Ciptakan Takdir Anda

Setiap hari sepanjang hidup kita membuat berbagai pilihan, dan setiap pilihan yang kita ambil akan menentukan takdir kita. Pilihan-pilihan yang cerdas dan bijaksana akan menciptakan kehidupan yang bahagia dan bermakna. Sementara pilihan hidup yang bodoh dan buruk akan menggiring kita ke dalam kehidupan yang penuh penderitaan dan kegagalan, kecuali jika kita mau belajar dari kesalahan dan kegagalan untuk kemudian tidak mengulanginya lagi.

Apabila kita ingin menjalani kehidupan yang bahagia maka kita harus berupaya keras agar pilihan-pilihan itu sesuai dengan tujuan hidup kita. Membuat pilihan dan keputusan memang tidak mudah, terkadang kita sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Bahkan terkadang kita sulit merasa yakin bahwa pilihan yang kita ambil adalah pilihan yang tepat. Disinilah pentingnya Anda menetapkan tujuan hidup untuk memandu Anda mengambil pilihan.

Dengan tujuan hidup yang jelas, Anda bisa lebih cepat dan tepat untuk segera menetapkan berbagai pilihan yang terbentang dihadapan Anda. Kita semua dianugerahi kebebasan untuk memilih, dan setiap pilihan akan menentukan takdir kita. Bila sesuatu menimpa kita, dan kita belum melakukan pilihan dan tindakan maka jangan katakan: “ini takdir saya” sebab takdir Anda sebenarnya Andalah yang “menciptakan”.

Keberhasilan dalam hidup adalah hasil dari berbagai pilihan yang kita buat dan upaya yang kita kerahkan untuk menjalankan pilihan-pilihan itu. Untuk itu, saya menyarankan Anda untuk selalu bertanya kepada diri sendiri setiap akhir pekan dengan mengajukan beberapa pertanyaan antara lain: Pilihan-pilihan apa sajakah yang telah saya ambil pekan ini? Mengapa saya membuat pilihan-pilihan itu? Apa saja akibat-akibat yang mungkin terjadi dari pilihan-pilihan tersebut? Apakah saya yakin bahwa pilihan-pilihan itu akan membuat hidupku menjadi lebih berkualitas? Apakah pilihan-pilihan itu, sesuai dengan tujuan hidupku?

Sekali lagi saya katakan: pilihan-pilihan dan tindakan Anda “menentukan” takdir Anda, jadi pastikan pilihan Anda sejalan dengan tujuan hidup Anda.

Terima kasih, follow saya di twitter @jamilazzaini, salam SuksesMulia

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.