Pentingnya Quick Wins

Share this
  • 71
  • 1
  •  
  •  
  •  
    72
    Shares

Bila diibaratkan berlari, hidup itu sebagian besar kita jalani dengan marathon. Namun, apabila kita hanya menjalani dengan marathon hidup kita akan terasa monoton. Sekali-kali kita perlu melakukan lari cepat (sprint). Di dalam kehidupan pun demikian, sekali-kali kita perlu menghadirkan program yang cepat dan menantang (sprint) karena itu akan menaikkan adrenalin dalam diri kita. Program seperti ini saya menyebutnya quick wins.

Pekan lalu, saya menantang para peserta Mentoring Leader Himpunan Alumni IPB yang saya asuh untuk membuat program Quick Wins bersama. Apa itu? Mengadakan webinar dengan peserta lebih dari 1000 (seribu) dengan persiapan hanya 4 (empat) hari. Temanya adalah : “Complex Problem Solving” dengan pembicara Rektor IPB, Bapak Prof. Dr. Arif Satria, SP, MSi.

Hari Rabu tantangan saya berikan. Hari Kamis mereka berkoordinasi. Hari Jumat, mereka promosi dan hari Sabtu malam (19.15-21.45 WIB) acara diadakan. Alhamdulillah, hingga hari Sabtu siang, pukul 13.00 WIB pendaftar sudah mencapai 1.391 peserta yang berasal dari enam negara. Khawatir tidak tertampung di dalam aplikasi Zoom maka pendaftaran ditutup oleh panitia.

Meski yang hadir dalam webinar online tidak sampai 1.000 peserta hanya sekitar 700 peserta, saya menganggap program ini telah mampu membangkitkan energy para panitia dan menambah kepercayaan diri mereka.

Ya, program quick wins perlu dihadirkan berkala agar energi dan semangat kita selalu terjaga.

Secara berkala, pilihlah program yang membuat Anda tertantang, deg-degan, tidak biasa, namun Anda yakin program tersebut berhasil Anda kerjakan. Biarkan Anda merasa takut, khawatir, was-was yang bercampur menjadi satu dengan optimis, semangat, gairah, yakin dan perasaan positif lainnya. Kebiasaan ini akan “memaksa” otot kita terlatih melakukan sesuatu yang baru dan menantang. Hidup menjadi lebih dinamis dan mengasyikkan.

Baca Juga  Perubahan Mengundang Mukjizat

Berbagai pencapaian dalam program quick wins akan menambah portofolio kesuksesan dan itu menambah pengalaman, kepercayaan diri, penghargaan diri sebagai modal untuk terus naik kelas. Saya yakin, Anda tidak mau menjalani hidup dengan monoton, karena itu sangat membosankan. Sekali-kali, dalam kurun waktu tertentu, 3 bulan misalnya, Anda perlu menghadirkan program yang quick wins.

Boleh tahu, apa program quick wins Anda dalam kurun waktu tiga bulan kedepan?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini


Share this
  • 71
  • 1
  •  
  •  
  •  
    72
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer