Undanglah Keberuntungan

Untuk mengundang keberuntungan datang kepada Anda, Anda perlu kunci. Kuncinya terdiri dari tiga huruf, yaitu: KSA. Kependekan dari Knowledge, Skill, Attitude.

Knowledge (pengetahuan) dan Skill (keterampilan) adalah hal yang relatif mudah diukur. Sehingga, banyak yang fokus mengejar keduanya bahkan rela berinvestasi besar untuk mendapatkannya. Namun, ternyata penentu keberhasilan utama untuk meraih keberuntungan bukanlah Knowledge dan Skill, melainkan Attitude atau sikap.

Richard Wiseman telah melakukan riset untuk menyelidiki hal tersebut. Hasil risetnya menyimpulkan: “Keberuntungan bisa diciptakan secara ilmiah melalui sikap yang benar.”

Berdasarkan pengalaman, pengamalan dan pengamatan, saya berpendapat ada 4 sikap yang akan mengundang keberuntungan dalam hidup: (1) Selftalk positif dan doa, (2) proaktif, (3) terus belajar, dan (4) berprasangka baik.

Jadi, untuk memulai sikap yang benar setiap hari awalilah hari dengan selftalk positif dan berdoa. Misalnya, “Ya Allah semakin hari hidup saya semakin indah dan nikmat. Duhai yang Maha Mendengar saksikanlah saya adalah Hamba-Mu yang berjuang keras membahagiakan kedua orangtuaku. Saya adalah karyawan yang bisa diandalkan. Saya adalah pengusaha yang selalu bertumbuh dan tak pernah menyerah.” Silakan cari kata-kata yang cocok dan tepat buat Anda dan ucapkanlah itu setiap pagi..

Saat beraktivitas, milikilah sikap proaktif. Saat ada masalah atau hal negatif mendekati Anda, hadapilah dan tuntaskan. Bukan membiarkan atau bahkan menghindar. Sesuai katanya pro-aktif berarti Anda aktif bukan pasif. Bergerak bukan menunggu!

Sikap yang ketiga yang harus mendarah daging dalam diri Anda adalah terus belajar. Bacalah buku-buku berkelas. Temuilah orang-orang yang berilmu. Ikutilah seminar atau training bermutu. Bergaulah dengan orang-orang yang ingin terus bertumbuh. Jangan berpuas diri dengan ilmu yang Anda miliki saat ini.

Keberuntungan juga mendekat kepada orang-orang yang berprasangka baik. Saat bertemu dengan orang kaya Anda berprasangka baik, “Dia calon investor saya.” Saat bertemu dengan pemilik perusahaan, “Dia calon mitra kerja saya.” Begitupun saat jumpa dengan orang yang nasibnya kurang beruntung Anda berprasangka baik, “Melalui doa dialah permohonan saya dikabulkan.”

Bila 4 sikap ini terus menjadi kebiasaan Anda, bersiaplah Anda kebanjiran banyak tamu. Mereka sukarela menginap lama di tempat Anda karena Anda sudah mengundangnya untuk datang dan datang lagi. Tamu itu bernama keberuntungan…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

21 thoughts on “Undanglah Keberuntungan”

  1. mustika yanti says:

    Alhamdulillah, memulai krja dg ‘sarapan’ penuh gizi.
    4 hal yg akan trus dijln kan setiap hari.
    Semangat!!!

  2. Agus edi says:

    Hehehe… Saya juga mau berprasangka baik bahwa suatu saat jika diperkenankan bisa dipertemukan dengan Pak Jamil lagi tapi dengan catatan saya yang mengundang secara pribadi untuk memberikan pencerahan terhadap karyawan saya…InsyaALLAH

  3. Anggit Setyaningsih says:

    Siaaapp!!!
    Langsung laksanakan! Smg keberuntungan sllu menghampiri kita semua 🙂
    keberuntungan = kesempatan + kesiapan

  4. awal hasan says:

    Selalu awali hari dengan membaca website ini adalah salah satu implementasi sikap No 3.

  5. mutia ratna says:

    Terimakasih ya pak betul2 tertancap jleb jleb baca postingan ini,sarapan untuk qolbu saya.terimakasih

  6. wildan says:

    jika ingin mendapatkan hal yang baik, maka berpikir dan berprasangka positif-lah, karena apa yang ada kualitas pikiran manusia, menentukan apa yang terjadi dikemudian hari, sehingga tidak salah dalam agama harus selalu khusnudzon/berbaik sangka..

    begitu ya mbah..? 🙂

  7. Ano says:

    Pagi yang indah, dan keberuntungan hari ini untuku.
    *Fight
    salam Sukses Mulia

  8. Dannie says:

    Saya merinding baca kalimat itu..

    Begitupun saat jumpa dengan orang yang nasibnya kurang beruntung Anda berprasangka baik, “Melalui doa dialah permohonan saya dikabulkan.”

    sungguh Doa adalah kekuatan dari segalanyaa..

  9. Su'udah Yusuf says:

    Makasih Ustad Guru atas pencerahannya…salam sukses mulia…

  10. Farah Farce says:

    Ayah, terimakaish atas ilmu bermanfaat ini. Bersyukur aku sudah membaca tulisan ini, banyak ilmu bermanfaat dan “alarm” untukku.

  11. heru says:

    Saat pertama bertemu d kempinski dengan bapak jamil saya merasa beruntung

  12. Alhamdulilah Ya Allah,,,
    melalui Tulisan Kakek ini,,, saya semakin sadar dan terbuka,,,,

    makasih ya Kek,,,

  13. Galih Setya (@GalihSetya_P) says:

    terima kasih kek, atas inspirasinya
    smoga Anda juga bnyak diliputi oleh keberuntungan

  14. @adynm says:

    subhanallah sungguh inspiratif… Ya Rabb, jadkan kami org2 yg selalu memprbaiki diri dan menjadi org2 yg beruntung. amin

  15. @omar_tony says:

    Selain saya baca artikel Bpk untuk diri sendiri, saya akan sampaikan ke orang lain, pesan yang penting ini.. karena saya juga ingin bermanfaat bagi orang lain. Minta ijin ya pak, untuk cerita yang saya sadur dari website ini, akan saya kutip nama bapak.
    Terima kasih

    Semoga Allah Swt. selalu melimpakan rahmat dan hidayatnya kepada kita semua. Amin

  16. hasan basri says:

    keren

  17. didi says:

    Aminnnnnnn ya rabb… 🙂

  18. siti mukaromah says:

    Alhamdulillah..smoga bs terealisasi dari sekarang…sungguh bermanfaat..

  19. kasih.hati2011 says:

    saya setuju komentar Bapak, terutama berprasangka baik kepada Tuhan tapi yg paling penting kepada diri sendiri, sebagaimana Allah berfirman “Aku berada dlm prasangka Hambaku kepadaku”

  20. Nesya says:

    mantap surantap sharenya mbah.. akan saya aplikasikan, toh sudah dibuktikan dgn kesuksesan mbah.. 🙂

  21. aslam says:

    bapak menyuruh kita mengikuti training…bagaimana pendpat bapak tentag MLM..saya merasa gak cocok pak ki pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published.