Ubah Persepsi Anda

Share this
  • 69
  •  
  •  
  •  
  •  
    69
    Shares

Ternyata, untuk membuat sesuatu menjadi positif atau negatif sangatlah mudah. Salah satunya dengan mengubah persepsi kita. Mengubah persepsi bisa mengubah emosi. Apabila emosinya keliru, tindakannya keliru. Dan, tentu Anda tahu, bila tindakannya keliru hasilnya juga keliru. Dampak bila tindakan kita banyak yang keliru maka hidup kita boleh jadi keliru.

Saat saya sampaikan hal ini kepada sahabat saya yang sedang marah kepada pasangan hidupnya, ia awalnya berkomentar singkat “lebay”. Benarkah lebay? Mari kita buat perbandingan dari satu kejadian sederhana.

Saat Anda sedang tugas ke luar kota, Anda sedang sangat lelah dan sangat rindu kepada pasangan hidup Anda. Untuk melepaskan kepenatan itu, Anda meneleponnya tetapi ternyata tidak diangkat. Anda telepon lagi berulang-ulang dan tidak pernah diangkat.

Orang pertama punya persepsi, “Pasangan hidupku sibuk gak jelas, sampai ngangkat telepon dariku saja gak sempat. Dia kurang perhatian denganku. Dia lebih memprioritaskan yang lain. Jangan-jangan dia lagi ngobrol dengan laki-laki lain. Oh, ternyata laki-laki lain lebih penting dariku.”

Orang kedua punya persepsi, “Pasangan hidupku pasti sedang melakukan sesuatu yang sangat penting, makanya teleponnya di-silent. Dia memang orang hebat. Saya bersyukur punya pasangan hidup yang selalu bersemangat dan selalu melakukan hal-hal positif. Semoga urusannya lancar dan sukses sehingga bisa segera telepon balik ke saya. Ya Allah, jaga dia selalu dalam lindungan-Mu.”

Kira-kira, apa yang terjadi pada orang pertama? Apa yang kemudian akan dilakukan? Bagaimana kira-kira kehidupan rumah tangganya? Karena diawali dari persepsi negatif, menjadikan emosinya negatif, tindakannya pun negatif. Dan bisa dipastikan apabila hal semacam ini sering berulang, kehidupan rumah tangganya berpeluang besar berantakan.

Baca Juga  Self Reminder

Sementara apa yang terjadi pada orang kedua? Karena diawali dari persepsi positif, menjadikan emosinya positif, tindakannya positif dan saya yakin kehidupan rumah tangganya pun lebih harmonis dibandingkan orang yang pertama.

Kita adalah manusia biasa, godaan setan pasti selalu ada. Maka saat kita punya persepsi negatif tentang sesuatu hal yang sedang terjadi segera ubah persepsi Anda dengan sesuatu yang positif. Dengan cara ini, emosi Anda lebih banyak atau lebih sering positif. Tindakan Anda juga positif, menghasilkan sesuatu yang positif. Dan, yakinlah, hidup Anda akan semakin positif. Cobalah…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook


Share this
  • 69
  •  
  •  
  •  
  •  
    69
    Shares

24 comments On Ubah Persepsi Anda

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer