Trainer atau Leader Perusahaan Anda Kesulitan Membuat Modul Training?

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apakah Trainer atau Leader Perusahaan Anda Kesulitan Membuat Modul Training? Apakah training yang dilakukan oleh tim training internal belum memenuhi ekspektasi dari perusahaan Anda? Apakah tim pelatihan Anda kesulitan mengukur atau mengaudit keefektivitasan training internal selama ini?

Dari hasil riset tim kami, ternyata banyak perusahaan yang ingin melaksanakan program pengembangan diri yang dilaksanakan secara internal perusahaan dari leader maupun trainer internal. Namun faktanya, para leader dan trainer internal ini belum mampu menemukan cara yang ampuh untuk bagaimana membuat kurikulum dan modul training sendiri.

Dengan banyaknya pengalaman dan kemampuan di lapangan, para leader diharapkan mampu membekali anggota tim perusahaan dengan ketrampilan menyelesaikan masalah dilapangan.

Lalu kurikulum atau modul yang seperti apa yang membantu para leader dan trainer bisa membekali peserta trainingnya agar sesuai dengan tujuan perusahaan?

Ini harus jadi perhatian. Bila ingin training berjalan efektif berdampak langsung kepada pesertanya, agar mereka yang hadir bisa memberikan solusi saat menghadapi masalah dilapangan. Oleh karena itu modul training tersebut, harus melalui:

1. Temukan kebutuhan dan masalah dilapangan :
Syarat ini menjadi mutlak bagi seorang leader dan trainer internal. Karena para leader dan trainer internal dinilai paling tahu dan mengerti masalah-masalah dilapangan. Begitu solusi dan ketrampilan apa yang harus dimiliki peserta training.

2. Identifikasi tujuan dan keinginan perusahaan terhadap training tersebut:
Dengan menggali dan memahami tujuan perusahaan. Leader harus memiliki ketrampilan ini, agar output yang dihasilkan sevisi dengan maksud dan tujuan perusahaan. Karena training diselenggarakan harus memberikan impact dalam kinerja dan efektifitas sistem perusahaan.

3. Proses Mengetahui Karakter Audiens Anda:
Salah satu kunci penting, leader dan trainer memberikan training yang efektif. Pemahaman terhadap karakteristik peserta ini akan menentukan bahasa, contoh dan jenis pendekatan pelatihan yang paling cocok bagi mereka. Meskipun tujuan sudah benar,dengan memahami kebutuhan training. Namun bila cara menyampaikan dengan pendekatan yang tidak match. Training tersebut sudah pasti mempunyai resiko melenceng dari targetnya. Leader dan trainer harus mampu membuat kurikulum dan modul yang karakternya cocok dengan peserta trainingnya.

Baca Juga  Defisit Cinta

Ketiga syarat diatas hanya sebagian kecil, bagaimana modul training mampu memberikan dampak signifikan kepada karyawan yang mengikuti training internal. Baik para leader maupun trainer internal sebenarnya mampu membuat dan mendisain kurikulum dan modul training yang powerful dan efektif. Mereka harus selalu senantiasa berlatih dan melakukan simulasi, supaya semakin mahir, apalagi bila selalu di dampingi oleh tim expert untuk mendapatkan feedback dan enrichment. Anda tidak perlu kawatir dan risau.

Akademi Trainer telah dipercaya dan mampu memberikan solusi dan pendampingan para leader dan trainer perusahaan untuk makin expert, terampil dan inovatif dalam membuat kurikulum dan mendesain training modul yang mampu memberikan dampak bagi peserta trainingnya. Bila tim internal Anda membutuhkan pendampingan secara berkelanjutan, hingga mereka semakin ahli dalam mendesain kurikulum dan membuat modul training, kami siap membantu setiap saat, berikut penjelasan tentang program pendampingan silakan kontak di nomor 0812-1331-710 atau 0812-9032-0101.

Semoga penjelasan sederhana ini bisa membantu, terima kasih

 

“Always treat your employees exactly as you want them to treat your best customer”
— Stephen R. Covey —


Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer