Dua Guru Saya yang Bersahaja

ebo-kurnia.jpg

Kek Jamil Azzaini dan Ahmad Faiz Zaenuddin

Among Kurnia Ebo
Berburu nutrisi otak adalah hobi saya sejak lama. Sejak mahasiswa dulu dan lebih lagi setelah sempat menjadi wartawan selama 8 tahun. Kebiasan itu telah mendarah daging hingga sekarang. Apalagi setelah terjun ke dunia entrepreneur dan dilanjutkan tanpa sengaja terjun ke dunia trainer.
 
Ada dua cara yang saya lakukan untuk menambah nutrisi otak saya; pertama, kalo enggak memborong buku-buku baru yang bermutu, ya cara praktis yang kedua, ikutan berbagai training, seminar, atau workshop yang sesuai passion saya.
 
Nah, dari berbagai training yang saya ikuti itulah saya ketemu banyak guru. Dan di antara sekian banyak guru, ada dua guru yang saya sangat berkesan mendalam di hati dan otak saya. Ini bukan bukan soal ilmu semata. Kalau soal ilmu dan experience sih semua guru tempat saya ngangsu kawruh (berguru) saat trainingi, saya anggap sama-sama tinggi ilmunya. Mereka adalah orang-orang expert (ahli) di bidangnya masing-masing. Karena mereka expert tentunya ilmu yang ditularkannya sama-sama bermanfaat dalam hidup saya.
 
Akan tetapi, dalam soal kebersahajaannya, saya terkesan dengan dua nama guru ini: Jamil Azzaini dan Ahmad Faiz Zaenuddin. Yang satu, Kek Jamil adalah pakar publik speaking yang memang mantep banget ilmunya, khususnya keahliannya dalam ber-story telling yang luar biasa, yang bisa menghipnotis audiens jika sudah bertutur kata di atas panggung. Sedang guru satunya lagi, mas Faiz Zaenudin, adalah pakar healing & happiness, yang dengan ilmu SEFT-nya telah membuat ribuan orang terbebas dari berbagai belenggu dan hambatan fisik dan psikis. dari mas Faiz inilah saya banyak belajar tentang apa itu bahagia, apa itu sehat, dan apa itu pribadi berkarakter.
 
Ada dua hal (nilai lebih) yang saya catat dari kedua orang ini adalah: (1) bahasa komunikasinya yang sederhana dan (2) penampilannya di hadapan audiens yang juga sederhana. Di mata saya dua-duanya adalah orang hebat, dua-duanya orang yang berilmu tinggi, dan karenanya saya mengaggap sebagai guru kehidupan saya. Ya, dua-duanya selalu berpenampilan sederhana, bersahaja, apa adanya. Dua-duanya juga berkomunikasi dengan bahasa yang bersahaja, komunikatif, mudah dipahami oleh kalangan manapun.
 
“Kita hidup bukan untuk gengsi, kita hidup untuk menebar manfaat. Kita hidup bukan sekedar menunjukkan Sukses. tapi lebih pentingadalah untuk Mulia,” begitu ujar kek Jamil yang kemana-kemana selalu pakai batik jika berseminar dan setahu saya tak pernah rewel mau menginap di mana atau makan apa saja. Bahkan, jika sedang punya acara di Jogja, tempat saya berdomisili, Kek Jamil tidak pernah menolak jika diajak makan di warung kaki lima. tercatat lebih dari lima kali saya mengajak kek Jamil makan di Sate Klatak pinggir jalan di kawasan Bantul. Hebringnya, di tempat yang ala kadarnya itu, beliau bisa menikmatinya dengan begitu enjoy dan tetap mau sharing ilmu secara powerfull. Bagi saya ini adalah sesuatu yang langka. Seorang pembicara dan trainer papan atas tidak malu duduk lesehan di warung kaki lima: Sate Klatak atau warung bakmi Mbah Mo Bantul. Salut dengan kebersahajaanya!
 
“Saya lebih suka orang yang berkarakter, bukan orang yang wah secara penampilan,” begitu kata mas Faiz dalam suatu kesempatan saat saya makan bareng bersamanya di the House of Raminten Yogya. Pertemuan saya dengan mas Faiz memang terhitung lebih sering dibandingkan dengan kek Jamil . Saya pernah diundang di acara SEFT di Jakarta, pernah di ajak ke pesantrennya dan pernah pula diajak tidur di kamar rumahnya di Surabaya. Beberapa kali saya juga makan bareng kalau dia sedang ada training di Yogja. Pernah juga ketemu di Batam dan sarapan pagi bersama, ngobrol tentang hal-hal baru di kamar hotelnya, dan bertemu lagi di beberapa kesempatan yang lain. Kesan saya, dia adalah guru yang hebat, guru yang sama lahir dan batin, yang sama antara ucapan dan perkataan. Dia menghormati orang karena benar-benar keberadaan orangnya, bukan karena benda-benda yang dimilikinya. Dia juga mau diikuti dan diajak sharing di manapun dia berada. hingga di kaki lima, hingga di kamar tidurnya, bahkan di jam berapa pun kadang tidak masalah. Benar-benar sosok yang low profile.
 
Kepada mas Faiz ini saya juga belajar tentang bagaimana seyogyanya kita menempatkan posisi ilmu dalam kehidupan. Saya belajar tentang semangatnya yang Luar Biasa dalam mengejar ilmu. Untuk satu ilmu yg ingin dikuasainya, mas Faiz rela mengejarnya dengan mengikuti berbagai training di manca negara, mulai Singapura, lanjut ke Australia, diteruskan lagi mengejar narasumber aslinya di Italia, dan sekarang sedang memperdalam lagi keilmuannya selama beberapa bulan di California.
 
Pernah dalam sebuah kesempatan beliau berkata,”Kalo soal ilmu mas, saya bisa memilih berpuasa tiga bulan, asalkan saya benar-benar bisa dapatkan ilmu yang saya kejar. Buku dan training lebih penting daripada makanan selezat apapun.” Hemmmm, dalam hati saya bergumam: pantesan hidupnya dimuliakan Tuhan, karena mas Faiz menempatkan ilmu dalam kedudukan yang mulia, menjadikan ilmu dalam posisi yang sangat penting dalam hidupnya.
 
Ada satu nasihat guru saya yang lain, pak Purdi E Chandra Ujarnya, “Kalo pengen jadi macan bergurulah sama macan. Kalo mau jadi pengusaha bergurulah pada pengusaha supaya gelombang dan frekuensinya sama. Kalo mau jadi orang hebat, maka bergurulah kepada orang-orang hebat. Orang-orang yang expert dan menjadi kingpin di bidangnya masing-masing. Paling tidak lima tahun lagi Anda akan bisa seperti mereka juga.”
 
Sebagai muridnya, saya pun pengen hebat seperti mereka, namun saya juga pengen tetap sederhana. Saya meyakini bahwa setiap cita-cita itu akan sampai di puncaknya. Maka saya ikuti nasehat guru saya itu: saya sedang berguru pada orang-orang yang hebat tapi sederhana. Ya, sederhana dalam penampilan tetapi hebat dalam keilmuan. Sederhana dalam tutur kata tapi hebat dalam pemikiran. Alhamdulillah, saya diberi kesemmpatan bertemu dan berguru pada orang-orang hebat yang rendah hati, bersahaja.
 
Saat bangun tidur sering saya bergumam: Terima kasih Tuhan, telah Engkau pertemukan aku dengan guru-guru hebat dalam kehidupanku. Guru-guru yang luar biasa dan dua di antaranya bernama Jamil Azzaini dan Ahmad Faiz Zaenudin. Kepada mereka berdua berikanlah selalu kemulian dan keberkahan dalam hidupnya. Supaya mereka bisa menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak bangsa dengan berbagai aktivitasnya, dalam rangka membentuk generasi masa depan ke dalam kehidupan yang lebih berkualitas. Kehidupan SuksesMulia. Amin!
 
Tulisan dikirim oleh  Among Kurnia Ebo

Bagikan:

24 thoughts on “Dua Guru Saya yang Bersahaja”

  1. untuk doanya, amin Ya Robbal Alamin…. semoga suatu saat saya juga dipertemukan dengan beliau2 sang guru hebat dan menyusul mereka dalam kehebatan, kebermanfaatan dan kerishoan Alloh..

