Turun Tangan

turuntangan.jpg

Awal tahun ini kita dikejutkan dengan kenaikan harga LPG yang fantastis. Begitu kebijakan ini menuai banyak protes, para pemimpin negara ada yang angkat tangan, lepas tangan dan cuci tangan. Selain itu, banyak juga politisi yang memanfaatkan kebijakan ini untuk carmuk (meminjam istilah pak @saididu).

Kita perlu membudayakan kebiasaan untuk turun tangan dibandingkan lepas tangan, cuci tangan atau angkat tangan. Turun tangan lebih fokus pada solusi bukan mencari alasan untuk pembenaran. Turun tangan lebih fokus pada aksi dan kontribusi yang bisa kita lakukan.

Turun tangan bisa dilakukan oleh siapapun. Termasuk oleh kita, rakyat biasa. Banyak hal sederhana dan mudah bisa kita lakukan untuk turun tanggan. Misalnya, menggunakan produk-produk dalam negeri hasil karya anak bangsa, menghidupkan kepedulian di tengah-tengah masyarakat, memberikan solusi atas berbagai problem yang ada dan lain sebaginya.

Pak Anies Baswedan yang mempopulerkan istilah turun tangan sudah memberikan contoh dengan program Indonesia Mengajar. Dalam skala yang lebih kecil saya juga mendirikan sekolah di desa tertinggal dan melahirkan entrepreneur dari kalangan orang yang tidak mampu melalui pesantren wirausaha.

Anak-anak muda kini banyak yang turun tangan dengan serius. Beberapa diantaranya saya kenal baik. Jaya Setiabudi turun tangan melahirkan banyak entrepreneur muda. Ali Akbar melahirkan banyak optimizer untuk memajukan ekonomi masyarakat. Saptuari dengan sedekah rombongannya dan mas Mono melalui makelar sedekah.

Fahira idris turun tangan dengan gerakan anti miras (minuman keras). Ada pula anak muda yang sedang mencari jodoh, Brili Agung, turun tangan dengan rumah inspirasinya. Tentunya masih sangat banyak anak-anak muda lainnya yang sibuk turun tangan.

Di tahun 2014 ini pun saya semakin serius turun tangan untuk melahirkan trainer-trainer yang berkarakter melalui akademi trainer. Sementara melalui komunitas SuksesMulia, saya dan teman-teman akan turun tangan untuk menemukan dan mengoptimalkan “genius lokal” yang banyak tersebar di seluruh penjuru nusantara. Doakan, ya…

Mari kita berlomba turun tangan. Kuatkanlah tangan kita dengan keringat dan banyak kebaikan yang kita lakukan. Mau, kan?

Nah, kira-kira bentuk turun tangan seperti apa yang akan Anda lakukan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

69 thoughts on “Turun Tangan”

  1. Mas Wantik says:

    Walau baru dlm skala kecil, sy mulai dg minjamin uang tanpa bunga ke warga yg membutuhkan pertolongan Kek. Ini utk “melawan” para rentenir yg byk beroperasi di masyarakat, alhamdulillah lancar. Skrg mau merintis rumah tahfid Qur’an dlm waktu dekat ini

    Mohon doanya yaa

    1. Dipeluk dari jauh, salut mas

    2. syarah khaerunnisa says:

      mas wantik kereeeeen. subhanalloh.. semoga lancar mas. aamiin..

      1. Mas Wantik says:

        Walah blm ada apa2nya mbak…bbrp ada yg ndak kembali, tapi ganti dr ALLAH jauh lbh besar koq

        1. Subhanallah mas wantik…semoga Allah merahmati dan memberi balasan berupa kehidupan yg penuh dgn keberkahan pada keluarga mas wantik…

          1. Subhanallah….super kerON itu mas wantik….

            semoga Allah membalaz dgn rizqy yg berlimpah dan berkah….aamiin…

    3. adi hidayat says:

      Semoga Allah menunjuk mas Wantik sebagai kasirNya

    4. Iya mantap banget mas Wantik, Pokoknya T.O.P markotop dech.

  2. Mari kita turun tangan dan berkarya untuk Indonesia ๐Ÿ™‚

  3. syarah khaerunnisa says:

    aksi turun tangan saya masih ikut di bawah pak anies baswedan kek. ikut aktif di #IndonesiaMenyala, program untuk menghidupkan kembali perpustakaan di sekolah-sekolah,khususnya SD yang masih kurang fasilitas perpustakaannya. saya aktif di SD PIsangan Baru 13, Jatinegara. tanggal 18 januari nanti kami mau grand opening perpustakaannya kek, doakan lancar dan saya bisa menginspirasi adik-adik agar mereka mencintai buku, bisa melihat cakrawala dunia lewat buku. jadi nanti mereka bs mengisi waktu luang dengan membaca buku, daripada nongkrong2 atau nonton acara TV yg ga jelas. demi Indonesia yang lebih teraaaaang! aamiin.. oiya, kalo kakek mau berkontribusi di perpustakaan kami boleh looh, mengingat buku2 yang diberi dari pemerintah udah jadul banget dan “kuno” yg menurunkan minat baca adik2. huhuhu..

    1. KerON, memang untuk turun tangan tak harus membuat program sendiri tapi bisa juga ikut program yang dibuat oleh orang hebat seperti pak Anies Baswedan. Maju terus mbak

      1. Mas Wantik says:

        Wah, lha ini yg lbh kerON…insya Allah bsk Sabtu main ke SD sy dl ah, mau nengok perpustakaannya dan berbuat sesuatu..mksh remindnya yaa

    2. Top mba syarah….kita memang harus kembali ke sekolah. Agak memprihatinkan kondisi perpustakaan sekolah2 negeri yg tidak terkelola dgn baik. Upaya utk meningkatkan minat baca siswa juga jadi terkendala. Terlebih setelah sekolah gratis…tak ada anggaran untuk buku baru dan celakanya tidak ada program inovasi utk pengadaan buku2 baru. Pasokan dari pemerintah malahan tidak tepat sasaran. Sekolah smk diberikan buku2 baru mahal berupa ensiklopedi dll.

      Sukses untuk programnya ya.
      Insya Allah barokah.

      1. syarah khaerunnisa says:

        iya betul. pdhl mereka aset bangsa masa depan, kalo masih kecil udah disuguhin yang “engga-engga” mau jadi apa bangsa ini ke depannya. huhuhu..

  4. Abinya Mufid Taqiyuddin says:

    Alhamdulillah kek, ikut diminta terlibat “Turun Tangan” membantu temen” yang belum membaca Al Qur`an ditempat kerja, mohon doanya kek semoga istiqomah.

  5. syarifudin says:

    Negeri ini kerON ya kek,
    Pemeintah nya bs menurunkan harga yg sdh naik, dalam kurun waktu 1 x 24 jam … (Copas dr Om @BobSadino)
    Huffttthh ..

    Mudah2an semakin banyak yg bs berprestasi dg turun tangan kek, utk melawan org2 yg suka #carmuk atau pencitraan dg memanfaatkan situasi & kondisi tertentu …

    1. Tak perlu sibuk menuntut orang turun tangan, yok kita mulai dari kita kemudian baru ajak orang lain turun tangan

      1. syarifudin says:

        Iya kek,
        Matur nuwon sdh diingatkan kembali ..
        Jazakallahu ..

  6. Teman2 komunitas suksesmulia di Bandung juga sudah turun tangan dengan melakukan inovasi sekolah suksesmulia yang digagas dalam 10 pertemuan.

    Semoga daerah2 lainnya juga bisa berkarya yang tak kalah hebatnya. Memberikan sesuatu walaupun kecil utk negeri ini. Ditunggu gebrakan program menemukan dan mengoptimalkan genius lokal kek. Karena teman2 KSM di daerah juga tak sabar lagi ingin bergerak mengikuti irama yg sdh dicanangkan oleh pusat.

    Salam suksesmulia

    1. syarah khaerunnisa says:

      kang andy teh ti bandung? semakin banyak org kerOn di bandung bikin sy pengen tinggal di bandung terus jadinya. hehehe..

