Ada Zombie di Kantor

zombie.jpg

Zombie biasanya digambarkan sebagai sosok mayat hidup dengan ciri: kurang cerdas, berjalan gontai, punya selera makan menyantap anggota tubuh manusia, khususnya otak. Oleh karena itulah orang yang bekerja asal kerja, terjebak rutinitas, kurang kreativitas, namun sering mengeluh dan menularkan energi negatif sering disebut zombie.

Adakah zombie di kantor atau di dunia bisnis? Ternyata banyak. Selain ciri tersebut di atas, para zombie biasanya bekerja hanya karena kewajiban atau hanya karena berburu rupiah. Tidak mau berkembang dan tak banyak prestasi yang bisa dibanggakan.

Saran saya, jauhi menjadi zombie, sebab bila dipertahankan saat tua kelak Anda bisa menjadi kelompok P-16 (Pergi Pagi, Pulang Petang, Pantat Peot, Pinggang Pegel, Pala Pusing, Penghasilan Pas-pasan, Pas Pensiun Penyakitan). Ngeri, kan? Bagaimana agar tidak menjadi zombie? Cobalah praktikkan tips berikut ini.

Pertama, berikan makna dan value (nilai) dalam setiap pekerjaan Anda. Sadarilah bahwa sekecil apapun pekerjaan Anda pasti memberikan dampak bagi dunia. Office boy yang bekerja dengan baik akan membuat karyawan yang bekerja di kantor itu nyaman, pimpinan tenang. Hal ini bisa berujung pada keakraban antar karyawan dan pengambilan keputusan yang brilian.

Seorang trainer atau penulis harus menyadari bahwa inspirasi yang ia berikan bisa menjadi perantara bagi perbaikan hidup banyak orang. Inspirasinya bisa membuat seseorang menjadi memiliki arti, kepercayaan dirinya semakin tinggi, semakin perhatian dengan keluarga, bersaing sehat di tempat kerja dan membuat banyak orang hidupnya semakin hidup. Segeralah temukan makna dan value di setiap pekerjaan Anda. Jangan kerja asal kerja.

Kedua, ciptakan tantangan yang lebih besar. Jangan hanya menjadi manusia “pas bandrol” alias hanya puas mengerjakan apa yang menjadi job description-nya. Begitu Anda sudah mahir mengerjakan apa yang menjadi tanggungjawab Anda, mintalah pekerjaan baru yang lebih menantang. Jangan puas dan terjebak dengan rutinitas dalam jangka yang lama sebab itu bisa mematikan kreativitas dan membuat hidup Anda menjenuhkan.

Ketiga, berinvestailah untuk pikiran dan hati Anda. Tak perlu menunggu dibiayai kantor untuk belajar sebab belajar itu tanggungjawab Anda bukan tanggungjawab kantor. Belajar itu akan mengasah pikiran dan hati Anda. Belajar itu akan membuat pikiran dan hati Anda terus menyala sehingga mampu memberikan sinar petunjuk ke arah hidup yang semakin bermartabat dan bermakna.

Rugilah orang yang sibuk memperbaiki penampilan fisik namun lupa mengasah pikiran dan hati. Penampilan fisik bisa menipu, terlihat keren padahal kere. Terlihat bahagia tetapi hatinya hampa. Terlihat kaya padahal hutang dimana-mana. Priotitaskanlah memperbaiki kecerdasan pikiran dan kelembutan serta kejernihan hati Anda agar predikat zombie menjauh dari kehidupan Anda.

Apabila Anda tak melakukan ketiga hal tersebut di atas, saya khawatir Anda sudah menjadi zombie tanpa Anda sadari. Awas ada zombie… Lari… Ngeri…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

32 thoughts on “Ada Zombie di Kantor”

  1. wahyu repi says:

    sering tanpa sadar saya jadi zombie ternyata… hahahah

    1. Ayo taubat 🙂

  2. Mayang says:

    KerON. Makin kangen tuk berjumpa dan menimba ilmu pada Gurundaku.
    Biar ga jadi zombie musiman hehe…

    1. Ayo ditunggu di trainer bootcamp

  3. Mayang says:

    KerON. Makin kangen tuk berjumpa dan menimba ilmu lagi pada Gurundaku.
    Biar ga jadi zombie musiman hehe…

  4. Denni Candra says:

    Terimakasih kek atas nasehatnya pagi ini, kadang tanpa disadari sering kita terjebak dalam aktivitas zombie. Alhamdulillah ada webnya kek Jamil yang bisa jadi inspirasi dan menambah nutrisi … 🙂

    Salam SuksesMulia

    1. Ayo buat web sendiri

      1. Denni Candra says:

        sudah ada kek … 🙂

  5. apapun penampilannya, yang penting Sate Klatak santapannya….. kalau perlu wisudanya disana… salam suksesmulia, Kek… dari yg belum sukses dan belum mulia ini… bawakan oleh-oleh cerita yg banyak dari negeri paman sam…

    1. Mas, Kapan makan di klathak?

  6. Nur Farida says:

    Inspirasi pagi yang sangat renyah, kek!

    Semoga masih menjadi manusia seutuhnya. Aamiin
    He he he

    Barakallahu fiik… 🙂

    1. Gurih gak? Hehehehe

  7. Khusus point no. 3. berinvestasilah pikiran dan hati, aku memutuskan untuk ikutan program akademi trainer, baik WBT tancap gas ke TBnC.
    Dari situ jadi semakin sibuk, semakin nikmat. 🙂
    Makin banyak silaturahim, kalau jadi zombie ketemunya ya rumah – kantor, rumah-kantor , itu lagi-itu lagi. 🙂

    1. Hhehehehe, sibuk nikmat dan tetap sayang sama suami dan anak

  8. andriansyah says:

    Ini fakta yg sedang saya jauhi kek..

  9. ORA DADI OPO says:

    sukrON kek Jamil tulisan pagi ini membuat hati saya yg agak kalut menjadi lebih bersemangat!!!!

    suka bingit sama kalimat ini ;
    “Rugilah orang yang sibuk memperbaiki penampilan fisik namun lupa mengasah pikiran dan hati. Penampilan fisik bisa menipu, terlihat keren padahal kere. Terlihat bahagia tetapi hatinya hampa. Terlihat kaya padahal hutang dimana-mana. Priotitaskanlah memperbaiki kecerdasan pikiran dan kelembutan serta kejernihan hati Anda agar predikat zombie menjauh dari kehidupan Anda.”

    Salam SuksesMulia_!!!
    @npindh
    āļ‡^â€Ē^āļ‡

  10. anangmahmudi says:

    hiii………..atutttt
    ayi-ayi………..hehehehe

    1. Hehehe, awas kekejar

  11. Tulisannya sungguh bermanfaat & menginspirasi Kek.

    Apakah orang yang sudah berkakir pada Passionnya masih terjebak menjadi Zombie Kek ?

  12. Super KerON tulisan pagi ini….sangat mencerahkan….semakin ga sbr untuk segera sadap ilmu gurunda di TBnC #11….:)

    Salam SuksesMulia

    1. Ditunggu 🙂

  13. rain says:

    Terima kasih untuk bimbingan Kek Jamil untuk terus menantang saya “keluar” dari zona “zombie” untuk menjadi diri sendiri, mohon do’a dan bimbingan Kek Jamil agar karakter semakin kuat, menjadi yg berbeda, dan terus tersenyum hehehehehe

    1. Tapi tetaplah ingat “buru-buru pekerjaan setan”

  14. Anna julpianti says:

    jadi ngeri baca ini,, apakah selama ini aku sudah jadi zombie?
    astagfirullah harus banyak-banyak berfikir ulang,,, janagan merasa tenang dengan yang sudah ada,, harus punya tantangan baru/
    terima kasih kek sudah mengingatkan.

  15. Dendragons says:

    Terimakasih kek Jamil,
    Ini sebuah tantangan agar saya dapat lebih baik lagi setiap harinya kek…
    Dan menjauh dari sifat “Zombie” itu Kek…
    Syukron 😀

  16. Mokamula says:

    Eh, ternyata ada zombie didalam diri ini. Saatnya tinggalkan agar tidak jadi zombie..

  17. Miftahudin says:

    Wow Ternyata … Kita semua merasakan jadi Zombie. Istighfar 1000x

  18. dewi says:

    mulai perbaiki diri.. trimakasih inspirasinya kek Jamil. 🙂

  19. Terima Kasih Pak Jamil, Saya paling suka Kalimat ini pak “Penampilan fisik bisa menipu, terlihat keren padahal kere. Terlihat bahagia tetapi hatinya hampa. Terlihat kaya padahal hutang dimana-mana”.

  20. haviedz says:

    hmm,…
    tidak hanya mereka pelaku bisnis atau mereka para yang kerja, tapi dilingkup mahasiswa juag ada yang bisa dikatakan sepert zombi,…

  21. thexwarrior says:

    The zombies are coming … *brain …*

    #AlaPlantVersusZombie

    Makasih kek 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.