    1. Aamiin YRA, mari kita jumpa dan ngobrol-ngobrol 🙂

  2. terimakasih Kek, igauan saya di pagi hari ini bisa muncul di web Kakek… Jumat yang Indah.. Salam Kanan, Salam Rich, Salam Klatak University.

    1. Hidup itu perlu gas (otak kanan) dan rem (otak kiri) dirimu adalah gas kelas wahid. Salam SuksesMulia

  3. nursila says:

    wah…subhanallaah…bisa dpt guru barulagi…syukrn..

  4. gusti orrin says:

    salam kenal mas Among Kurnia Ebo…

  5. Denni Candra says:

    salam kenal mas Among Kurnia Ebo, semoga bisa jadi salah satu guru juga 🙂

  6. Salam Kanan, SAlam Rich, Salam Klatak University!
    semoga semuanya menjadi pribadi yang SuksesMulia!

  7. sujito ae says:

    Ya Allah ijinkan kami untuk bisa bertemu dan berguru langsung pada mereka mereka…

  8. dr Hajar Fatma Sari says:

    Akan saya ingat terus undangan Kakek dan jadikan semangat utk memantaskan diri sampai Alloh mempertemukan untuk mensinergikan kemanfaatan 🙂 , amin…

  9. 2 caranya bagusnya juga Bang… Like This!

    1. kalau punya 2 cara lainnya lagi, bagi ya Om… yang cara bener boleh, yang cara awur-awuran juga boleh. yg penting dua… xixixi..

  10. An Nur Aden says:

    Inspirasi yang mencerahkan, semoga bisa mengikuti jejak langkah para guru untuk menebar manfaat bagi banyak orang, meskipun sedikit demi sedikit..

  11. princess amanda says:

    subhanallah….semoga sy juga bs segera di pertemukan dengan mas jamil…udah pengen bgt berguru dan menimbal ilmunya sebanyak2nya…
    tulisannya sangat menginspirasi mas ebo…:)

  12. semoga… sedang belajar dari kakek, agar bisa mengembangkan website http://www.amongkurniaebo.com agar bisa sebaik yg dipunyai kakek… hehe.. salam Kanan. Salam SuksesMulia

  13. Baihaqi says:

    Ini baru pengakuan yang jujur dari seorang Among Ebo…hehehe brutal2 ternyata punya perasaan yang halus juga ya bro …..

    1. perasaanku itu halus dari dulu, brow, ente aja yg nggak ngerasa atau nggak berperasaan terhadapuku… hahahaha

  14. Sandi Hartono says:

    subhanallah..mdh2an sy bisa berguru juga pd orang2 hebat ini.

    1. bergurulah kawan, duaduanya kerON….

  15. masruriisme says:

    kalau ke sate klathak lagi boleh join?

    1. monggo, klatak university selalu open setiap malam, jam 9 teng hingga 2 menjelang subuh. klatak university adalah kampusnya orang2 goblok dan imsomnia tapi pengen hebat dan mewarnai peradaban dunia… syaratnya cuma satu, tidak cacat otak. itu saja,,, hehe

  16. mas yos says:

    untuk mas ebo saya sering denger sbg trainer yg mengguncang “perut” kapan ya dipertemukan…..

    untuk mas faiz, yg disampaikan mas ebo bener2 begitulah keadaannya…. beliau mengajarkan arti sebuah ke”ikhlas”an dalam hidup………

    untuk mas kek jamil, saya mengenal dari baca buku “makelar sedekah” yg sy beli kamis kemarin 14/11/13 di gramedia depok, ini lanjut mengenal lewat “web”nya,,,,, kapan ya saya dipertemukan langsung dengan mas kek jamil supaya virus “sukses mulia” menular kepada saya dan orang2 disekitar saya baik yg saya kenal maupun yang tidak saya kenal…..

    1. ah, ygbener mas. mana bisa perut diguncang guncang… yang bisa itu mengalami kram.. banyak orang yg ikut kuliah di klatak university, langsung mengalami kram perut bbrp jam kemudian… suweeerrrr…

  17. Mantap mas Ebo, saya pengen jg berguru langsung dg Pak Jamil. Moga bs ikut WBT.

    Mg mas Ebo cepat dapat idaman hati..

    Salam sukses dr Syaifur – EU Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published.