      1. hehehe…nggak mba Syarah, saya tinggal di Tebet, Jakarta Selatan.
        Kebetulan saja hari Jumat kemarin ikutan hadir di Komunitas SuksesMulia Bandung bersama sahabat2 yang lainnya. Ikut jadi saksi di pembukan perdana Sekolah SuksesMulia Bandung.

    2. Insya Allah kita rakernas di bulan februari ya

      1. Iya kek, tadi mas Imad baru saja info tanggal untuk rakernas KSM, semoga makin jossh percepatan menuju negeri suksesmulia.

        1. Denni Candra says:

          Mantap, setelah WBT lanjut rakernas SuksesMulia … ๐Ÿ™‚
          Insya Allah, semoga bisa menhadiri kedua event tersebut. Amiin

  7. ali samsudin says:

    wah kerON-kerON ya saudara2ku, sudah banyak turun tangan untuk sesama, jadi iri, banyak rencana untuk turun tangan dan belum diijinkan oleh Allah, masih nebeng ikut pemberdayaan ekonomi dan dakwah ekonomi syariah lewat BMT kek, semoga progresnya diridloi Allah.

    1. BMT mana mas. Tahun 1994-2006 saya aktif melahirkan dan membina BMT. Senang karena sekarang aset BMT-BMT yang saya ikut melahirkan asetnya semuannya sudah trilyunan. Rupiah

      1. ali samsudin says:

        di sragen kek, BMT HIRA, kapan ya kira2 kek Jamil kerso pinarak sragen, memberi inspirasi temen2 BMT di Sragen

        1. Nunggu undangan sekalian nengok ayam geprek ๐Ÿ™‚

          1. ali samsudin says:

            he he, ya kek saya undang lewat sini, selanjutnya belum tahu cara ngundangnya yang bener dan manjur, gimana ya mantranya?

  8. Alhamdulillah saya punya program bersama beberapa kawan dalam memberikan motivasi khusus anak yatim. Bahagianya melihat mereka tersenyum dan kembali semangat setelah mendapat suntikan motivasi itu.

    Doakan agar acaranya terus lancar dan semakin berkembang Kek.. ๐Ÿ™‚

    Salam Sukses Mulia

    1. Tanganmu akan semakin lembut dan dicintai Rosul. Maju terus mas

  9. basith says:

    Kata turun tangan aja bisa jd tulisan menarik nyentil dan inspiratif jk ditangan yai jamil, dan dlm contoh individu 2 muda inspirasi perubahan yg disebut diatas memang manusia hebat, dan patut saya contoh smangat mrk, dan energi mrk,

    1. Ayo sebarkan di Malang, mojokerto dan sekitarnya ๐Ÿ™‚

  10. yuti says:

    Turun tangan max mendidik 4 anak (plus seluruh teman2nya), that’s what mom are for. Pengen banget ikutan akademi trainer, kek. Saya memulai sedikit2 mengisi seminar parenting maupun pembinaan motivasi untuk anak2 SD/SMP/SMA….masih harus belajaaaaarr, beginilah cara saya ‘turun tangan’, IKUT BERKONTRIBUSI DALAM MENDIDIK GENERASI RABBANI.

    1. Salam buat anak-anaknya, dari kakek ganteng ๐Ÿ™‚

      1. Mas wantik says:

        Mana ada kakek koq ganteng? maksa.com haha

      2. yuti says:

        hahaha,,,siap Kek, salam dari Kakek Ganteng untuk Cucu ganteng ya Kek

    2. KerON…semoga kontribusi yang mba Yuti lakukan selalu mendapat kemudahan dari Allah.

      1. yuti says:

        aamiin…suwun doanya..

  11. umar wirahadi says:

    Yaa ALLAH berkahilah kegiatan para saudara kami ini, agar tiada halangan dan di mudah Oleh mu Yaa rabb,

    1. Aamin YRA. Mari salinng mendoakan

    2. ฮ›ฮฌmฮฮฯ€ Yฮฌยชยช ล”รตรŸรŸวปl ฤ„lฮฌmฮฮฯ€ | ๐Ÿ™‚

  12. Ahmad Indra Gunawan says:

    Nama Rumah Inspirasi disebut… Senang karena bisa bergabung di Rumi… Terimakasih mas Brili yang sudah memberi kesempatan…

  13. dalam hati pengen seklai turun tangan untuk menyumbangkan buku baru yang setelah saya baca untuk sekolah saya dulu. pengen sekali mengajak teman-teman sekitar untuk melakukan hal yang sama. . .

