World Stroke Day

Share this
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

By Galatia Chandra

Pada hari ini seluruh dunia merayakan apa yang dinamakan sebagai Hari Stroke Sedunia (World Stroke Day). Apa itu Stroke?

Stroke itu adalah sebuah nama penyakit yang artinya berhentinya aliran darah ke otak oleh karena adanya sumbatan pada pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah. Dengan terhentinya aliran darah ke otak, maka supplai oksigen ke otak akan terputus, demikian juga nutrisi dan makanan. Hal ini akan menimbulkan kematian pada sel-sel otak.

Barangkali kita berpikir bahwa apa perlunya mempelajari tentang penyakit Stroke. Toh kita ini bisa jadi bukan tenaga medis atau parmedis, jadi untuk apa tau tentang masalah stroke ini? Ini adalah pemikiran yang dapat membahayakan diri kita. Sebab Stroke sangat berbeda dengan penyakit lain. Jika seseorang terkena stroke, hanya ada 2 kemungkinan yang akan terjadi kemudian. Jika ia tidak meninggal, maka ia harus hidup menderita dengan kondisi cacat hingga akhir hayatnya seperti misalnya lumpuh, tidak dapat berbicara dll.

Jadi penting sekali untuk mempelajari apa itu Stroke dan bagaimana mencegahnya. Kita boleh saja tidak tau banyak tentang Stroke, akan tetapi ada paling setidaknya 5 fakta informasi yang mungkin harus diketahui oleh seluruh manusia tentang Stroke.

1. Waktu = Otak. Pada saat stroke terjadi, 32.000 sel-sel otak akan mati setiap detiknya. Oleh karena itu jika pasien mendapat penanganan yang cepat dan tepat, kerusakan yang fatal mudah-mudahan bisa dicegah.

Akan tetapi… Yang jadi masalah adalah seringkali pasien telat untuk dibawa ke rumah sakit sehingga pasien harus menderita seumur hidupnya. Ada beberapa fakta yang kita perlu ketahui.

2. 99% Orang Indonesia umumnya belum atau tidak mengenali tanda-tanda stroke seperti: Adanya rasa baal atau lemahnya kaki, tangan atau wajah. Kebingungan atau tidak dapat mengerti kata-kata. Kesulitan melihat, kesulitan belajar, pusing, kehilangan keseimbangan tubuh dll. Berhati-hatilah jika kita pusing atau hilangnya keseimbangan. Jangan anggap remeh, CT-Scan bisa menolong untuk mengetahui apakah pembuluh darah otak kita sehat atau ada masalah.

Baca Juga  Mental Kepiting

3. Stroke pada saat ini juga seringkali terjadi pada anak muda. Kurang lebih 532.000 – 852.000 kasus di Amerika terjadi pada orang-orang dengan usia 18 hingga 44 alias usia produktif.

4. Ada banyak Faktor Risiko yang berkontribusi menyebabkan Stroke seperti Faktor Kegemukan, Kolesterol, Tekanan Darah Tinggi, Stress, Rokok, Aktivitas seksual yg berlebih dll. 99% orang mengetahuinya dan 99% orang pula mengabaikannya.

5. Ada begitu banyak berita hoax (bohong) di Internet mengenai penanganan Stroke. Seperti misalnya menusuk jari pasien Stroke dengan Jarum hingga mengeluarkan darah itu dapat menyelamatkan pasien. Sekalipun sudah begitu banyak yang mengklarifikasi dan juga adanya seruan dari WHO dan badan-badan kesehatan dunia untuk tidak mengikuti saran menyesatkan seperti itu. Namun kenyataannya, begitu banyak orang Indonesia yang terus mempercayainya dan melakukannya. Padahal jika pasien itu benar-benar terkena stroke. 99% pasti akan berakhir fatal atau jika pasien tersebut sesungguhnya bukan pasien stroke. Makai a akan mendapat luka-luka dan infeksi serius akibat ditusuk-tusuk.

Stroke adalah penyakit mematikan, dan sering terjadi. Berdasarkan data, 1 dari 6 orang di dunia akan mengalami Stroke di penghujung kehidupannya. Setiap 6 detik di dunia akan ada 1 orang yang meninggal karena Stroke ini. Selain itu penyakit ini juga adalah penyakit yang sangat banyak menimbulkan kecacatan (morbiditas).

Lihat data disini: http://www.healthdata.org/indonesia Berdasarkan data tersebut, ada 2 penyakit yang bertumbuh pesat di Indonesia. Yang pertama adalah Diabetes dan yang kedua adalah Cerebrovascular Disease termasuk di dalamnya penyakit Stroke. Mari cegahlah selagi bisa dengan menurunkan faktor-faktor risiko. Apabila ada gejala-gejala seperti No.2. Segeralah kunjungi UGD RS terdekat. Sebab Waktu = Otak.

”When you have a stroke, you must talk slowly to be understood, and I’ve discovered that when I talk slowly, people listen. They think I’m going to say something important!” – Kirk Douglas

Baca Juga  Proposal Hidup (3)

Saya berdoa dan berharap agar teman-teman semuanya sehat selalu bersama keluarga.

Have a Great day!


Share this
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer