Anda Tipe Manusia Yang Mana?

Share this

Banyak ilmu yang sudah saya pelajari tentang berbagai tipe manusia. Salah satu yang mudah untuk diingat dan menjadi pengingat adalah lima tipe manusia yang diambil dari pelajaran agama. Apa itu? Ada lima tipe manusia wajib, sunnah, mubah, makruh, haram. Untuk lebih memahami kelima tipe tersebut silakan simak kelanjutan tulisan berikut.

Pertama tipe manusia wajib. Orang dengan tipe ini keberadaannya sangat dibutuhkan orang lain. Kehadirannya selalu ditunggu dan dinanti karena kebaikan hatinya dan kontribusinya kepada orang-orang yang berada di sekitarnya. Apabila tipe orang ini tidak hadir dalam suatu acara banyak orang yang merasa kehilangan. Keberadaannya sangat dibutuhkan dan dirindukan.

Kedua, tipe manusia sunnah. Orang dengan tipe ini keberadaannya dibutuhkan tetapi tidak akan dicari-cari saat tidak ada. Saat pergipun orang-orang di sekitarnya tidak terlalu kehilangan. Dibutuhkan tetapi tidak dirindukan.

Ketiga, tipe manusia mubah. Tipe orang ini, ada dan tidak adanya tidak terlalu berbeda. Saat ada tidak memberikan pengaruh apapun, saat tidak ada juga tidak ada yang merasa dirugikan dan juga tidak dicari. Dengan kata lain, adanya sama dengan tidak adanya.

Keempat, tipe manusia makruh, Tipe orang ini saat bersama sering “merusak” dan jauh lebih baik apabila tidak hadir bersama orang lain. Sering protes terhadap sesuatu tetapi saat diminta untuk memberikan solusi, mereka tidak mampu memberikan solusi. Sering menjelekkan orang lain namun sangat jarang introspeksi diri.  

Kelima, tipe manusia haram. Tipe orang ini saat bersama orang lain selalu “merusak” dan saat tidak bersama punya kesibukkan menjelek-jelekkan orang-orang lain. Sering menyalahkan orang lain namun saat diberi amanah tidak mampu. Pikiran, perilaku dan keputusan yang diambil sering merusak orang lain. Hobinya mencari kambing hitam. Apabila tugas tidak selesai, sibuk mencari alasan. Saat diberi feedback atau saran enggan menerima bahkan marah.

Baca Juga  Sampah Emosi

Secara spiritual, orang-orang yang selamat adalah orang yang sibuk dengan yang wajib dan sunnah. Begitu pun, dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang yang selamat dan menyelamatkan adalah mereka yang bertipe wajib dan sunnah.

Nah kira-kira, Anda termasuk tipe yang mana?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
Inspirator SuksesMulia

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer