Nama Bagi Orang Jawa

Orang Sunda biasanya memberi nama anaknya dengan kata yang berulang. Contohnya, saya punya teman namannya Gin Gin Ginanjar, Wawan Gunawan, Tono Maskitono. Jadi, kalau orang Sunda melahirkan tanggal 10-10-2010, boleh jadi, dia akan memberi nama anaknya Ten Ten Surenten.

Beda halnya dengan kebiasaan orang Jawa, mereka biasanya memberi nama sesuai dengan situasi atau kondisi (keadaan) pada saat anak dilahirkan. Bila seorang anak lahir ketika bulan Purnama, biasanya nama anaknya Purnomo. Kalau lahirnya pas hari lebaran maka anaknya diberi nama Riyadi.

Begitu pula jika saat hamil sang ibu sering sakit dan saat lahirnya susah namun kemudian lahir selamat biasanya orang Jawa menamai anaknya Slamet atau Untung. Atau, bila sang bayi lahir di musim penghujan dimana tanaman sedang pada tumbuh biasanya anaknya bernama Tukul (tumbuh).

Namun, sebagai orang Jawa, seharusnya tidak sembarangan ganti nama walau berhadapan dengan situasi dan kondisi yang berubah-ubah sebagaimana  cerita berikut ini.

Alkisah, ada orang Jawa yang terkenal sangat akomodatif dan mampu cepat beradaptasi dengan situasi dan kondisi apapun. Termasuk, bila sedang diskusi dan terjadi perbedaan yang tajam, dengan kepiawaiannya ia bisa menengahi perbedaan pendapat itu dengan sangat baik.

Suatu ketika ia mengikuti pelatihan yang pesertanya dari berbagai propinsi. Seluruh peserta diminta untuk berkenalan. Saat orang Aceh maju dia memperkenalkan diri, “Nama saya Abu Bakar.” Orang Jawa membatin dalam hati, “Namanya kok panas amat, abu di bakar. Hmm…”

Giliran berikutnya orang Batak maju, “Perkenalkan nama saya Batubara.” Mendengar perkenalan itu orang Jawa berpikir, “Namanya panas banget juga nih.” Kemudian giliran orang Indonesia Timur maju, dengan lantang ia memperkenalkan diri, “Bapak dan ibu perkenalkan nama saya Bakarbesi.” Lagi-lagi orang Jawa membatin, “Ini juga namanya panas banget, besi kok dibakar.”

Akhirnya giliranlah orang Jawa yang terkenal akomodatif ini maju memperkenalkan dirinya, “Perkenalkan nama saya Pemadam Kebakaran…”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

30 thoughts on “Nama Bagi Orang Jawa”

  1. Ahmad makki says:

    ha ha ha ha, pagi2 sudah dihibur oleh tulisan kakek guru, makasih…. benar2 akomodatif orang jawanya

  2. Budi Santoso, BTM Kalibening- Banjarnegara says:

    Ini perkiraan saya, Ustadz JA saat lahir bayinya kelihatan jelek dan hitam. Karena orang tua khawatir, maka dinamai Jamil yg berarti tampan, cantik, indah. Yo po Ustadz JA?

  3. arieth says:

    sunguh cerita yang lucu tapi bermakna…terimakasih pak jamil…salam sukses πŸ™‚

  4. Sinungndaru Bagasworo says:

    good joke

  5. Ibnu says:

    Pak Budi Santoso, maksud ucapan anda apa?

  6. Agni says:

    aih, betul sekali Pak Ustadz.. krna dilahirkn di ruangan Agnes, nama sy jadi Agni.. πŸ˜€

  7. indra says:

    kira2 sifat orang Jawa yang terkenal sangat akomodatif dan adaptif terkait ga dgn lambannya mengambil keputusan Ustadz ?

