Perkawinan Core Purpose dan Core Value

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pada acara penutupan Indonesia Leadership Conference (IDLC) 10 – 12 Desember 2020 yang diadakan oleh Kubik Leadership saya menyampaikan bahwa “perusahaan yang ingin rebound di tahun 2021 perlu menguatkan kembali purposenya baik purpose karyawannya maupun purpose perusahaannya. Sejak saat itu, banyak pihak yang mengajak saya berdiskusi tentang pentingnya purpose dalam hidup maupun dalam perusahaan.

Untuk menemukan “purpose” pribadi dan perusahaan saya biasanya mengajukan beberapa pertanyaan. Dari jawaban pertanyaan tersebut biasanya akan ditemukan purposenya. Pertanyaan yang biasa saya ajukan, sebagaimana tertulis dalam tabel berikut:

Pertanyaan Untuk PribadiPertanyaan Untuk Perusahaan
Saya hadir ke dunia untuk apa?Perusahaan Anda hadir ke dunia untuk apa?
Apa yang berubah menjadi lebih baik atas kehadiran saya dimuka bumi?Apa yang berubah menjadi lebih baik atas kehadiran perusahaan saya?   Apa solusi yang perusahaan tawarkan kepada masyarakat
Apa yang tidak ada (hilang) apabila saya tidak terlahir ke muka bumi?Apa yang tidak ada apabila perusahaan saya tidak didirikan?   Apa masalah mayarakat yang tidak terjawab apabila perusahaan saya tidak berdiri?

Silakan renungkan pertanyaan tersebut di atas dan jawablah dengan penuh kesadaran. Dari jawaban tersebut, Anda bisa menemukan apa sejatinya purpose Anda pribadi dan purpose perusahaan Anda. Purpose pribadi yang selaras dengan purpose perusahaan akan membuat Anda memiliki energi besar untuk membesarkan perusahaan tersebut.

Setelah Anda menemukan purpose pribadi maupun perusahaan lanjutkanlah dengan menemukan core value diri dan perusahaan Anda. Pilihan Bapak Erick Thohir selaku Menteri Negara BUMN menjadikan Akhlak sebagai pilihan core value di semua BUMN adalah pilihan yang tepat. Akhlak sendiri merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Baca Juga  Cara Membangun Budaya Inovasi Melalui Gamification

Mengapa pilihan ini saya anggap tepat? Karena hal ini sejalan dengan riset tentang value yang dilakukan oleh John Kotter & John Heskett dari Harvard Business School. Riset yang dilakukan terhadap 150 perusahaan itu menyimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki core value yang kuat dan merata di semua level karyawan akan mengalami banyak keuntungan.

Beberapa keuntungan yang didapat; pendapatan perusahaan tersebut tumbuh 4 kali lebih cepat, tingkat penciptaan lapangan kerja 7 kali lebih tinggi, harga saham tumbuh 12 kali lebih cepat dan laba perusahaan tersebut 750 persen lebih tinggi. Mau menikmati keuntungan tersebut? Segera temukan core purpose dan core value Anda pribadi dan tentu juga core purpose dan core value perusahaan Anda. Apakah Anda sudah punya keduanya?

Saya sangat berharap, BUMN yang sekarang telah memiliki core value yang sama yaitu Akhlak akan tumbuh melesat sebagaimana hasil riset John Kotter & John Heskett. Semoga.      

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer