Tips Menghadapi Masa Pensiun

Tips menghadapi masa pension diantaranya dengan mempersiapkan usaha sampingan atau melakukan kegiatan lain yang dapat menghasilkan uang.

Banyak orang yang sibuk berkutat dengan pekerjaannya di sebuah perusahaan selama bertahun-tahun hingga mereka lupa mempersiapkan diri tatkala sudah tidak menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Inilah yang sering kali menjadi kekhawatiran seseorang menjelang usia pensiun.

Mereka khawatir tidak ada lagi pemasukan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Mereka khawatir akan masa depan yang tidak menentu. Mereka khawatir karena tidak pernah benar-benar mempersiapkan masa pension mereka sejak dini. Untuk itu, berikut kami berikan tips menghadapi masa pension untuk Anda.

Tips menghadapi masa pensiun yang pertama adalah dengan mempersiapkan usaha sampingan sejak Anda masih bekerja. Usaha ini tentu saja tidak boleh mengganggu pekerjaan utama. Tidak perlu langsung dalam skala besar, yang penting bias jalan dulu. Kelak ketika sudah pensiun, usaha ini bias dikembangkan lagi.

Di samping untuk menambah pendapatan, usaha ini juga bias dimanfaatkan sebagai kesibukan untuk mengisi hari tua. Dengan cara ini, Anda punya kegiatan dan mau tidak mau harus terus berpikir agar bisa survive.

Tips menghadapi masa pension selanjutnya adalah mengisi waktu senggang dengan kegiatan yang menghasilkan uang sesuai keahlian atau hobi Anda. Sebaiknya pilih kegiatan yang sesuai dengan minat Anda, agar tidak terasa berat saat menjalankannya.

Jika Anda ahli merancang busana, Anda dapat membuka kursus atau mendekorasi sebuah butik yang menjual baju-baju hasil rancangan Anda. Maksimalkan potensi yang Anda miliki yang sebelumnya tidak pernah Anda gunakan saat masih menjadi karyawan. Dengan cara ini, Anda dapat menjalani masa pension dengan lebih tenang dan bahagia.

Beruntung bagi mereka yang bekerja di perusahaan yang membantu karyawannya mempersiapkan mental menjelang masa pensiun. Biasanya karyawan tersebut dibekali pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menghadapi masa pensiun, sehingga rasa khawatir dalam menghadapi situasi yang tidak menentu dapat di minimalisasi.

Untuk membantu karyawan menghadapi masa persiapan pensiun, Kubik Training telah merancang Retirement Preparation Training. Program pensiun ini sangat berguna bagi mereka yang belum memiliki persiapan dalam menyongsong masa purna baktinya. Jika karyawan di perusahaan Anda ingin mengikuti Retirement Preparation Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.