Wealth Foundation

Pernahkah Anda mendengar The Wealth Paradox dari Roger Hamilton? Katanya, “The more money you have, the more opportunities you have to lose it.” Artinya, kehilangan uang bukanlah suatu masalah ketika Anda tidak punya uang. Tetapi ketika Anda memiliki uang berlebih, maka kesempatan untuk Anda kehilangan uang semakin besar. Entah hilang karena dibelanjakan, atau hilang karena gagal ketika diinvestasikan. Dan boleh jadi hidup Anda akan berakhir dengan tidak memiliki apa-apa. Tetapi faktanya, ada saja orang-orang yang tidak peduli seberapa banyak mereka kehilangan uang atau seberapa bangkrut usahanya, eh ujung-ujungnya mereka bisa bangkit lagi. Misalnya saja Donald Trump.

Trump membangun dinasti propertinya pada tahun 1980-an. Sebuah usaha yang kemudian semakin dilebarkan dengan bermodalkan pinjaman yang tidak sedikit. Lalu pada saat kondisi pasar lesu di tahun 1990-an, Trump tidak sanggup lagi membayar bunga pinjaman, sehinggga berakibat pada hutang perusahaan yang mencapai 3.5 milyar dollar, dan lebih jauh merembet ke hutang pribadi sebanyak 900 juta dollar. Artinya, saya dan Anda masih lebih kaya 900 juta dollar Amerika daripada seorang Donald Trump di tahun 1990-an. Gila! Tetapi yang lebih gila, di dekade berikutnya, pada tahun 2005 seorang Donald Trump telah berhasil membalikkan situasi dan ia bahkan berhasil masuk dalam daftar 400 orang terkaya versi majalah Forbes, yaitu dengan kekayannnya yang berjumlah sekitar 2,7 milyar Dollar Amerika. Wow!

Insan SuksesMulia, tokoh-tokoh seperti Trump tadi, yang disebut oleh Roger Hamilton sebagai Wealth Creator, adalah mereka yang fokus pada membangun wealth foundation ketimbang sibuk melakukan money making activities. Mereka membangun reputasi, menciptakan jaringan yang kuat, membekali diri dengan ilmu, keahlian, kompetensi, dan seterusnya. Ibaratnya, wealth foundation adalah taman Anda dan uang adalah kupu-kupu yang hinggap di taman Anda. Kupu-kupu bisa datang dan pergi kapan saja, sama seperti uang. Walau demikian, kupu-kupu tersebut akan terus datang dan hinggap di taman Anda, bahkan semakin hari semakin banyak, ketika Anda berhasil membangun sebuah taman yang semakin hari semakin indah. Dengan kata lain, ketika Anda terus membangun dan meningkatkan wealth foundation Anda, lihatlah, uang dan kekayaan justru akan terus berdatangan menghampiri Anda.

Salam SuksesMulia!

Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.