    1. Yuk mas…saya juga kepikiran hal yang sama. Mau coba lihat sekolah SD dan kontak teman2 untuk sumbangkan apa yang mereka bisa sumbangkan. Tak akan mampu pastinya membalas jasa bapak ibu guru, tapi setidaknya ada sedikit yang bisa kita lakukan.

      1. iya ayo kita lakukan di lingkungan kita sambil pelan-pelan mengajak keluarga, temen kita..
        sebenarnya terbersit bikin program “Berbagi Buku” tp masih kurang pede bang…

  14. Subhanallah kerON2 program tmn disini….

    insyaAllah manda juga akan buat program gratis u adik2 muslimah agar mereka terbebas dari jerat sexbebas….dan program itu gratis tis tis….
    mohon doanya n sapapun yg puny visi misi sm dengan manda mhn hub manda ya qt gerak bersama…tp program ini gratis loh jd gada duitnya….
    ada juga workshop berbayar u meningkatkan keahlian para remaja dan yg menjelang dewasa….

    tp khusus u da’wah setiap saat gratis tis tis tis tis tis tis…..manda siapkan diri turun tangan menjadi pemateri da’wah gratis u acara2 seminar muslimah ataupun u ibu2….bahkan u di daerah2 yg ekonomi rendah manda pny materi workshop gratis u meningkatkat kinerja wanita di daerah agar menjadi wanita2 mandiri secara finansial tanpa harus keluarrumah u bekerja…

    mohon doanya grandpa…

    salam SuksesMulia

    1. Dakwahnya berkah dunia akherat, Insha Allah.
      Maju terus untuk dakwahnya, suksesmulia banget itu.

      1. jazakallah khairan mas andy….
        supportnya membuat mandai tambah semangat untuk “TURUN TANGAN”

        ini manda ksh hasil survey KPAI periode maret 2012 bahwa sebanyak 97% remaja pernah nonton video porno
        dan 93,7% pernah melakukan hub intim dan oral sex….

        melihat fenomena seperti ini masihkah qt bs makan enak dirumah masing2 sdgkan adik2 muslimah qt yg notabene adalah calon2 ibu masa depan sdg terseret begitu jauh oleh arus free sex yg melanda remaja dari kota k desa dari kaya dan miskin….

        setelah makan enak qt pun bahkan hanya sibuk menyalahkan ini dan itu…qt salahkan orgtua merekalah gurulah dll…
        qt sendiri sdh berbuat apa ? kepakan kecil apakah yg sdh qt lakukan ? astaghfirullah
        yaa Robb mohon bantu kami melaksanakan misi mulia ini…

  15. marsuhailis says:

    mantab

  16. Insya Allah, saya akan turun tangan dengan ikut berpartisipasi membantu banyak orang untuk menemukan jalan meraih kehidupan terbaiknya, berpartisipasi di Gerakan Nasional Anti Miras untuk menjadikan masyarakat sadar bahaya miras khususnya kepada anak dan remaja yang berusia di bawah 21 tahun sehingga terwujudnya gaya hidup sehat tanpa miras, Pak.. ๐Ÿ™‚

    Ingin ngobrol dengan saya? Follow: @kubiktraining_ @KubikCoaching @smtn_ @klubsuksesmulia

    Ihiiiyyy… ๐Ÿ™‚

    1. Salam buat uni fahira idris ya, termasuk pejuang gerakan anti miras

      1. Baik, Pak..
        Terima kasih ya, Pak.. ๐Ÿ™‚

  17. Ratna Putrii Anwar says:

    Assalamalaikum. Berbicara turun tangan memang menarik. Alhamdulillah saya ikut turun tangan di gerakan sedekah Gerakan Seribu Sehari Indonesia. Walaupun saat ini masih tarap lokal.palembang. Inshaa Allah dengan kerja keras dan ikhlas. Akan bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.
    Saya juga ikut menjadi relawan di hospital schooling di #kpkapk (komunitas peduli kanker anak dan penyakit kronis lain) di RSUD PALEMBANG. Semoga apa yg saya dan teman2 lakukan bisa bermanfaat buat semua. Doakan kek ๐Ÿ™‚

