Peliharalah yang Sudah Anda Dapat

Ingatkah ketika Anda memiliki sebuah keinginan yang besar untuk mewujudkan sesuatu? Ingatkah, saat Anda sekolah dan ingin diterima di perguruan tinggi idaman? Atau, saat Anda menganggur dan segera ingin mendapatkan sebuah pekerjaan yang pas? Saat itu Anda ingin membuktikan bahwa Anda adalah sosok yang masih punya arti dengan pekerjaan Anda.

Atau, saat Anda masih sendiri, Anda begitu mendambakan seseorang untuk menjadi pasangan Anda. Anda ingin menemukan sosok yang tepat untuk bisa berbagi kasih, mimpi, dan segala cerita kehidupan yang akan Anda ukir bersamanya.

Saat keinginan-keinginan itu terwujud pasti Anda merasa bahagia, terharu, bercampur menjadi satu. Speechless! Serangkai rasa yang membuat Anda tak henti berucap terima kasih kepada Yang Kuasa, melakukan sujud syukur, sungkem kepada orangtua, traktir sana-sini, bahkan sampai membuat kenduri mengundang tetangga, saudara dan kerabat serta mitra kerja.

Betapa sungguh minggu-minggu pertama terasa begitu indah dan nikmat. Bulan pertama, keindahan dan kenikmatan pun masih terasa terkecap. Lalu bulan kedua, ketiga, hingga masuk ke tahun pertama, rasa itu mulai memudar, bahkan sudah mulai menghambar.

Tahun demi tahun berjalan, kita pun mulai lebih pandai menemukan celah yang membuat kita menghela nafas, bahkan mengeluh dan melupakan segala hal baik yang pernah ada, dan sesungguhnya masih tetap ada. Kita juga lebih mudah memantik api masalah yang kemudian kita sirami dan pupuk, sehingga ia berkembang menjadi masalah yang semakin besar dan berat.

Terkadang kita baru tersadar bahwa kita kurang mensyukuri apa yang sudah kita dapat itu ketika ia itu nyaris hilang dan akhirnya benar-benar pergi. Kita menyadari bahwa selama ini kita telah memiliki sesuatu yang semestinya bukan semata digenggam dan dijalani, tetapi juga disyukuri dan benar-benar disyukuri dalam hati, dalam ucap, dan dalam aksi.

Peliharalah apa yang sudah kita dapat. Pupuklah dengan berbagai aktivitas yang membuat keberadaan kita semakin bermakna. Lakukanlah banyak hal sehingga yang telah kita miliki betah dan melekat dengan kehidupan kita. Dengan cara ini, diujung kehidupan nanti, Anda akan bias tersenyum bahagia karena begitu banyak hal yang telah Anda lakukan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

15 thoughts on “Peliharalah yang Sudah Anda Dapat”

  1. Anggit Setyaningsih says:

    Subhanallah.. Sangat2 inspiratif!!
    Smg kita mjd pribadi yg smkn pandai bersyukur.amiin

  2. andii says:

    Terima kasih atas inspirasi mas Jamil. Ketika pekerjaan yang sebelumnya membanggakan saya dan saat ini mengecewakan, maka perbaiki terlebih dahulu hingga saya kembali bangga…Setelah itu pilihan Hijrah menjadi salah satu alternatif yang harus dipertimbangkan. Salam SuksesMulia
     

  3. Budi Santoso,S.Sos says:

    Itulah manfaatnya kita punya Ustadz JA, kita tersadarkan bahwa sesuatu yg diperoleh pertama kali jgn smp hilang dan jgn terlupakan. Sbb itu sbg modal awal dan sbg inspirasi utk mengarungi kehidupan yg panjang, istilah Jawa sbg ‘Pawitan”.

  4. sofie says:

    setuju pak.. peliharalah anak dg sebaik2nya, peliharalah hati pasangan anda..

  5. memelihara apa yang telah kita dapat jua adalah wujud bersyukur…

  6. Eliya Tuzaka dari KJKS BTM Batang, Jawa Tengah says:

    Syukur…., satu kata yang sering kita lupa. Padahal dengannya kita akan mampu mencapai apapun yang kita harapkan. Syukur adalah energi untuk kita melakukan yang terbaik bagi diri dan lingkungan kita, Demikian Allah SWT telah berfirman dalam Alqur’an bahwa :” Barangsiapa bersyukur maka akan Aku tambah nikmatnya tetapi barangsiapa mengikari nikmatKu (tidak bersyukur) maka azabku sangat pedih” , maka ayo bersyukur….. dengan melakukan yang terbaik

  7. hasan basri says:

    subhanallah.. kadang kita memang lupa terhadap hal-hal yang sudah dicapai.
    terima kasih inspirasinya.

  8. Khalik HR says:

    Ya sesuatu yg disyukuri akan lebih berkah terima kasih pak Jamil inspirasinya pagi ini.Amin

  9. Ano says:

    Pagi yang cerah, dapat pencerahan.
    Salam Sukses Mulia untk semua
    Ano#BandEntrepreneur
    http://www.anoisme.blogspot.com

  10. Citra says:

    Terima kasih pak atas inspirasinya, salam suksesmulia ! 🙂

  11. Budi Santoso, BTM Kalibening- Banjarnegara says:

    Maturnuwun Ustadz JA atas wejangannya, salam SuksesMulia!!!

  12. Farah says:

    Selalu bersyukur atas apa yang kita dapat sekecil apapun itu, thanks fur remaind Mr. JA 🙂

  13. dwi setyawan says:

    Inspiratif bngets,,thanks ya Pak Jamil,,,

  14. Pinkan says:

    Alhamdulillah…subhanallah..terima kasih sudah mengingatkan kembali..Insya Allah akan dijaga baik2 🙂

  15. mumun says:

    Setuju.jangan prnah mengeluh atas musibah yang menimpamu.syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.