Titipkan Anak Kita

Titipkan-Anak-Kita.jpg

Saya pernah mendapat cerita dari pak Anies Baswedan saat beliau menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kata-kata yang muncul dari pak Anies ketika itu kurang lebih demikian, “ketika M.Natsir sekolah SMA di Bandung, ia naik kereta menuju Jakarta.

Saat hendak turun di Jatinegara, ia melihat ada lelaki tua duduk di kereta itu, M.Natsir muda mendatangi lelaki itu dan bertanya,”apakah bapak HOS Cokroaminoto?” Lelaki itu menganggukkan kepalanya.”

M.Natsir muda melanjutkan pembicaraannya,”apakah boleh saya ngobrol dengan bapak?” Setelah diizinkan, mereka berdua terlibat pembicaraan di kereta tersebut. Selama perjalanan Jatinegara ke Gambir merek berdua bercengkerama. Dan pembicaraan kurang lebih 20 menit itulah yang mengubah hidup M.Natsir. Mengantarkan ia menjadi Perdana Menteri dan tokoh nasional.

Pak Anies ketika itu mengajukan pertanyaan,”ngobrol 20 menit saja mengantarkan ia menjadi Perdana Menteri, bagaimana apabila kost di rumahnya? Bisa menjadi presiden. Karena Bung Karno ternyata kost di rumah HOS CokroAminoto.”

Dari ide inilah, akhirnya pak Anies mengeluarkan program,”Belajar Bersama Tokoh.”

Anak-anak SMA dari berbagai daerah diseleksi. Mereka yang terpilih, diundang ke Jakarta, dan kemudian dititipkan di rumah para tokoh yang bersedia menampung mereka. Anak-anak ini tinggal di rumah sang tokoh, ikut rapat, ikut acara keluarga, ikut kegiatan profesional sang tokoh. Dengan kata lain, kemanapun tokoh pergi, anak-anak ini ikut.

Saya dititipi dua anak dari Bali dan Kalimantan, anak dari seorang driver dan seorang pedagang. Anaknya cerdas dan supel. Saya yakin, mereka kelak akan menjadi orang hebat dan berpengaruh. Saya merinding mendengar presentasi proposal hidup mereka sebelum mereka kembali ke daerahnya. Linangan air mata kami ketika itu menjadi saksi bahwa kami bersaudara dan berkomitmen untuk berkontribusi besar untuk negeri ini.

Gagasan ini mengilhami saya untuk menitipkan anak-anak saya kepada para tokoh saat mereka liburan sekolah. Energi itu menular, pengaruh itu menular. Mari kita serap energi dan pengaruh para tokoh untuk anak kita. Terima kasih pak Anies yang telah menginspirasi kami dengan program ini.

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.