Pentingnya Apresiasi

Share this

Sungguh menarik riset yang dilakukan leh Gostick, A & Elton, C. yang dituangkan dalam buku: Leading with Gratitude: Eight Leadership Practices for Extraordinary Business Results (2020). Ternyata, 81% orang yang bekerja mengatakan mereka akan bekerja lebih keras jika atasan mereka menunjukkan rasa terima kasih (diapresiasi) atas pekerjaan mereka.

Kedua ahli ini juga menambahkan: Apresiasi berupa ungkapan terima kasih adalah bentuk motivasi yang lebih bertahan lama dibandingkan apresiasi berupa benda. Hal ini menunjukkan bahwa apresiasi itu sangat penting di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bagaimana cara memberi apresiasi yang tepat dan memberikan nilai tambah kepada orang yang kita apresiasi. Banyak cara bisa dilakukan, salah satunya bisa menggunakan RISE Appreciation Model. RISE merupakan kependekan dari, Regular, Immediate, Spesific, Encouraging.

Regular. Apresiasi orang-orang di sekitar Anda paling tidak sekali dalam seminggu. Jadikan sebagai prioritas dalam jadwal Anda, pilih “prime time” untuk memberikan apresasi kepada pasangan hidup, anak, saudara, sahabat dan anggota tim Anda.

Immediate. Saat Anda melihat hal positif sesegera mungkin Anda memberikan apresiasi pada perilaku spesifik yang ditampilkan. Dengan cara ini, perilaku tersebut akan berpeluang untuk ditampilkan lagi oleh orang yang Anda beri apresiasi. Jangan tunda-tunda, bisa kehilangan moment dan menurunkan dampak dari apresiasi yang kita berikan.

Spesific. Berikan apresiasi bermakna yang memiliki arti personal bagi penerima dan fokus kepada sikap dan perilaku yang terlihat.  Misalnya: “Terima kasih atas komitmen yang telah diberikan untuk menyelesaikan pekerjaan ini pada 15 November 2021 demi tercapainya target perusahaan. Pemberian apresiasi yang spesifik menghindarkan kesan basa-basi.

Encouraging. Dorong orang lain untuk bisa mengapresiasi rekan-rekannya. Kebiasaan memberikan apresiasi hanya akan dapat tercapai/terbentuk ketika setiap orang terlibat dalam prosesnya.

Baca Juga  Menstabilkan Emosi

Yuks langsung dipraktekkan, siapa orang yang akan Anda beri apresiasi? Lakukan kepada banyak orang, insha Allah kehidupan dan lingkungan Anda akan semakin saling menumbuhkan dan membahagiakan. Buktikanlah.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer