Tujuh Belas

Angka 17 adalah angka istimewa buat anakku. Karena di usia 17 dia sudah boleh membuat KTP dan SIM. Di usia itu pula anakku sudah memiliki tanggungjawab atas dirinya sendiri. Dia mengambil keputusan secara mandiri dan hubungan kami lebih layak disebut sebagai sahabat bukan lagi seperti bapak dan anak.

Bulan ini, tanggal 17 juga istimewa bagi  bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Selain diperingati sebagai hari kemerdekaan, hari ini bertepatan dengan 17 Ramadhan, tanggal saat Al-Qur’an diturunkan (Nuzulul Qur’an).

Sebagai Kitab Suci, Al-Qur’an sudah seharusnya menjadi panduan kehidupan yang dibaca dan diamalkan isinya. Sayangnya kebanyakan dari kita pada saat ini lebih sering menjadikannya sebagai mas kawin. Kalaupun dibaca hanya pada saat ada orang meninggal.

Dalam kehidupan bernegara, Kitab Suci digunakan untuk mengambil sumpah seseorang sebelum menduduki jabatan tertentu. Namun setelah itu Kitab Suci jauh dari aktivitas sehari-hari. Kitab Suci baru dibaca kembali ketika si pejabat menjadi terpidana. Seolah-olah sebagai terpidana ia ingin menunjukkan, “Saya orang alim lho, tak pantas jadi terpidana.” Menyedihkan. Duh!

Sudah saatnya kita membawa nilai-nilai kitab suci dalam aktivitas sehari-hari agar apapun yang kita lakukan bisa dipertanggungjawabkan, bukan hanya dihadapan manusia tetapi juga di hadapan Sang Pencipta. Makin maraknya koruptor dan “tikus-tikus” berdasi yang merusak negeri ini boleh jadi merupakan akibat dari makin jauhnya Kitab Suci dari aktivitas sehari-hari. Dan, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini yang bertepatan dengan peringatan Nuzulul Qur’an mungkin merupakan cara Allah mengingatkan kembali bangsa ini akan pentingnya membaca dan mengamalkan nilai-nilai Kitab Suci.

Hidup bukan cuma di dunia, kehidupan yang abadi justru setelah alam dunia ini. Kita tak bisa menikmati kehidupan yang abadi dengan nikmat bila saat hidup kita mencampakkan Kitab Suci yang diturunkan-Nya. Mari kita mulai menata negeri ini dengan membawa nilai-nilai yang ada di dalam Kitab Suci ke dalam aktivitas sehari-hari. Semoga dengan cara ini kita menjadi bangsa yang bermartabat di hadapan umat manusia dan dicintai semua penduduk langit. Dirgahayu negeriku! Allahu Akbar!Allahu Akbar! Allahu Akbar! Merdeka!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

13 thoughts on “Tujuh Belas”

  1. IMAM says:

    MERDEKAAAA!!

  2. Bener banget Kek,,,
    MERDEKAAAA !

  3. Jamil says:

    Merdeka bung, salam SuksesMulia

  4. Ano says:

    Merdeka!
    Aamiin.

  5. Widar says:

    Peringatan hari kemerdekaan saat ini, seperti mengulang peristiwa di tahun 45. dimana harinya jatuh di bulan ramadhan. Semoga dgn demikian dpt menyadarkan seluruh bangsa indonesia akan cita2 awal dan mimpi dari orang2 yg telah memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

  6. Anggit Setyaningsih says:

    ALLAHU AKBAR!! MERDEKA!!
    Smg kita peka thd tanda2 Allah ini 🙂

  7. didi says:

    MERDEKA..!!!

  8. mumun says:

    merdeka..

  9. Untara says:

    IQRA – semoga kita semua bisa kembali membaca (belajar) dengan benar. Selama ini mungkin kita lupa cara membaca yang benar sehingga tak heran keadaan negeri dan juga diri ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

    “Iqra Bismirabbika ..” Mengembalikan IQRA ke essensi sebenarnya – membaca, belajar dan menjalani hidup dengan menyandarkannya kepada TUHAN.

    Terima kasih kepada pak Jamil dan para guru yang telah berbagi ilmu yang bermanfaat dan mengajarkannya kepada kami. Semoga menjadi amal pahala yang tidak akan pernah terputus

    1. Iwan Junifanto says:

      Setuju Pak, padahal buku manualnya sudah komplit. Tinggal dibaca.. praktek, baca.. praktek, kalau ga ngerti tanya sama yang ngerti. insya Alloh dikasih ngerti & tuntas apa yang jadi persoalan.

  10. Iwan Junifanto says:

    Beruntung ya Pak kita masih di-ingatkan. Masih ditegur kecil-kecilan sekaligus diberi pemahaman. Ya Alloh.. saya tidak bisa bayangkan!, apa jadinya jika kita digulung habis satu negeri gara-gara kebanyakan korupsi & jauh dari kitab suci. Astagfirullah.. Astagfirullah.. Astagfirullah..

  11. MERDEKA ! MERDEKA !! MERDEKA !!!
    ALLAHU AKBAR !!!

  12. nuril says:

    Alhamdulillah telah lahir dg sehat & selamat putri pertama kami, tepat di malam nuzulul Qur’an pukul 19.55 (bertepatan dg tgl 16 agustus 2011). Semoga Allah berkenan menjadikannya wanita sholehah dan berakhlak Al Qur’an. Aamiin..
    Kami yg berbahagia – nuril & arif

Leave a Reply

Your email address will not be published.