Waspadalah Bila Hidup Anda Mudah

Waspadalah-Bila-Hidup-Anda-Mudah.jpg

Tahun ini, banyak sekali hari libur yang berdekatan dengan hari Sabtu dan Minggu. Waktu-waktu libur tersebut saya perpanjang untuk berbagai kegiatan lain. Saya belajar Business Road Map bersama coach Ridwan Abadi. Memperdalam Scale Up Business dengan pendekatan Grounded Coaching bersama Coach Fahmi, keduanya di Malang. Sayapun memperdalam ilmu mengintegrasikan value dalam bisnis dengan tim CIAS (Corporate Innovation Asia).

Selain itu, saya menemui para tokoh perubahan di Indonesia dan juga para ulama yang berilmu. Banyak pelajaran berharga yang saya peroleh dari kegiatan-kegiatan tersebut. Dari keyakinan mampu melejitkan bisnis yang saya pimpin hingga penguatan spiritual. Salah satu yang sangat menarik adalah pelajaran tentang istidraj.

Ketika Allah masih memberikan banyak harta padahal kita sedikit sedekahnya, ketika kita semakin populer dan dikagumi padahal akhlak kita rusak, jarang sakit padahal dosa dan maksiat banyak dikerjakan, jarang mendapat musibah padahal kita sombong dan angkuh, keluarga sehat sehat padahal diberi makan dari uang haram, bisnis dan karir terus melejit padahal sering menyakiti banyak orang. Waspadalah, itulah yang dinamakan istidraj.

Diberi banyak kesenangan, kenikmatan dan kemudahan padahal banyak berbuat keburukan dan amat sedikit berbuat kebaikan. Dalam istilah bisnis sering disebut mendapat “durian runtuh.” Di dalam Al Quran surat Al An’am ayat 44 dijelaskan: “Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.”

Lelahnya kita dalam berkarir atau berbisnis jangan dikeluhkan karena kerja keras dan cerdas itulah yang membuat kita tidak terkena istidraj. Perbanyaklah berbuat kebaikan khususnya saat kita mendapat banyak kenikmatan agar kita tidak terkena istidraj. Punya harta, sedekahkan. Punya ilmu, sharingkan. Punya jabatan gunakan untuk memutuskan banyak kebaikan bagi banyak orang.

Waspadalah bila hidup Anda mudah padahal sedikit berbuat kebaikan dan semakin menjauh dari-Nya. Karena boleh jadi itu istidraj. Sungguh mengerikan bila istidraj datang kepada kita. Naudzubillah min dzalik.

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Waspadalah Bila Hidup Anda Mudah”

  1. Daddy says:

    Terimakasih Kek Jamil atas intropeksinya..semoga kita terhindar dari kondisi istidroj

    1. Saling mendoakan mas

Leave a Reply

Your email address will not be published.