Waspadai Bahaya AC

Kota-kota di Indonesia saat ini sangat panas, masuk mobil jangan langsung nyalakan AC. Udara dari semprotan AC bercampur dengan udara dalam mobil yang ‘ngelekep’, bisa menimbulkan udara yang menyebabkan kanker, bila dihirup.

Mau naik mobil? Oke. boleh, buka semua kaca, lalu nyalakan AC selama beberapa menit, baru kemudikan kendaraan tsb & tutup kaca-kacanya kembali.

Tidak heran, semakin banyak orang meninggal karena kanker. Kita bertanya-tanya dari mana saja penyebabnya? Disini ada sebuah contoh yang menjelaskan insiden-insiden yang dapat menyebabkan kanker.

Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil, sofa, pengharum mobil menghasilkan benzene, racun penyebab kanker (karsinogen). Luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dashboard yang terkena panas. Selain menyebabkan kanker, benzene meracuni tulang-tulang Anda, menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Bila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan leukemia, menambah resiko penyebab kanker.

Tingkat benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi sbesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg benzene.

Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40X dari tingkat benzene yang bisa ditoleransi.

Orang-orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil, tidak membuka jendela sama sekali, akan mau tak mau menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh Anda. benzene akan racun yang mempengaruhi ginjal dan hati. Buruknya, sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-orang tersebut.

Jadi Anda sekalian, bukalah pintu dan jendela mobil sebelum masuk, berilah waktu untuk racun-racun mematikan ini keluar, sebelum Anda masuk dalam mobil.

Sumber: Auto 2000

Bagikan:

4 thoughts on “Waspadai Bahaya AC”

  1. Muhammad Abduh says:

    Tulisannya sungguh sangat bermanfaat mas Jamil. ternyata kita ini sudah dikepung oleh berbagai polutan disekitar kita. dari udara, air, makanan, minuman, tanah dan lain-lain. mudahan kita diberi kesehatan selalu. Amiiin….

  2. hery wibowo "pengin sukses mulia".. says:

    matur nuwun

  3. agungf says:

    Matur suwun mbah….. Sangat berguna informasinya.

  4. Hakameru Desain says:

    Terima kasih infonya bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.