1 x 30 Lebih Baik dari 30 x 1

Share this
  • 175
  •  
  •  
  •  
  •  
    175
    Shares

Berapa hasilnya bila angka 1 dikalikan 30? Jawabnya tentu 30. Nah, sekarang bila dibalik, berapa hasilnya 30 dikalikan 1? Jawabanya tetap sama 30. Ya, itulah matematika. Namun kehidupan tidaklah sama dengan matematika.

Dalam kehidupan 1 x 30 jauh lebih baik dibandingkan 30 x 1. Apa maksudnya? Kita lebih baik melakukan satu hal yang sama atau rutin dalam waktu 30 hari dibandingkan 30 kali hanya dalam waktu satu hari. Sedikit tapi rutin jauh lebih baik dibandingkan banyak tetapi hanya sekali.

Contohnya, lebih baik sholat dhuha 2 rakaat rutin setiap hari selama 6 hari dibandingkan 12 rakaat tapi hanya dilakukan satu kali. Menulis satu tulisan di blog setiap hari jauh lebih baik dibandingkan menulis 7 tulisan sekaligus di akhir pekan. Sesuatu yang rutin akan menghasilkan kebiasaan. Otot-otot dalam tubuh (myelin) akan terlatih dan menghasilkan gerakan otomatis.

Orang yang terbiasa menyebut nama Tuhannya, saat ia tersandung atau terkena sesuatu otomatis nama-Nya yang disebut. Sedangkan seseorang yang jarang menyebut nama-Nya saat kejadian yang sama maka yang terucap boleh jadi nama binatang. Bahkan saya sering menjumpai saat seseorang terkejut yang ia sebut adalah nama anggota tubuh yang tabu untuk disebut. Anda pernah menjumpai hal seperti ini, kan?

Sedikit tapi rutin selain melatih myelin juga melatih keikhlasan. Orang yang sedekah Rp 10.000 setiap hari cenderung lebih ringan dibandingkan sedekah Rp 3.650.000 sekali di akhir tahun.

Jumlahnya sedekahnya sama, tetapi yang rutin bersedekah cenderung tak pamer sementara yang sedekah langsung besar cenderung merasa hebat. Ujub dan kesombongan berpeluang menyerang hati si pelaku.

Politisi yang terbiasa rutin “blusukan” akan direspon positif oleh masyarakat dan semakin menguatkan citranya. Adapun politisi yang “blusukan” menjelang pemilu, selain terlihat kaku juga akan direspon sebagai “pencitraan” oleh masyarakat.

Baca Juga  Carilah Moment

Untuk menutup tulisan ini, saya akan ajukan sebuah pertanyaan singkat, “Hal rutin apa yang sudah Anda lakukan setiap hari?” Bila jawabannya “belum ada” segeralah berkomitmen mulai saat ini untuk melakukan sesuatu yang kecil dan sederhana tetapi dilakukan rutin setiap hari. Mau, kan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


TBnC9



Share this
  • 175
  •  
  •  
  •  
  •  
    175
    Shares

50 comments On 1 x 30 Lebih Baik dari 30 x 1

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer