Ciptakanlah Kebahagiaan

Menurut Daniel Gilbert, Professor bidang Psikologi dari Harvard University dan pengarang buku “Stumbling on Happiness”, ada dua jenis kebahagiaan yaitu: kebahagiaan alami dan kebahagiaan sintesis. Kebahagiaan alami adalah apa yang secara spontan kita rasakan saat mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya, rasa bahagia ketika Anda mendapat bonus yang cukup besar. Sedangkan kebahagiaan sintetis ialah sesuatu yang sengaja kita pilih untuk kita pikirkan atau lakukan supaya bahagia. Bahagia sintesis adalah bahagia yang kita ciptakan. Misalnya, ketika terjebak macet Anda berpikir, “Nah ini kesempatan untuk menelpon dan twitteran..”

Kebahagiaan mana yang bertahan lama, apakah kebahagian yang alami atau sintesis? Ternyata, kebahagiaan sintetis bertahan lebih lama. Sedangkan kebahagian alami akan segera hilang seiring dengan berjalannya waktu. Contohnya, ketika mendapat kenaikan gaji Anda merasa senang dan bahagia, namun seiring berjalannya waktu kenaikan gaji itu akhirnya menjadi biasa..

Lalu, bagaimana caranya menciptakan kebahagiaan sintesis? Banyak jalan menuju Roma, begitu pula ada banyak cara untuk menciptakan kebahagiaan sintesis. Pertama, bekerjalah sesuai passion, gairah atau minat Anda. Bila Anda memilih pekerjaan sesuai passion Anda maka Anda semakin hari akan semakin mencintai pekerjaan itu. Anda akan hanyut dalam pekerjaan itu dan akan semakin bahagia melakukan pekerjaan itu. Karena Anda semakin enjoy maka Anda akan semakin ahli dalam pekerjaan itu. Asyiknya lagi, apabila Anda seorang profesional, semakin Anda mencintai dan menguasai pekerjaan itu, bayaran Andapun akan semakin meningkat. Bahagia, bukan?

Kedua, teruslah belajar untuk mengasah pikiran dan hati Anda. Bacalah buku-buku berkelas, ikuti berbagai training dan seminar
bermutu. Lalu, butir-butir kehidupan dari buku, seminar dan training tersebut Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu belajar lagi, terapkan lagi, belajar lagi, terapkan lagi, begitu terus menerus…

Terakhir, pasrahkan hidup kita kepada Sang Pencipta. Milikilah keyakinan bahwa Yang Maha Kuasa tidak akan pernah menelantarkan kita.  Dia pasti menjaga kita..  Dia pasti mencintai kita.. Dia pasti menjaga kita, selama kita patuh pada ketentuan-Nya.

Mulai hari ini mari kita ciptakan selalu kebahagian agar hidup kita selalu diselimuti kebahagiaan yang semakin berlimpah…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

11 thoughts on “Ciptakanlah Kebahagiaan”

  1. Saya bahagia… bisa membaca tulisan ini, terimakasih Pak Jamil…

  2. Supriyanto bin Hadisucipto says:

    Sangat setuju Pak Jamil. Terimakasih atas pecerahannya. Salam sukses mulia juga.

  3. Rakhmat Gibran says:

    mencerahkan Pak, terima kasih..

  4. jamil says:

    Terima kasih semuanya ya, terutama bagi Anda yang share tulisan ini, Anda berpeluang mendapat hadiah buku dari saya, Salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  5. Kayanya saya yang dapet nih pak… hehe 🙂 🙂 🙂

  6. Ari Kuncoro says:

    sangat menginspirasi

  7. pakaianku says:

    kurangi mengeluh juga bisa membiasakan diri untuk bahagia ya mas?

    saya berpeluang dapet buku ga yah, hihihi

  8. zamroni says:

    SEBUAH TULISAN YANG CUKUP MENGINSPIRASI,,,TETAPI BERAT MENERAPKANNYA..TAPI TIDAK BOLEH PUTUS ASA…KARENA HAL INI MEMANG SEJALAN DENGAN AJARAN AGAMA BAHWA SELALU BISA MERASA BAHAGIA MENCERMINKAN SESEORANG SELALU BERPIKIR POSITIF(HUSNUDZDZON). DAN INI SUNGGUH MERUPAKAN HAL YANG LUAR BIASA DAMPAKNYA BAGI KESEHATAN JASMANI MANUSIA….

  9. Nandar says:

    Alhamdulillah, moga bisa ketemu langsung pak zamil

  10. Mutia Rizki says:

    Menyenangkan. Membaca tulisan yang memotivasi apalagi di pagi hari, bikin keinginan untuk tidur lagi (secara ini hari libur) menjadi berkurang bahkan hilang 😀 Saatnya menciptakan kebahagiaan , makasih Kek :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.