  8. ase (Setiawan,se.) says:

    Assalamu’alaikum pak Jamil, perkiraan akhir bulan dpn nanti istriku melahirkan putra kami.. :)sudah kupersiapkan dengan nama belakang zain/azzaini; arti: bocah bagus, hiasan yang baik, keindahan. Mohon do’a restunipun mugi-mugi sehat walafiat Amiin Wassalamu’alaikum πŸ™‚

  9. Sutama Wisnu says:

    barusan isen cari sepadanany kata ‘Jamil’ ternyata banyak juga ya Pak, hehe

    Jamil (Persian=Tampan) = Alagan (Hindu=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Alain (French=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Allan (Irish=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Allen (Irish=Cukup Tampan) Γ’β‚¬β€œ Jamar (American=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Keefe (Irish=Tampan Γ’β‚¬β€œ Kekasih) Γ’β‚¬β€œ Keefer (Irish=Tampan Γ’β‚¬β€œ Kekasih) Γ’β‚¬β€œ Kenna (Irish=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Kenny (Irish=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Kiefer (Irish=Tampan Γ’β‚¬β€œ Kekasih) Γ’β‚¬β€œ Qiao (Chinese=Cantik Γ’β‚¬β€œ Tampan) Γ’β‚¬β€œ Waseem (Persian=Tampan) Γ’β‚¬β€œ Yaphet (Biblical=Tampan).

  10. lia says:

    Ada hubungannya dengan Zelts??
    Hehehhehe

  11. Elya says:

    tersenyum membacanya.
    Afifah keren ya Om…
    kapan trainer bootcamp untuk pemula ada lagi om?

  12. Ano says:

    hahahaha..
    Ngakak bacanya..

  13. wah menarik nih ,ana br tau nih pak,makna nama bg orang jawa,mantap

  14. Jaket Motor says:

    heheh seger artikelnya bikin semangat

  15. Anggit Setyaningsih says:

    Hahaha..
    Hehe..bener jg om. Namaku anggit krna dlu pd blg ‘anggit’ku lanang jebulane wadon, artinya kukira cowok,ternyata cewek πŸ™‚
    *dl diharapkan lahir laki2

  16. Anggit Setyaningsih says:

    Hahaha..
    Hehe..bener jg om. Namaku anggit krna dlu pd blg ‘anggit’ku lanang jebulane wadon, artinya kukira cowok,ternyata cewek πŸ™‚
    *dl diharapkan lahir laki2*

  17. Tongkonanku says:

    Kalau saya dikasih nama “Feri” karena saya dilahirkan di atas kapal Feri. πŸ˜€

  18. sulaimann says:

    Ending-nya nendang. Khas pak Jamil. Sukses mulia, Pak.

    #terima kasih hadiah kursi bacanya. πŸ˜‰

  19. agus edi says:

    Waduh, kira-kira kalau si Batak ama Si Aceh jadi kebakaran jenggot ndak ya…

  20. @cikvee says:

    top markotop artikelnya..

  21. endang supriatna says:

    begitu juga dengan namku, ENDANG, kalau siang dipanggil DANG, dan kalau beranjak malam.. biasa disapa endaaang…… xixixi…..
    gud joke… master?

  22. erickazof says:

    hihi, nama itu doa..nice share kek πŸ˜‰

  23. hahhahaha..
    awalnya serius endingnya
    malah bikin ngakak akhirnya..
    sesuatu bgt..hahahha

    Keep Writing Pak Jamil πŸ™‚

  24. ruli says:

    membuat saya tersenyum pak πŸ˜€
    salam sukses mulia

  25. SuksesMulia Pak Jamil..

    Keep Wring deh pokoknya Pak Jamil.
    ditunggu tulisan2 berikutnya.

    Salam SuksesMulia!

  26. saiful says:

    benre2 menghibur. sayagnya namanya kok pemadam kebakaran zaw??enakan disamaain yg panas2 aja.. exp : ronggo Geni ( geni artinya api kalo jawa)… gmn?? lbh akomodif ne.. πŸ˜€

  27. Ar.patiwi says:

    Yayaya… muantb….babe Jamil. Teman aku ada namanya Prakoso Mangku Rondo Limo, karena konon ia memiliki Bapak yang punya lima isteri. wwww…. Hanyoooo… ada yang mau matahi rekor lagi Hehehe….

  28. anis azizah says:

    pak jamil banget gitu lohhhh…di tunggu di Hk pak…kapan ke sini lagi

  29. cari nama jawa yang bagus apa yaw, biar gak di katakan ndeso

Leave a Reply

Your email address will not be published.