Trainer atau Writer?

Hari ini, 21 Februari 2012, tepat satu tahun saya berkomitmen untuk menulis setiap hari kerja di jamilazzaini.com. Alhamdulillah, walau baru satu tahun usia website saya, kunjungannya sudah mencapai ribuan setiap hari. Terima kasih kepada semua teman-teman yang setia berkunjung ke web ini.

Karena konsistensi saya menulis pernah ada yang bertanya kepada saya, “Pak Jamil itu trainer atau writer, sih? Kan pak Jamil mengajarkan fokus, mengapa pak Jamil sendiri tidak fokus?” Rupanya, banyak orang yang menafsirkan salah tentang fokus. Seolah-olah fokus itu hanya menekuni satu kegiatan.

Untuk menjelaskan fokus, bayangkanlah Anda menonton lomba panjat pinang. Pasti ada satu orang yang diangkat untuk naik dan yang lainnya menjadi tumpuan di bawahnya. Orang-orang yang di bawahnya akan mengangkat orang yang diposisi paling atas.

Begitu pula halnya dengan fokus. Aktivitas utama saya adalah trainer, penulis adalah penopang saya untuk terus naik sebagai trainer. Jadi aktifitas menulis setiap hari masih termasuk fokus karena akan menguatkan saya sebagai seorang trainer. Saya baru dikatakan tidak fokus bila aktifitas yang saya lakukan akan melemahkan saya sebagai seorang trainer. Setuju? Setuju, ya!

Nah, di hari ulang tahun website saya ini, saya ingin memberikan hadiah kepada 5 orang berupa buku dan voucher untuk SuksesMulia Entertrainment 14 April 2012 di Jakarta. Caranya? Berilah masukan kepada saya berupa ide atau gagasan agar website saya lebih banyak memberikan manfaat kepada pembacanya.

Ide dan gagasan dari Anda saya tunggu mulai hari ini sampai akhir bulan Februari 2012. Mohon doa dan dukungannya agar website saya memberikan banyak manfaat kepada banyak orang. Selain itu, keinginan saya untuk terus menginspirasi Indonesia bisa terbantu melalui website ini.

Semoga saya tetap menjadi trainer sekaligus writer yang tetap konsisten berbagi ide, inspirasi dan gagasan yang mencerahkan, bagi bangkitnya banyak orang menuju kehidupan Sukses Mulia. Ayo Inspirasi Indonesia!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Keterangan gambar:

Rekaman data statistik kunjungan ke website JA (jamilazzaini.com) periode 21 Februari 2011 hingga 21 Februari 2012
Sumber: google Analytics.

Bagikan:

68 thoughts on “Trainer atau Writer?”

  1. Selamat hari ulang tahun untuk website nya pak. Selamat juga atas keberhasilannya membagi ilmu melalui online education. Bagi saya web bapak termasuk web yang the do point. Simple dan mengena. Hanya berisi artikel yang didukung oleh pengkategorian artikel, ini sangat bagus mengingat mudahnya mengakses website bapak.
    Mengingat bapak saat ini bukan hanya trainer yang dikenal di dalam negeri namun juga di luar negeri, ada baiknya jika website bapak ini menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sehingga pengunjung website bapak bisa memilih pilihan bahasa yang dipergunakan. Ini dimaksudkan agar artikel bapak dapat bermanfaat untuk kalangan luar negeri, atau jika ada seseorang warna Indonesia yang berada di luar negeri dapat merekomendasikan teman-temannya di luar negeri untuk membuka website bapak.

    Ide lain, karena ini termasuk website untuk pengembanngan diri, ada baiknya para pengunjung website bapak dapat berpartisipasi menyumbangkan ide, pengalaman, hal-hal yang bermanfaat lainnya lewat tulisan yang mereka tulis sendiri. Partisipasi mereka bisa dengan menyediakan fasilitas upload tulisan di website bapak yang nantinya dapat bapak publikasikan di website bapak. Tentunya hal ini memerlukan seorang moderator yang membaca terlebih dahulu tulisan yang masuk sehingga bila layak dapat diterbitkan 🙂

    Sekian ide dari saya, semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia 🙂

    1. akhnurhad says:

      saya tulis komentar di sini saja >> 🙂

      saya juga pernah 2 bulan menerapkan 1 day 1 post, dan hasilnya luar biasa utk blog saya. tetapi tidak bisa bertahan lama karena kurangnya wawasan.

      satu lagi, web ini menjadi web wajib utk saya kunjungi setiap hari.

      bahkan pernah suatu pagi belum ada update tulisan, saya mention twitternya… kangen baca tulisannya…

  2. Hasani says:

    Selamat milad untuk web site Pak Jamil, ini usulan saja pak bagaimana kalau begron web site nya berubah, bisa moment tertentu, atau berdasarkan waktu, kitakan setiap hari melihat webnya Bapak dan jika ada sesuatu yang berubah kita bisa merasakan aura yang akan disampaikan dengan begron webnya pak jamil

  3. mantap sekali pak…

    lebih meriah lagi pak gambar.nya

    wokey

    @ayip_sourire

  4. Anggit Setyaningsih says:

    Selamat ulangtahun jamilazzaini.com 🙂
    Semoga smkn menginspirasi & mmberikan manfaat kpd bnyk org. Smkn suksesmulia jg buat omJamil ^_^

    Ide: websitenya dibuat lebih menarik lg (ky punya motty);
    minimal sebulan sekali ada kuis yg hadiahnya makan bareng ato yg lain;
    bahasa tulisan lbh ‘merakyat’ shg smua kalangan lbh mudah memahami saat baca..

    Cukup deh.. 🙂

  5. mpit fitri says:

    Buat Tautan untuk setiap tulisan yang kakek publish di web dengan halaman di fb kakek seperti di twitter jadi akan lebih banyak orang yang tertarik membaca tulisan kakek dan insya allah mendapat manfaat dari tulisan tersebut…salam sukses mulia..^^

  6. Onny says:

    Selamat buat Pak Jamil, semoga sukses terus dan semakin banyak rakyat Indonesia yang sesukses Bapak. Ammiin.

    Artikel Bapak keren2. Saya sampai ga habis pikir kok adaaaa aja idenya ya. Hahahahaa.

    Ijinkan saya berbagi alamat web saya juga ya di OnnyApriyahanda.com. Temanya lebih banyak engineeringnya, dan alhamdulillaah ternyata banyak yg membutuhkan. Dan semoga ketularan sukses sama web nya Bapak ini. Ammiin.

  7. setujuh ma link ma gambar biar visualisasinya kelihatan & lebih menarik,
    ma kalo bisa sering2 juga bales komen 😀
    sy yakin para pembaca setia merindukan balesan komen dari pak jamil 🙂

  8. arie kurniawati says:

    web kakek bukan hanya dibaca orang dewasa lo… tp jg remaja (ponakan-ponakan saya misalnya). gimana kalau lebih sering jg menulis utk konsumsi remaja, seperti kita otg dewasa remaja kita jg butuh bacaan spt tulisan kakek. dg bahasa kakek yg mudah dimengerti pasti kakek mampu masuk ke golongan manapun. Akhirnya, selamat ulang tahun, semoga makin sukses, web ini makin dicintai banyak org.

  9. khotimatun says:

    sering sering kasih kejutan kek untuk pembaca atau visitor… namanya kejutan maka jg gk dikasi info sblmnya..misal ni kek… kalo ngeliat ada komen yv bgus..kasih hadiah gt…

  10. harwin pramdika says:

    Happy anniversary yg pertama untuk web nya bapak moga tulisan2an makin topcer lagi

    Ide nya di bkin forum agar para2 pengunjung setia dapat berinteraksi. Yg diharapkan dapat menambah relasi dan bapak juga ikut terlibat dalam forum tersebut

  11. sobari says:

    Masukkannya :

    – Secara Penampilan Sudah bagus & ellegant
    – Yang harus ditambahkan mungkin Halaman Download seperti : ebook, Bahkan Pdf buku-buku hasil pak Jamil (Agar para pembaca bisa lebih menikmati dan merasakan karya Pak Jamil).
    – Menggunakan Pola langganan Khusus mungkin bisa bayar (namun Murah) dan Berlaku untuk seumur Hidup. (Sebagai contoh Websitenya Trainer Jamess Gwee)www.seminarseumurhidup.com Yang isisnya : Video, Artikel, Buku, ebook, Poster Motivasi, dll.
    – Perbanyak Videonya Pak Jamil
    – Menampilkan dihalaman khusus mengenai Jadwal Training Pak JA. Dan bisa daftar secara online.

  12. Asalamualaikum Pak Jamil…
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih semenjak saya “mengenal” tulisan2 dan tweet bapak hidup saya jadi lebih tenang dan bisa sedikit menginsppirasi teman2 saya yang ternyata hidupnya lebih susah dari saya.

    Mungkin bapak bisa banyak memberikan/menulis tentang ide2 praktis dan juga memberikan motivasi untuk banyak2 membaca dan menulis karena terus terang masih banyak teman2 saya yang enggan untuk membaca, entah itu buku atau tulisan di website/blog. Atau bisa juga tentang mengatasi writers block yang sering kali saya dan sebagian besar calon penulis alami dan menjaga mood untuk tetap menulis.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan SUKSES MULIA untuk bapak.

  13. Widyabharata says:

    Selamat Pak Jamil, web sitenya inspiratif.
    Masukan saya u web :
    Disediakan pojok peduli pembaca yg memang dibina langsung oleh Pak Jamil dan Tim sehingga memungkinkan kita u sharing sumberdaya dan informasi untuk saling membantu mengembangkan potensi trainer2 pemula dan tdk mampu (atau potensi lainnya (misal bisnis,sosial,budaya, dll)). InsyaAlloh web ini semakin menarik dan berkah. amiin

  14. aurina wh says:

    selamat ulang tahun untuk blog nya kek….smoga makin rajin menulis dan menginspirasi kita semuaaa…

  15. Emir says:

    Selamat ulang tahun untuk web site nya, didoakan supaya idenya selalu muncul dan fresh sehingga membantu dan bermanfaat untuk banyak orang.

