertanya kepada saya, “pak Jamil, apa sebaiknya resolusi hidup saya di tahun 2021?” Saya jawab “hidup Anda adalah tanggungjawab Anda, bukan tanggungjawab saya, saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda, tetapi saya bisa menambah sudut pandang untuk membantu hidup Anda.”

Sudut pandang apa yang saya tawarkan? Sudut pandang berdasarkan perenungan pribadi dan berbagai literatur yang saya baca, khususnya buku The Posttraumatic Growth karya Richard G Tedeschi dan Lawrence G Calhoun. Saya merasa, akibat Covid-19 banyak orang yang trauma atau setidaknya merasa tidak nyaman sehingga pendekatan kedua penulis ini menginspirasi saya untuk membuat 5 fokus yang perlu kita lakukan di tahun 2021. Apa itu?

Pertama, membiasakan diri untuk selalu ikhlas menerima (acceptance). Suatu ketidaknyamanan yang datang kepada kita ada dua kemungkinan yaitu teguran atau ujian dari Allah swt. Perlu ditanamkan kedalam pikiran dan hati kita bahwa teguran ataupun ujian semua itu terjadi karena Cinta Allah swt kepada kita. Maka terimalah kejadian itu dengan ikhlas. Sebab menerima apapun yang terjadi adalah sumber kebahagiaan dan ketenangan. Selalu ada kebaikan dibalik kejadian yang tidak nyaman dalam hidup kita.

Kedua,  tanamkan optimisme yang merujuk kepada purpose hidup kita. Purpose itu adalah jawaban atas tiga pertanyaan (1) Untuk apa Allah swt mengutus saya ke dunia? (2) Apa yang berubah menjadi lebih baik atas kehadiran saya di muka bumi? (3) Apa yang tidak ada apabila saya tidak terlahir ke dunia? Silakan jawab tiga pertanyaan tersebut sebelum melanjutkan membaca.

Ketiga, menambah kolaborasi. Salah satu cara meningkatkan kualitas hidup adalah berinteraksi dengan orang lain. Bukan interaksi biasa, tetapi interaksi yang saling menguatkan. Melakukan kolaborasi adalah pilihan yang perlu menjadi salah satu prioritas di tahun 2021 sebab kolaborasi akan mempercepat kesuksesan Anda. Pertanyaan saya, dengan siapa Anda akan berkolaborasi? Dalam hal apa Anda berkolaborasi? Mengapa Anda memilih berkolaborasi dengan orang tersebut? Jawab ya, agar tulisan ini memberi manfaat berlipat bagi hidup Anda.

Baca Juga  Mengapa Saya Memilih Mas Sandi?

Keempat, melipatgandakan rasa syukur. Jadikan bersyukur merupakan aktivitas harian sebelum tidur. Atas berbagai kebaikan yang kita peroleh hari ini, syukuri. Misalnya, kita bisa bernafas adalah nikmat yang luar biasa. Berhenti bernafas, berarti kita berhenti hidup. Sayangnya, banyak orang tidak mensyukuri nikmat ini. Apabila di hari tertertentu ketidaknyamanan hadir dalam hidup Anda maka temukan hikmah dibalik kejadin tersebut. Syukuri hikmah yang Anda dapatkan, tidurlah dengan nyenyak karena Anda sudah menemukan kebaikan.

Kelima, temukan peluang. Adanya covid-19 maupun kejadian lain membuka banyak peluang yang berseliweran hadir dalam kehidupan kita. Temukan dan eksekusi peluang tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat atau menghasilkan. Selalu ada peluang kebaikan dalam setiap kejadian. Bahkan peluang yang muncul menjadi sumber penghasilan baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Coba renungkan, peluang apa yang sudah Anda temukan sejak Covid-19 mulai menjadi wabah dunia?

Bacalah lima fokus di atas dengan seksama, jawablah beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Berbagai jawaban tersebut menjadi dasar  Anda bisa menyusun resolusi 2021. Dengan cara ini, resolusi Anda “berbunyi” dan berenergi karena sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan saat ini. Selamat mencoba

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini


Share this
  • 32
  • 1
  •  
  •  
  •  
    33
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer