Ubahlah

ubahlah.jpg

Saya pernah menjalani kehidupan yang bila bertemu dengan orang sebagian dari mereka berkomentar, “Kelihatannya lelah banget, mas.” Atau ada pula yang berkomentar, “Mukanya terlihat cuapek, mas.” Saya yang tidak merasa lelah dan capek bertanya-tanya, “Ada apa dengan wajahku?”

Akhirnya saya konsultasi ke berbagai pihak. Dari hasil konsultasi itu, saya mulai mengubah beberapa hal.

Saya tinggalkan menonton atau membaca berita di pagi hari, karena memang isinya kebanyakan negatif. Kebiasaan itu saya ubah dengan membaca kitab suci, menulis artikel untuk website ini, bercengkerama dengan keluarga atau olah raga ringan di sekitar rumah.

Dulu saya senang ikut menyebarkan gosip atau komentar negatif. Ternyata itu tak menambah kebaikan apapun. Kini, kebiasaan itu saya tinggalkan. Walau ada saudara atau sahabat yang meminta untuk menyebarkannya saya tetap enggan melakukannya. Boleh jadi informasi itu memang asyik dibicarakan, seru untuk bahan obrolan tetapi itu menambah sampah informasi di dalam pikiran dan hati manusia. Merugikan.

Kini, walau pekerjaan dan aktivitas saya bertambah, bila bertemu dengan sahabat atau saudara, sebagian besar dari mereka berkomentar, “Mas, tambah muda saja. Apa rahasianya?” Atau, ada juga yang berkomentar, “Seger terus, mas. Jamunya apa?”

Mengubah hal-hal kecil bisa mengubah banyak hal. Apalagi bila yang diubah, ditinggalkan atau dicampakkan itu sesuatu yang tidak memberi manfaat sama sekali bagi pengembangan diri kita. Hidup ini singkat, terlalu rugi bila kita menyediakan waktu untuk hal-hal yang sia-sia.

Boleh tahu, hal kecil apa yang akan Anda tinggalkan mulai sekarang? Lalu kebaikan kecil apa yang hendak ada mulai kerjakan? Rasakan bedanya beberapa hari kedepan. Cobalah!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di FB

Bagikan:

11 thoughts on “Ubahlah”

  1. salim ahmad says:

    Alhamdulillah, dapat pencerahan dipagi hari….

  2. nindia maya says:

    Terimakasih Pak Jamil, sarapan bergizinya di pagi hari… Mencerahkan sekali :).
    Saat ini lagi ingin mengubah kebiasaan mengeluh hihihi… dan kebiasaan baik yg sedang di mulai dan ingin di teruskan adalah saat bangun pagi, dan pertama kali buka mata langsung bersyukur sama Allah karena sudah memberi hari baru… semoga bisa terus istiqomah, seperti Pak Jamil 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      KerON

  3. ali samsudin says:

    siap kek

  4. EventJogja.Com says:

    tipsnya sangat bagus om, harus diubah ya kebiasaannya, saya juga makin jarang nonton berita tv pagi hari, sedih klo liat berita negatif

    1. Jamil Azzaini says:

      Nah ini baru keponakanku, hehehehe

  5. Citra says:

    Sy sedang berusaha mengusahakan bangun jam3 setiap hari agar sempat olah raga dulu..
    Walaupun baru 3 hari, hasilnya luar biasa ke badan maupun mood.. ^_^

    1. Jamil Azzaini says:

      Pertahankan….

  6. @DinarApriyanto says:

    Memang ketemu babe selalu jadi tambah semangat kok!! Barokalloh beh! Kangen

    1. Jamil Azzaini says:

      Wah jadi bang thoyib sekarang ya 🙂

  7. @bacaanpengusaha says:

    selalu sukaaa deh baca tulisan2 di blognya kakek jamil azzaini … doain @bacaanpengusaha nanti juga bisa konsisten nulis kaya gini

Leave a Reply

Your email address will not be published.