    Ide saya mungkin klise ya, paling enggak pak Jamil bisa interaktif dengan pembaca sehingga membuat pembaca merasa dekat dengan pak Jamil. Tidak perlu waktu banyak untuk memberikan komentar mengenai pertanyaan atau masukan. Hal ini membuat pembaca merasa dekat dengan pak Jamil.

    Saya juga punya blog pak Jamil yaitu http://www.emirzakiar.blogspot.com boleh mampir2 dan memberikan masukan juga hehehe

    Jujur, salah satu yang mendorong saya untuk membuat blog adalah website ini. Saya merasa mendapat manfaat dari blog ini, dan membuat saya ingin memberi manfaat ke banyak orang melalui blog. Ada cita2 menjadi pengusaha sukses mulia, pembicara dan penulis hebat, mohon doanya pak Jamil.

    Seandainya saya berkesempatan untuk mengikuti seminar pak Jamil, mohon bimbingannya.
    Terima kasih

    Have a Great Day
    -EZ

  16. handitya says:

    ide:

    ada diskusi, polling, quiz, dan sejenisnya agar labih banyak interaksi dg pembaca 🙂

    atau pembaca juga diperkenankan menyampaikan ide, opini, pemikiran, deesbe, deelel di website ini
    *yaa seperti namun ada ruang tersendiri 🙂

  17. Happy milad yg pertama utk web ini, salut utk pak Jamil bahwa ditengah kesibukannya sbg seorang trainer tp masih bisa memposting tulisan setiap hari (saya sendiri yg menargetkan bisa memposting tulisan di web sy seminggu sekali masih sering tidak terpenuhi). Saran saya agar setiap periode tertentu (seminggu atau sebulan sekali) diberikan kesempatan kepada pengunjung web ini utk menyumbangkan tulisan tentang pengalaman pribadinya yg bisa menginspirasi banyak orang dg tema yg sudah ditentukan sebelumnya oleh pak Jamil. Pada periode tsb ditampil 1,2 atau 3 tulisan yg terbaik dan pak Jamil bisa memberikan pengantar atau menarik kesimpulan terhadap tema atau tulisan yg ditampilkan. Demikian usulan saya, semoga web ini dapat lebih menginsirasi dan memberikan manfaat kepada sebanyak mungkin orang.

  18. BunDit says:

    Happy 1st anniversary Pak Jamil. Menjaga konsistensi menulis memang tidak mudah. Jadi selamat telah melewatinya setahun ini, semoga terus konsisten dan semangat ya pak 🙂

    Beberapa masukan buat web ini :
    * Menangkap issue yang sedang hangat, dikupas tuntas sesuai dengan kompetensi bapak sehingga menjadi tulisan yang menarik dan inspiring.

    * Sekekali menampilkan tulisan tamu (misal disubmit setiap sabtu/minggu), dengan tema yang disesuaikan. hal ini akan memperkaya wawasan pembaca web ini.

    Masukannya 2 saja, mengenai gaya bahasa dll, udah enak dan renyah serta mudah dikunyah 🙂

  19. Selamat milad untuk web nya pak!
    Usul dari saya, karena sudah banyak pembaca setia web ini, mungkin bisa dibentuk semacam komunitas online gitu pak. Tempat kita saling sharing hal-hal positif.
    Terimakasih.
    Terus menginspirasi Indonesia pak!

  20. lambangsarib says:

    Tambah umur iku tambah tuo, tetep iling lan waspodo.

    Tulung kasih portal forum mbah…

  21. Selamat pak sudah satu tahun…
    mungkin hal yang sederhana bisa ditambahkan pada site ini adalah tip dan trik atau kata kata motivasi versi bapak. jadi termotivasi juga bacanya.

  22. Mekoh says:

    Hampir setiap hari kerja saya sempatkan membaca tulisan Pak Jamil di web ini, karena di kantor saya mendapat akses internet dengan mudah.
    Bila belum membaca tulisan Pak Jamil, rasanya ada yang kurang. Apalagi kalau sampai rumah istri bercerita tentang tulisan Pak Jamil dan saya belum tahu, rasanya gimana gitu.
    Tulisan di web ini enaknya bahasannya ringkas dan mengena.
    Mengenai saran, mungkin bapak butuh seseorang yang membantu bapak untuk mempercantik web, menuliskan jawaban-jawaban dari pertanyaan pembaca, menanyakan tema-tema yang direquest pembaca, dll.
    Idenya perlu ada orang yang membantu sebagai tangan kanan bapak. tks.

  23. Ano says:

    Salam sukses mulia tuk semua.
    Saya mendukung untuk bikin komunitas online.

  24. abyan says:

    Selamat milad, semoga makin dekat di hati pembaca…kalau bisa ditambahkan gambar ilustrasi yang bisa mempertajam diskripsi yang dimaksud…untuk kategori just relax frekuensinya masih kurang dibanding inspirasinya,…kemudian agar website ini lebih “hidup”, tata letak dan penampilannya juga bisa diubah lagi, agar tidak terkesan “mati”, padahal ide-ide / tulisan-tulisan bapak sangat dinamis & energik sekali…kategori forum online alangkah baiknya segera direalisasikan, agar lebih ‘mengena’ dan makin dekat dengan pembaca…terimakasih

  25. Ihsan says:

    saran utk web ustadz jamil :
    1. Dipertahan “kesimpelan” ini
    2. Sediakan ruang interaktif
    3. Dibuatkan “risalah” yang merupakan kumpulan dari seluruh tulisan bapak minimal setiap 3 bulan

  26. met milad yang ke 1 ya jamilazzaini.com
    semoga semua yang dicita-citakan dalam web ini tercapai.amin..
    Web nya ke jamil simple, langsung ke point yang dituju, pembaca sangat mudah untuk mengaksesnya..
    jika ingin lebih go internasional memang harus ditambahkan pilihan bahasa, misal : b.inggris
    untuk lebih interaktif, gimana kalau ditambah kuis mingguan, bisa berupa apa saja, misal : karna kek jamil trainer, jadi kuisnya lomba trainer terbaik (medianya upload video 5 menit), tujuanya agar yg belum bisa ikut trainingnya kek jamil tetap bisa dinilai plus minus nya sama kek jamil, otomatis perkembangan dunia trainer di Indonesia semakin maju dan bertambah pesat, sesuai keinginan kek jamil 🙂
    semoga berkenan, hatur nuhun 😀

  27. mila desvita says:

    Met milad yg pertama pak..smg makin lebih baik,makin bermanfaat dan menjadi berkah bt bapak sekeluarga…amien…saya pembaca setia jamilazzaini.com :)klo ada yg blm saya baca,pasti saya buka dr hari terakhir saya baca:)sll bkn semangat!!saran saya di web ini ditambah profil bapak sekeluarga n foto bersama istri dan anak2tercinta..:)satu lg pak,mis.setiap jumat ttg canda tawa,ada satu hari lg ttg tips hidup berumah tangga yang harmonis pak…terima kasih pak..semoga sukses teruuss…amien..

  28. Aslmkum Wr Wb Pak Jamil Azzaini, smoga Bapak dan Team selalu Sehat dan Sukses Mulia. Met Milad utk Website nya ya Pak. Tulisan2 Bapak setiap pagi selalu saya tunggu, karena selalu menginspirasi pembaca. Usulan saya utk inovasi website :
    1. Ada Menu utk menampung artikel/
    tulisan motivasi dari pembaca, saya
    yakin pasti banyak pembaca setia web
    ini yang ingin berbagi tulisannya.
    2. Ada Menu Galery Foto pak, sehingga
    pembaca juga bisa mengetahui gambar
    aktivitas Pak Jamil dkk sewaktu
    memberi training/kegiatan lainnya.
    3. Lomba/kuis pada moment2 tertentu
    (seperti moment ini) bisa lebih
    sering pak.
    4. Adakan Program Charity (Sosial) dan
    Gathering Session (seperti Master
    Mind) yang melibatkan pembaca
    website, saya yakin pasti banyak yg
    ikut gabung pak.

    Semoga Bermanfaat dan Website Bapak bisa semakin banyak menginspirasi Indonesia, Salam Sukses.

    Pratama Puji Widiyanto

  29. MdarulM says:

    Baru satu tahun dengan pengunjung segitu banyak, luar biasa pak 🙂

    Usulan saya, dari sekian banyak pengunjung mungkin hanya beberapa yang comment dan berinteraksi secara langsung dg pak Jamilazzaini,

    usulan saya menambahkan 1 halaman untuk khusus tanya jawab seputar permasalahan para visitor dan semoga ada jawaban dari bapak yang menginspirasi..

    Mungkin begitu usul saya sebagai visitor 🙂 terima kasih pak

    Saya penggemar dan tiap hari nunggu tulisan pak jamil. dan berlanganan situs jamilazzaini.com 🙂

  30. nana says:

    selamat pak untuk milad webnya.
    usulan, sekali2 diadakan live chat dong

  31. selamat milad kakek,,moga makin sukses mulia,,berkah selalu..

    Usul dibuat forum diskusi bagi pembaca.. 🙂

  32. Salam Inspirasi.

    Wah.. udah 1 tahun ya webnya pak Jamil. Itu kl dimisalkan Manusia umur 1 tahun itu udah bisa Jalan. Hehe..
    tapi nampaknya kalau web pak jamil ini udah bisa berlari. wkwkwk. 🙂

    Ah to the point aja ya Pak…
    Kalau ditanya ide atau gagasan agar website pak Jamil lebih banyak memberikan manfaat kepada pembacanya saya punya beberapa, diantaranya :

    #1 Halaman Khusus untuk Multimedia (Ebook, Audio dan video) materi dari Pak Jamil yang bisa dilihat sekaligus di Download oleh pengunjung web. 🙂

    #2 Kolom untuk berinteraksi antara Pak Jamil dan Pengunjung website (biar lebih akrab)

    #3 Tulisan Khusus dari para pengunjung yang ingin berkontribusi di web jamilazzaini.com (tentunya diseleksi terlebih dahulu)

    #4 Tautan antar artikel biar lebih enak kl ingin mencarinya kembali dan menghubungkan materi yang terkait. *sekaligus menambah page view

    #5 Kopi darat dengan para pengunjung setia web Pak Jamil ini. 🙂

    #6 Tampilan website untuk dipercantik lagi agar tambah elegan

    #7 Mengadakan Promo untuk buku2 keluaran Pak jamil.

    Yah segitu aja dari saya, semoga berguna. 🙂

    Makan ikan dengan nasi
    Sekian dan Terima kasih

    Salam Sukses Mulia

    regards
    @AwesomePanji

  33. Rheizka says:

    Selamat ulang tahun buat website nya Pak Jamil!

    Usulan saya: file audio/video lebih banyak lagi di upload, dan dibuat bisa di download, supaya bisa kita dengar berulang2 di pagi hari sebagai penyemangat 🙂

  34. Yudhi says:

    selamat milad bagi web nya kek..

    Usulan sederhana : sering2 dibuatkan polling atau diskusi yang lebih melibatkan pembaca kek..dengan bumbu2 tentunya (misal ada hadiahnya :))

  35. mhd husni tarigan says:

    Selamat ulang tahun sebagai writer blog pak, blognya mantaf sangant menginspirasi
    Saran disediakan forum tanya jawab

  36. iiholillah says:

    Usul: Ada Space yg bercerita ttg aktivitas keluarga pak jamil yg inspiratif.
    Sebagai cerminan trainer yg sukses membina/mencerahkan org lain, yg pastinya juga berhasil membina keluarganya.

  37. Adi Victoria says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb Pak Jamil

    wah, tak terasa sudah satu tahun ya pak umur website bapak, dan sungguh luar biasa karena dengan umur baru 1 tahun namun pengunjung per hari nya adalah ribuan. subhanallah…

    yang memberikan saran sudah sangat banyak, sampai saya bingung mau kasih saran apa, tapi mungkin saya hanya bisa memberi masukan agar kiranya di bagian pojok bawah sebelah kanan yang masih kosong bisa di tambah tampilan semacam “Motivation Quotes” dari pak Jamil dan selalu update mungkin tiap hari, sehingga kami bisa menambah wawasan dan semakin memotivasi kami.

    syukran jzk pak Jamil

    salam suksesmulia 🙂

    wassalamu’alaikum wr wb

  38. selamat ya kek atas dirgahayu website nya.
    terima kasih setiap hari selalu ada pencerahan yang tak pernah terpikirkan namun sangat sangat nyaman untuk selalu dipikirkan.
    usulannya boleh diadakan wallpaper motivasi biar bisa dilihat terus di dekstop para pembaca dan menjadi pengingat bagi kita semua.

  39. Luar biasa…
    Baru,, semoga apa yg dishare oleh pak jamil, terus memberikan manfaat… 🙂

  40. Yusuf says:

    tinggal diperbanyak lagi tulisannya pak… semakin banyak insya Allah semakin banyak yang baca. yang tulisan rilex terutama mengingat bangsa ini penguninya banyak yang stresss. :).

  41. Uus Soegema says:

    Assalamu’laikum Mas Jamil,

    1. Masukan dari saya , agar webnya menjadi ‘teman bergaul’ yg penuh keberkahan, saya cuplikan dari Sebuah Hadist yg diriwayatkan Abu Yala dari Ibnu Abbas, sbb:
    Ketika ada seorang yang bertanya, “Wahai Rasulullah, siapa teman-teman bergaul kami yg baik?” Maka Beliau SAW menjawab: “Orang yg pendapatnya mengingatkan kalian kepada Allah, orang-orang yg perkataannya menambah amal sholeh kalian, dan orang yg perbuatannya mengingatkan kalian kepada akhirat”.
    Moga muatan dari setiap tulisan Mas Jamil selalu berorientasi sesuai hadits tsb.

    2. Agar bisa diakses sampai ke ‘kalangan bawah’, justru saya mengusulkan agar fitur atau gambar yg berat dapat diminimalisir, sehingga webnya lebih simpel lagi tapi tetap menarik. Jika diakses pakai modem yg low signal atau pakai HP di perkampungan masih bisa mudah dibuka.
    Konon rahasia kenapa Google, FaceBook dan Twitter banyak pengunjungnya , diantaranya karena simpel mudah dibuka. Mengutip statement petinggi Honda; “Simply is better”

    God Luck!
    Wassalamwrwb
    soegema@yahoo.com

  42. selamat milad buat webnya pak..
    Usulan saya sbb:
    1. Tetap pertahankan kesederhanaan sehingga mengakses webnya lebih cepat
    2. lebih diperbanyak video2 training bapak di youtube sehingga pengunjung jg dapat menshare di jejaring sosial dan menaikkan nama pak jamil 🙂
    3. rekam audio training bapak juga lebih mantaf
    4. Sediakan link ke web teman2 trainer2 para motivator /tukar link sehingga pengunjung jg bsa mampir di yg lain
    Sekian masukannya..salam sukses mulia

  43. sugeng riyanto says:

    Selamat,
    Usulannya,
    Kasih counter pada artikel, sehingga akan tahu mana artikel yang sering dibaca.

    sukses mulia, go get great

  44. Joko Purwoko says:

    ada semacam kolom atau halaman, yang menampung “apa yang kita telah lakukan setelah terinspirasi tulisan bapak” , atau “Saya sudah melakukan ini”, mungkin bentuknya bisa berupa polling atau counter, tujuannya adalah tulisan bapak membuat orang melakukan sesuatu yang positif dan ini massif (menyebar), bukan hanya sekedar membaca lalu berhenti di situ saja, pada tahap awal mungkin aktivitas yang tidak terlalu menuntut pengorbanan, mungkin setahap demi setahap dnaikkan tingkatannya yang sedikit memakai tenaga, akal atau harta

  45. nuning says:

    Menurut saya format tampilannya diubah. Soalnya web JA ini gak bisa dibesarkan ukuran hurufnya seperti web lain kl dibaca di Gtab. Biar lebih nyaman dibaca meski saat mata udah lelah

  46. erickazof says:

    Selamat Kek!

    Tidak mudah untuk menulis konsisten selama setahun, salah satu motivasi saya juga menulis karena bersaing tidak mau kalah sama kakek lohh…hihihi

    Okay, masukan saya untuk website ini :
    1. Lebih banyak interaksi dengan pembaca. Contoh : Kuis, polling, serta membuka surat pembaca

    2. Untuk tampilan website boleh dibuat lebih elegan, hehe, yang pasti terdapat semangat sukses mulianya kek! Contoh : Share link dibuat menarik tapi tetap menjaga space agar tidak terlalu penuh.

    3. Mungkin bisa bikin JFC (Jamil Fans Club) hehehe, maksudnya komunitas Sukses Mulia diberikan ruang di websitenya Kakek untuk dapat berkontribusi juga

    4. Ya yang terakhir, sebagai mahkluk sosial yang saling menolong satu sama lain, alangkah baiknya jika dalam website ini dibuka kesempatan untuk berbagi dengan sesama. Contoh : Foundation yang mirip rombongan sedekah (@Saptuari) tapi foundation ini lebih kearah pelatihan kepada anak-anak yang kurang mampu, atau mereka yang masih terbatas akan akses informasi.

    Semoga masukan dan saran diatas dapat menjadi masukan. *spertinya masukan saya kurang lebih sama dengan teman-teman disini.hehehe.

    But, its okay, as long as for goodness, I love it ! 🙂

    Salam,
    Erick

  47. Andy Sukma says:

    Met milad yang pertama untuk web inspiratifnya mas Jamil.
    Insya Allah apa yang telah diuraikan di dalam web ini bisa menjadi barokah untuk semuanya, writernya maupun para pembaca setianya.
    Ide dan pemikiran yang telah disampaikan oleh rekan2 di atas sudah bagus dan saya pikir semuanya bermaksud untuk memberikan gagasan positif utk web yang mereka cintai ini, yang dibuktikan dengan kunjungan harian yang sering dilakukan.
    Karena saran yang disampaikan sudah banyak dan baik, saran dari saya hanyalah bagaimana nanti mas Jamil dapat merangkum ataupun merekapitulasi ide2 atau masukan yang disampaikan, untuk kemudian dapat diambil benang merahnya, apa kira2 hasil analisa yang paling baik untuk pengembangan web ini, apakah itu dari sisi content atau tampilannya, untuk kemudian dapat menjadikan web ini semakin baik dari hari ke hari.
    Terima kasih dan salam sukses mulia untuk semua….

  48. pak Jamil, met milad untuk website jamilazzaini.com nya.
    saya pemerhati tulisan bapak di web, hampir setiap mengawali pagi di meja kantor, refresh dlu dengan tulisan di web nya.
    semoga semakin hari, semakin bertambah nilai yg bisa bapak share melalui tulisannya.
    punya MIMPI, kepingin ikut seminarnya pak JamilAzzaini suatu saat,AMINN.
    Saya hanya baru dapat cerita2 saja dari teman yg pernah ikut seminar/training pak Jamil.
    Untuk masukan IDE di website, mungkin ada 2 nih pak:
    pertama, Website ini perlu sebuah kolom forum dimana bisa berbagi manfaat atau berbagi apasaja, tentunya dengan dibatasi topic dan tema.
    Meski dengan begitu, pak Jamil bakal lebih disibukan lagi dengan menjawab atau merespon pertanyaan/ posting dari members.
    kedua, dibuat download link untuk artikel2 bebas atau artikel2 terbaik , yang secara gratis bisa didownload oleh pengunjung.

