Wajib Gagal

Ada yang konsultasi kepada saya, “Pak, saya ingin menjadi entrepreneur tetapi saya tidak siap menghadapi kegagalan. Bagaimana pak?” Rupanya, banyak orang mengira kegagalan itu sebuah aib sehingga harus dihindari, padahal kegagalan adalah bagian dari proses menuju keberhasilan. Siapapun yang ingin sukses harus pernah gagal.

Merujuk pada hasil riset Lisa Amos, profesor bidang bisnis dari Tulane University, rata-rata entrepreneur membuat 3.8 kegagalan sebelum akhirnya berhasil dalam usahanya. Mereka tidak menganggap itu adalah kegagalan dan kemunduran. Mereka menyadari bahwa tiga langkah maju dan dua langkah mundur itu menghasilkan satu langkah maju.

Saatnya orang-orang yang takut dengan kegagalan mengubah persepsinya terhadap kegagalan. Ketahuilah bahwa kegagalan itu manusiawi dan tidak dapat dihindarkan. Jika Anda manusia, Anda pasti akan membuat kekeliruan-kekeliruan yang identik dengan kegagalan.

Persepsi bahwa kegagalan adalah musuh harus dibuang jauh-jauh dari pikiran dan hati Anda. Sesungguhnya dibutuhkan kegagalan untuk menciptakan kesuksesan. Bahkan para ahli menyakini bahwa, “Orang yang tidak pernah membuat kekeliruan akan dikendalikan atau diperintah oleh orang yang pernah membuat kekeliruan.” Amatilah orang-orang yang sukses tidak melihat kekeliruan dan kegagalan sebagai musuh.

Persepsi bahwa kegagalan itu memalukan juga harus Anda buang. Kegagalan bukanlah sesuatu yang permanen. Ia adalah salah satu proses atau langkah yang harus Anda lalui untuk menuju kesuksesan hidup.

Saya tidak pernah malu walaupun orang-orang tahu saya dulu pernah bangkrut dalam bisnis. Saya juga pernah tidak naik kelas saat SD. Saya juga pernah ditolak tiga kali saat “melamar” wanita untuk menjadi pendamping hidup saya. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) saya waktu lulus S-1 dari IPB juga tidak terlalu membanggakan, pas-pasan alias dua koma alhamdulillah.

Karena kegagalan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan, maka bila Anda ingin sukses Anda wajib gagal. Mengapa? Karena jika kegagalan tidak pernah Anda alami maka Anda tidak akan pernah merasakan kesuksesan. Tugas kita melakukan yang terbaik, bila ternyata gagal atau berhasil nikmati saja. Kegagalan sama baiknya dengan kesuksesan dalam proses kehidupan yang kita jalani.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

27 thoughts on “Wajib Gagal”

  1. Anggit Setyaningsih says:

    Siip!? Tak akan prnah takut malu krn gagal. Justru kegagalan trkadang membuat kita melompat jauh lbh sukses 🙂

  2. sendy says:

    Setuju Mbah jamil, Gagal Bukan Berarti Kiamat….!!! Dengan Kegagalan Kita jadi Lebih Kuat dan Bersemangat Untuk Menjadi Sukses Mulia…..

  3. erickazof says:

    Saya siap untuk memajukan diri 😀 tks kek u/ nasihatnya..

  4. Saafia says:

    Setuju Pak,, saya juga mau menciptakan kegagalan.. kl kata Pak Heppy Trenggono, PAk Chairul Tanjung dkk, di pesta wirausaha kmarin, jatuhkan diri, ciptakan kegagalan. ^__^

    mantabs Pak..

  5. Fuad Muftie says:

    Alhamdulillah sudah pernah gagal. jadi siap-siap melanjutkan ke perjalanan sukses berikutnya 🙂

  6. dokter_vivi says:

    Bacaan yang membuat pd dan semangat,tks kek spiritnya:)

  7. Prabowo Zld says:

    Setuju Kek, Kesuksesan adalah Gagal yang tertunda

  8. shinta says:

    Artikel yang menarik sekaligus mencerahkan.

    Saya tidak takut gagal sekaligus tidak takut sukses :))

    Terima kasih pak.

  9. fahryl says:

    MantaAaabb,,, sangat setuju sekali (S3)..
    Kegagalan menempa pribadi n membentuk karakter seseorang…

  10. nuril says:

    waaahh kereenn ^.^ makasiiyy kakek

  11. “Siap Sukses, Siap Gagal”
    Thanks Pak.

  12. alhamdulillah saya sdh mngalami indahnya kegagalan tsb. smoga kedepannya kesuksesanlah yg akan menjemput saya 🙂
    thx bwt om jamil ats siraman2 rohaninya 🙂

  13. Wah sama pak, untuk yg bagian IPK wkwkwk..tp alhamdulillah sy sekarng pekerjaannya bagus sekali (mnrt saya :p) di suatu pma. Tapi tetep bercita-cita jadi pengusaha..mohon didoakan, aminn.

  14. mtaufiq says:

    Setuju sekali mbah…
    gagal sudah biasa….

  15. Ano says:

    nikmatilah prosesnya 🙂
    Salam Sukses Mulia tuk semua

  16. Karena Gagal Kita BELAJAr, Karena Gagal Membuat Kita semakin KUAT…Luar Biasa Inspirasi gagal hari ini. Sukses Mulia 🙂

  17. hal yang sudah biasa dibicarakan,.. tapi kalau Bapak tambahkan dengan pengalaman bapak jadi menginspirasi.. tepat menulis..

  18. Faisol says:

    Sangat inspiratif sekali, insya Allah semakin memantapkan untuk melangkah. Terima kasih kek,

  19. Baby Wrap says:

    Tidak ada kata gagal, yang ada adalah sukses atau belajar #TDW mode on

  20. dwinur77 says:

    SEEP PAK……. semangat lagi

  21. Cahya Dewi says:

    kata orang nilai seseorang tergantung bagaimana dia menyikapi proses ya Pak, gagal itu bagian dari proses, jadi kita nikmati saja ya kan, sebagaimana air mengalir ada saat ia harus terantuk batu, ada saatnya ia membelok, tapi percaya aliran ini akan sampai pada muaranya, begitu ya Pak?

  22. GAGAl adalah resep manjur untuk MAJU..salut to kakek…

  23. febrinazuka says:

    N + 1 = kesuksesan,
    N = usaha yang gagal
    1 = bangkit dan mencoba lagi

  24. Ardha says:

    Aiihh… Sedap Pak Jamil artikel yg Ini… ijin share ahh…

  25. eko marwanto says:

    Pakde IPK ku saat ini cuma 2,79 dan dah lagi skripsi soale udah smester rolas…

    panas kupingku kalo pada ngomonign IPK yang diatas 3,.. yo, tp aq bersyukur memiliki banyak pengalaman di dunia yg kutekuni di banding mereka yang memiliki IPK tinggi dan selalu berharap memperoleh pekerjaan yang enak

  26. falasik says:

    7 kali gagal 8 kali bangkit kek! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.