    1. Teruslah turun tangan, tak peduli lokal atau nasional. Saya ikut bangga dengan Anda

      1. Ratna Putrii Anwar says:

        Terima kasih kek. Trus lah menginspirasi para kaum muda ๐Ÿ™‚

        1. Febi says:

          Hi, Ratna. Kamu dari Komunitas Peduli Kanker Anak dan Penyakit Kronis ya? Boleh minta kontakmu atau salah satu pengurusnya? Kebetulan saya dari media dan tertarik untuk meliput komunitas ini. Terima kasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

  18. Lutfi Maulida says:

    Minta do’a nya kek, lagi proses memajukan produk dalam negri, agar meminimalisir pengangguran di negri ini. Do’akan kami kek hehe

    1. Langsung kirim doa

  19. Didit Widiana says:

    Saya jadi pengurus masjid mas Jamil, dapat amanah mengelola TKA/TPA di Pasar Minggu. Uang SPP beragam sesuai kemampuan, bahkan gratis untuk dhuafa. Doakan ya Mas, muridnya bisa terus nambah.

    1. Oke mas, didoakan. Al fatihah

  20. Pak Anies Baswedan juga punya program dg nama Turun tangan ini, namun mkn lebih ke konvensi Presiden yg sepertinya berbeda dg Indonesia Mengajar hingga Kelas Inspirasi yg digalakkannya.

    Salam Turun Tangan!

  21. Bang Tono says:

    Sebagai TKI, Alhamdulilah sy jg turun tangan dengan membuat ini http://tki-belajar-berkarya.blogspot.com/ . miris melihat TKI yg minim informasi yg ahirnya menjadi sapi perah oleh segelintir oknum. sehingga sy menggandeng orang2 yg ahli di bidangnya utk menjadi kontributor/ nara sumber dalam memberikan informasi, edukasi dan pengetahuan. semag langkah kecil ini bermanfaat utk teman2 yang lain. mohon Do’anya…

    1. Wah kerON mas. In sha Allah 14-22 januari saya umroh, kita ketemuan ya ๐Ÿ™‚

  22. dokterpreneur says:

    Meskipun saya dokter bukan latar belakang pertanian saya berusaha turun tangan utk membantu menggalakan pertanian ramah lingkungan,padi organik dg sistem intensifikasi serta distribusi padi organik di kampung saya,agar mereka semangat menanam padi organik,jika diatribusi bisa terbantu,kesejahteraan petani jg terbantu,karena tdk usah memikirkan beli pupuk urea,racun tikus dsb,meningkatkan produksi dg intensifikasi pertanian,menyuburkan alam kembali.serta meminimalkn impor beras,ironis indonesia ini lumbung padi tapi msh aja impor beras.

  23. Syaikhuddin says:

    Subhaanalloh.. Luar biasa!! Sngt menginspirasi.
    Saya saat ini konsen membina guru2 Al-Qur’an di wilayah Bogor. Dengan metode Tilawati. Alhamdulillah sdh hampir seribu guru Al-Qur’an yg sdh kami bina sejak awal 2012, hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas membaca dan mngajar Al-Qur’an. Yang brngkali kalo kita lihat, guru2 Al-Qur’an di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dipandang profesi yg tdk menarik. Bhkan cenderung disepelekan. Padahal keberadaanya, in sya Allah, mampu mnjadikan generasi anak bangsa bermartabat dan bertaqwa pada Allah swt.

    Mohon doanya kek, amaliyah kecil ini bagian dr “turun tangan” kami dan dicatat sbgai amal ibadah. Aamiin…

  24. Akbar Prima says:

    Sedang cari relasi relawan turun tangan Yogyakarta utk mendidik dan belajar teoritis dan praktis ttg kecerdasan anak utk menyambung wacana bisa follow @MotivAkbar

  25. Luthfi Putra Fahmi says:

    semoga berkah semuanya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.