    Terima kasih atas perhatiannya pak..
    salam Sukses Mulia

  49. Aslmkum Wr Wb Pak Jamil 🙂
    Usulan tambahan dari saya yaitu merilis buku baru “AYO MENGINSPIRASI INDONESIA”, teknisnya lewat website ini Pak Jamil dan team membuka menu untuk pembaca agar mengirim tulisan/artikel motivasinya (bisa pengalaman pribadi/orang lain), tulisan2 yg terpilih bisa dimasukkan ke ke dalam Buku tsb. Hasil penjualan/royalti buku ini bisa digunakan untuk membiayai saudara2 kita yg kurang mampu/sedekah. Semoga Bermanfaat, Salam SuksesMulia 🙂

  50. Selamat ulang tahun ya buat web nya. Selama ini web ini me jadi bacaan futin saya, dan saya banyak mengambil manfaat Dari cerita2 didalamnya.
    Saya Ada beberapa usulan,.
    1. Adanya member, saperti komunitas.
    2. Ada forum untuk diskusi atau Tanya jawab.

    Kedepannya selain mendapat manfaat Dari tulisan, member bisa saling bersinergi.

    Ada photo juga ya pak.

  51. tri says:

    selamat ulang tahun kek Jamill,semoga semakin menginspirasi banyak orang untuk bisa sukses mulia…amin

    saran aja kek,gimana klo audio/video bisa rutin secara berkala krn akan memberikan sentuhan yg berbeda dan yg pasti untuk sebagian orang konsep audio visual itu lebih berdampak.
    saran lg aja kek,gimana klo kakek memberikan space tuk para pembaca tuk bertanya ya itu jg dengan harpan bisa dapet jawaban dari kek Jamill :),

    maaf ya kek klo ada tulisan yg ga enak di hati..

    ava di twitter edisi:”pak Raden” its so cute…

    keep writer for the world
    Salam Sukses Mulia

  52. jamil says:

    rss feed nya blum ada yah ?

  53. Imam M says:

    Tetap menginspirasi dengan gaya tulisan pa Jamil yang sederhana namun membuat kita berpikir, dan mengambil banyak hikmah.

    Barangkali usulan dari saya, Pa Jamil membuat Artikel bergambar.. Dialog ataupun bentuk seperti apa yang disertai gambar. Karena pa Jamil ahli Story Telling, Ke depan ada Story Telling with a Picture 🙂

    Ataupun bisa juga pa Jamil banyak membuat Video motivasi ataupun pembelajaran berbentuk kejadian yang diaktorkan oleh pa Jamil dan tim.

    Salam..

  54. mama endang says:

    Saya mencoba berfikir out of box :
    Kenapa pak jamil hanya membuat statistik jumlah orang yg mengunjungi web jamilazzaini.com? Seharusnya bapak mulai berfikir u/ mngunjungi kami melalui email. Shg tiap hari kami akan menerima email tulisan dari pak zamil. Nanti tinggal dibikin statistik berapa yg subscribe dan berapa yg unsubscribe. Salam. Mamaend

  55. nita natali says:

    Selamat ulang tahun utk webnya pak Jamil, smoga tulisan2 pak Jamil dibuat bukunya supaya tetap bisa dibaca kpn saja , tanpa perlu buka lkink lg yg kadang terkendala jika sinyal sedang error 🙂
    Tetap spt itu pak gaya penulisannya simpel tapi berbobot …
    Salam sukses mulia

  56. ade chandra says:

    met milad ya pak websitenya genap 1 tahun.ide sy tdk jauh brbeda sperti yg lainya,yaitu:
    1.Buat lebih interaktif lg websitenya,seperti pewarnaan,layout dan lainya
    2.Ada forum sharing antar pembaca
    3.Sesekali ada acara gathering atau copy darat antar pembaca utk bisa interaksi langsung dgn pak jamil.
    itu aja pak jamil,salam sukses

  57. Wazir Nuri says:

    Ass. Terus terang baru hari ini sy menemukan Pak Jamil di web, maklum ya,, kami tinggal di daerah pelosok Kab. Lampung Tengah, jauh dari akses jalan hotmit, jaringan telpn, 10 km dari berbagai tower provider, yaah hasilnya serba marjinal. Kalau untuk memberikan saran dan ide, sepertinya dari temen2 sudah oke, yang jelas perlu adanya ruang yang memberikan ulasan masukan dari pembaca dan juga pengalaman nyata dari pengguna. Ini penting,,, disamping untuk mereviuw Bapak, juga untuk bisa dibaca oleh pembaca yang lain. Terima kasih

  58. aries says:

    assalamualaikum wr wb, isi tulisan bapak bagus dan sangat inspiratif. sedikit saran dan masukan dari saya adalah pertama tulisannya di kasih gambar artikel yang menarik sesuai tema tulisan. kedua penambahan menu di atas untuk menambah variatif isi situs ini seperti informasi biografi singkat bapak, informasi kegiatan bapak, informasi lain yang mendukung pengembangan diri, dan lainnya. yang keempat variasi huruf dan pewarnaan pada tulisan agar lebih menambah daya tarik. demikian terima kasih

