Jadilah Sahabat yang Bermartabat

1. Lindungilah kehormatan sahabatmu dengan TIDAK menceritakan kelemahan dan keburukannya kepada orang lain (Jamil Azzaini)

Penjelasan: Sahabat terbaik adalah sahabat yang selalu mendukung prestasi Anda dan selalu mengingatkan saat Anda lupa. Bila sahabat Anda berprestasi, Anda akan menyebarluaskan prestasi itu agar nama sahabat Anda terangkat.

Namun sebaliknya, ketika sahabat Anda jatuh atau memiliki kelemahan, Anda diam seribu bahasa. Anda tak ikut aktif “berkampanye” tentang keburukannya. Anda menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna. Semua orang pasti  pernah berbuat alpa termasuk Anda dan sahabat Anda.  Tugas Andalah menjaganya sebagaimana Anda juga selalu menjaga harga diri Anda.

2. Bisikan yang mendemotivasi dan bisikan yang memotivasi amatlah tipis, berlatihlah membedakannya. (Jamil Azzaini)

Penjelasan: Setiap kita pasti pernah mendapat bisikan, terkadang sayapun mendapat bisikan, “Mas, fokus saja di dunia training tidak perlu bisnis, mas Jamil ahlinya disitu.” Menurut Anda, ini bisikan yang memotivasi atau mendemotivasi?  Hayo, segera jawab… He he he… Menurut saya ini bisikan yang mendemotivasi sehingga saya takut berbisnis.  Padahal, saya tidak mau penghasilan keluarga saya hanya dari satu pintu.  Saat ini, selain trainer saya juga punya beberapa perusahaan dan alhamdulillah tumbuh dengan baik.

Sayapun pernah mendapat bisikan, “Mas, Anda trainer kok mengkader trainer, nanti jeruk makan jeruk lho!” Bisikan ini hampir mempengaruhi saya.  Akhirnya saya katakan dalam hati, “Allah memberikan rizki saya melalui orang lain, jadi semakin banyak saya  punya kader akan semakin banyak rizki yang menghampiri saya.”  Alhamdulillah, setelah saya mengkader banyak trainer  melalui Indonesia Inspiring Movement (i2move) justeru rizki saya malah bertambah pesat luar biasa.  Anda ingin menjadi kader trainer saya, hubungi Dedi di 0812-163-20-707

Andalah yang menentukan hidup Anda bukan para pembisik. Supaya Anda tidak terpengaruh dengan bisikan orang lain, tetapkan tujuan hidup Anda dan beraktivitaslah sesuai tujuan hidup Anda.

3. Orang yang selalu merendahkan orang lain ketika bersama Anda, iapun akan merendahkan Anda ketika ia bersama orang lain.

Penjelasan: Gantian dong Anda yang menjelaskan. He he he… Hayo menurut Anda apa maknanya?

Mau ngobrol di twitter? Follow saya di @jamilazzaini

Salam SuksesMulia!

Bagikan:

11 thoughts on “Jadilah Sahabat yang Bermartabat”

  1. Khalik HR says:

    menurut saya maknanya adalah ciri-ciri orang yang tidak punya pendirian

  2. Iya…poin yang ke-2 itu susah aplikasinya…

    Terkadang orang2 di sekitar itu kesannya susah bener mau memahami obsesi dan impian2 saya.
    Ujung2nya yaa…demotivasi itu.

    Bagaimana dong pak? 🙁

  3. muhammad maliki says:

    tulisan yang sangat bagus pak..pengen jadi kader trainer bapak neh..sekarang menunggu berita dari mas dedy..:)

  4. ada batasan usia mas jadi trainer nya..??

  5. Wieds says:

    Salam sukses mulia mas Jamil.
    Perbedaan mendemotivasi dan memotivasi memang tipis.
    Alhmdllah,dpt pengetahuan baru lagi.
    Terimakasih.

  6. dian eka says:

    Penjelasannya saya coba jabarin sedikit ya Oom di web saya 🙂

    Perbedaannya hanya bisa diketahui dengan seberapa paham kita fokus utk kebaikan2 dan kelurusan niat akan apa yg sdg dikerjakan. Krn semua bisikan2 yg kita dengar itu hanyalah pembisik, kita tidak tahu persis niat2 setiap mrk membisik. Hny Allah dan si pembisik.

    Salam 🙂

  7. Giri Ratana says:

    Ini adalah ciri orang yang tidak punya kemampuan dan sedang menunjukan kelemahan serta kekurangan dirinya sendiri kepada orang lain.

  8. Robiah Dahlan says:

    Maknanya yg ke-3 adalah karakter seseorang tergambar dari kebiasaannya memperlakukan orang lain. Kl sohib kita biasa membicarakan keburukan org lain ketika bersama kita, tidak mustahil jika ia akan membicarakan kelemahan kita sebagai topik pembicaraan/obrolan ketika bersama orang. Betul ga apa? Btw saya sdg coba menjalankan anjuran Bpk di twitter #Ayo menulis.

  9. Nuryati says:

    Betul pak sangat bagus, dan kadang memang ada disekitar kita…..
    mudah2an kita termasuk sahabat yg bermartabat….

  10. AMY says:

    Poin 3.. Ibarat cermin Pak.. Pantulannya akan sama persis 🙂

    Jawaban yg mendekati betul akan dapet buku apa dpt training Pak.. 😀

  11. Jamil says:

    Terima kasih semuanya, semoga Anda menjadi sahabat yg bermartabat, Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

Leave a Reply

Your email address will not be published.