Tips Agar Tetap Produktif di Masa Pensiun

“First you are young: then you are middle-aged: then you are old: then you are wonderful”

Apa yang Anda bayangkan di masa tua Anda? Apakah kehidupan yang bahagia bersama cucu-cucu tercinta dan Anda hanya tinggal menikmati hidup?

Atau hidup Anda malah dibayangi oleh daftar kekhawatiran mengenai masalah keuangan, kesehatan, kesepian dan lain-lain?

Setiap orang yang mulai memasuki usia senja pasti akan mengalami perubahan fisik, mulai dari penglihatan dan pendengaran yang berkurang, serta timbulnya rematik dan nyeri sendi, namun hal ini bias sedikitd ikurangi dengan rutin melakukan check up di rumah sakit.

Tidak hanya masalah kesehatan, orang-orang yang sudah lanjut usia terkadang masih dihantui masalah keuangan, karena dana pensiun mereka yang hanya cukup untuk beberapa tahun saja. Selain itu, ada pula beberapa orang lansia yang dirundung kesepian, karena tidak ada anak atau cucu yang menemani mereka di hari tuanya.

Menjadi tua merupakan sebuah keniscayaan yang akan dialami setiap manusia. Kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul merupakan hal yang wajar dan merupakan sebuah pilihan untuk terjebak dalam kekhawatiran yang menyengsarakan atau berdamai dan memilih untuk menjalaninya dengan bahagia.

Jika Anda masih khawatir akan kehidupan di hari tua, ingatlah selalu perkataan ini, “Tua itu pasti, bahagia itu pilihan!”

Pensiun adalah happy hour, waktu bagi Anda untuk melakukan kegiatan dan impian yang belum sempat terealisasikan sewaktu bekerja. Meratapi bahwa Anda sudah tidak bekerja hanya akan membuat Anda kehilangan indahnya masa happy hour. Karena itu, buatlah diri Anda tetap produktif di masa pensiun. Baik produktif yang menikmati dan menghasilkan maupun produktif yang hanya menikmati saja. Lantas, bagaimana caranya untuk tetap produktif di masa pensiun?

Pertama, cari tahu siapa diri Anda dan apa yang membuat diri Anda merasa berharga. Buatlah rencana-rencana aktivitas yang menyenangkan! Inilah hidup Anda. Anda sendiri yang menentukan ingin menjalani hidup seperti apa. Orang mencintai Anda bukan karena harta, jabatan, fasilitas yang Anda miliki, melainkan karena apa yang telah Anda hasilkan, apa yang telah Anda berikan untuk orang lain. Inilah yang menjadi tujuan akhir Anda untuk mencapai kebahagiaan di masa tua.

Jika Anda masih bingung dan butuh panduan untuk menjalankannya, berbagai program pensiun juga telah dirancang khusus oleh tim dari Kubik Training bagi Anda yang ingin melakukan persiapan pensiun dengan matang.

Untuk mengikut sertakan karyawan perusahaan Anda dalam Retirement Preparation Training, silahkan kunjungi www.kubiktraining.com atau hubungi Mona di 0816 1615 316 / 021-29 400 100.

Salam SuksesMulia!

Bagikan:

3 thoughts on “Tips Agar Tetap Produktif di Masa Pensiun”

  1. andi djunaidi says:

    Ada paragraph yang berulang, mohon dikoreksi.
    btw, terima kasih sdh mengingatkan..

    1. JA-admin says:

      Siap mas. Terima kasih sdh mengkoreksi

  2. waluyo sugiyanto says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Yth. Pak Jamil Azzaini

    Saya telah mengikuti training Bapak beberapa yang lalu di PT Pusri Palembang dalam rangka Raker RKAP tahun 2016, dan saya sangat tertarik dengan penyampaian materi Bapak, namun demikian saya ingin shering kepada Pengalaman hidup saya mungkin tidak jauh berbeda dengan pengalaman hidup Bapak bedanya Bapak masih bisa bersekolah menggunakan sepeda sedangkan saya jalan kami semasa SMP setiap hari harus berjalan sekitar 24 km PP karena saya dilahirkan disuatu pengunungan yang berada di Kabupaten Purworejo, Bapak bahwa saya mungkin didalam lingkungan keluarga dulu kurang mendapat perhatian dari Bapak Saya sehingga sekarang saya juga kurang dekat dg anak sya terutama berkomunikasi kepada ke 3 anak saya, sehingga membuat jarak antara saya dengan anak saya, untuk itu mohon saran dari Pak Jamil kira-2 apa yang harus saya lakukan agar ke 3 anak saya cukup terbuka terhadap saya dan menjadi lebih dekat terhadap anak-anak saya.

    Demikian atas saran Pak Jamil sangat saya harapkan. Terima Kasih.

    Wassalam
    Waluyo Sugiyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.