  59. irfan hilmi says:

    website p jamil sdh ramai pengunjung,tp maap nih…msh bnyk space kosongnya…
    boleh kan ada tautan dg website inspiratif lain atau iklan layanan sosial punya NGO indoenesia yg sdh diakui dunia…

    sumbang saran aja…nuhun

  60. Ainul Bachri says:

    Usulan saya :
    1.Perlu adanya halaman tanya jawab sehingga setiap komentar/pertanyaan lngsung bisa di respon .-
    2.Perlu di sediakan Halaman untuk Download apa saja yang berhubungan dgn kegiatan/karya pak Jamil .-
    3Sering turun ke daerah2 khususnya bagian Indonesia Timur agar lebih dekat dgn masyrkat .-

  61. umi laila says:

    selamat ulang tahun utk website ini pak. inilah teladan paling nyata dalam dunia maya maupun dunia nyata. yang saya ingat hanya satu, keinginan bapak utk update status di website ini adalah hal yang diulang-ulang, akhirnya menjadi kebiasaan, dan lama kelamaan kita tidak lagi menjadi berat melakukan apa yang tadinya hanya menjadi angan atau keinginan kita. prinsip 10.000jam itu berlaku benar ya pak di website ini. seneng banget bisa gabung. salam sukses mulia

  62. AGUS says:

    Tulisane bagus bgt pak Jamil, membumi dan aktual
    Usulan
    Di bukukan aja, biar bisa kebaca per bab/ per topik,sukses semoga saya jg bisa istiqomah nulis

  63. Aris Rahmanto says:

    Assalamu’alaikum Pak jamil
    Semoga Sukses Selalu pak,,keberkahan & keselamatan selalu menyertai anda & keluarga.
    1thn sdah website ini beredar,,sy yakin orang2 yg berkunjung ke web dlm 1thn ini pasti memperoleh banyak manfaat & inspirasi dr pak jamil,,tak terkecuali sy,,yg tdk prnah telat u mendapatkan inspirsi dr web ini,,coz, sy pingin menjadi motivator sprti pak jamil & bisa berguru langsung dgn pak jamil..semoga terwujud..Amin..

    saran sy.:
    *.agar web lebih dinamis & lebih hidup bisa d bikin desain web yg ad animasi2 gmbrnya.
    *.d kasih link download u vidio bpk ato kata2 motivasi dlm frmat mp3..biar bisa d putar & d denger brulang2 bg semuanya pak..ngak hnya melihat tulsannya,,tp bisa mendengar motivasinya,,pasti pengunjungya tmbah setia..hehe
    *.pak jamil,,tlong u segmen pembaca yg generasi muda tulisan2 motivasinya lebih d bnyakin..biar pra pemuda lebih semngat & jln hidupnya lebih trarah..
    terimaksih..

  64. anwar solichin says:

    Selamat ulang tahun semoga dengan tambah nya usia bertambah pula nilai kebaikan yang disebarkan lewat web ini…. terus terang sy terinpirasi banyak dari tulisan2 bapak untuk bisa merubah sikap dan memperbaiki kwalitas hidup.
    Saran saya :
    1. Web lebih komunikatif artinya ada forum tanya jawab online.
    2. Berikan kesempatan kepada pembaca untuk diberi tempat menulis di web ini sehingga akan memberikan efek positif pembaca berlatih menulis dan menyampaikan ilmunya.
    3. adakan pelatihan online bagi kita yang jauh dari tempat bapak.
    4. Sukses selalu hanya Allah yg akan membalas kebaikan seseorang yng membagikan ilmu dng ditinggikan derajatnaya…. amieen

  65. Alhamdulillaahh…. keren banget neeh pak guru. Insya Allah suatu saat saya bisa seperti bapak. Itu komitmen saya.
    Usulannya untuk website ini:
    1. Photo-photo bapak waktu tampil di depan audiens, banyak di upload dong, biar jadiininspirasi buat yg lain.
    2. Hadiahnya kalo bisa setiap minggu, hehe…. biar banyak yg dpt tuh..:)
    3. Ada rubrik Public Speaking
    4. Cari Theme yg beda dong. Theme seperti ini sdh banyak yg pake. Bagusnya pake web desainer, khusus ngedesain web Pak jamil yang gak bisa ditiru oleh yang lain, kalopun ada yg niru, itu susah dan mahal.

    Sekian usulnya. Semoga menang. Kalo menang, saya mau kasih Tiket Entertrainment ke Tim saya (soalnya saya sdh pernah ikut) 🙂

    Wassalam,
    Achmad faisal

  66. indra kurniawan says:

    Met milad untuk webnya,
    Ide nya :cuma satu pak
    Lebih sering mengangkat kisah nyata dari mas jamil atawa orang orang yang mas jamil kenal ttg pengalaman yang bs memberi inspirasi dan hikmah buat pembaca krn pasti lebih punya kekuatan sentuhan. Tks
    Salam sukses mulia

  67. mamaend says:

    Jd pemenangnya siapa aja pak? Kok ga ada pengumumamnya? Kita kan penasaran, saran yg bagaimana yg menurut pak jamil bagus?

Leave a Reply

Your email address will not be published.