Waspada dengan Hobi Anak

sekolah.jpg

Saya pernah keliling ke beberapa kota di Indonesia untuk memberikan training bagi para guru. Program training “Bagimu Guru” ini disponsori oleh Telkom dan Harian Umum Republika.

Salah satu nikmatnya menjadi trainer adalah bisa mendapat banyak ilmu dari peserta, dari yang serius hingga sederhana, yang bisa menghibur kita. Berikut adalah salah satu ilmu yang saya peroleh dari seorang guru peserta training.

Seorang guru yang baru lulus mengajar di sebuah kampung terpencil. Saat pertama mengajar ia menanyai satu per satu muridnya. “Kamu yang duduk paling depan, siapa namamu?” Sang murid menjawab, “Nama saya Novanto, pak.” Sang guru bertanya lagi, “Apa hobimu?” Murid yang bernama Novanto menjawab, “Hobi saya melihat pelangi di sungai, pak.”

Sang guru melanjutkan pertanyaan, “Yang di barisan kedua, siapa namamu dan apa hobimu?” Dengan cepat sang murid manjawab, “Nama saya Akil, hobi saya melihat pelangi di sungai.” Sang guru mengajukan pertanyaan lagi, “Kok hobi kamu sama dengan Novanto?” Akil pun menjawab, “Iya pak, hobi kami sama. Kami bersahabat.”

Guru baru itu melanjutkan sesi perkenalannya, “Ayo kamu, yang tinggi kurus, siapa namamu dan apa hobimu?” Murid yang baru ditanya itu menjawab, “Nama saya Rio, pak. Hobi saya melihat pelangi di sungai.”

Guru baru itupun akhirnya berkata, “Mengapa murid laki-laki di sekolah ini kok tidak kreatif. Hobinya sama melihat pelangi di sungai. Apakah kalian tidak pernah mendapat pelajaran kreativitas?” Serentak murid di sekolah iti menjawab, “Belum pernah, pak.”

Sang guru merasa tertantang dan berkata, “Oke, selama saya ngajar di sini, saya akan mengajarkan kreativitas kepada kalian. Sekarang saya lanjutkan dulu pekenalan saya. Ayo, kamu perempuan yang duduk di pojok itu, siapa namamu dan apa hobimu?”

Dengan tersipu agak malu wanita itu menjawab, “Pak guru, nama saya Pelangi. Hobi saya mandi di sungai.”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

9 thoughts on “Waspada dengan Hobi Anak”

  1. imam says:

    Ini sekolahnya dimana ya? Jangan-jangan anak2 ini satu kampung sama Jaka Tarub 😛

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehe…

  2. om bach says:

    guling guling…. dek pelangi

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehehehe. Cukup

  3. bara says:

    Jangan jangan nanti gurunya jadi ikut hobi muridnya kek .. ehehe..
    Tulisannya menghibur kek …

    1. Jamil Azzaini says:

      Hayo jangan ikut-ikutan 🙂

  4. Isty Br says:

    Wah wah, bener emang kita sgb guru hrs lebih waspada !
    membaca artikel ini selain terinspirasi juga ngakakkkss 😀 😀 😀

    1. Jamil Azzaini says:

      Jangan ditiru ya

  5. Rimba Permana says:

    He… Ngakak kek

Leave a Reply

Your email address will not be published.