Tiga Sahabat Orang yang Bermimpi Besar

Ketika Anda sudah menetapkan impian hidup Anda, ketahuilah akan muncul tiga hal yang akan menghambat Anda. Ketiga hal itu adalah, pertimbangan, rasa takut, dan rintangan. Anda tak perlu khawatir, ketiga hal itu adalah bagian dari proses yang memang harus Anda jalani.

Begitu Anda menetapkan sebuah impian untuk memiliki penghasilan 10 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, maka ketika itu akan muncul berbagai pertimbangan. Misalnya, saya tidak akan punya waktu untuk anak dan istri karena saya harus bekerja lebih keras atau mungkin akan muncul pertimbangan-pertimbangan lain yang boleh jadi membuat Anda menghentikan upaya untuk mengejar impian hidup Anda.

Rasa takutpun akan muncul dan menghampiri Anda ketika Anda sudah menetapkan impian hidup Anda.  Boleh jadi Anda takut gagal, takut ditolak, takut kelihatan bodoh, takut kehilangan pengaruh, takut ditinggal orang-orang yang Anda cintai.  Atau Anda juga takut kehilangan semua tabungan Anda. Bila rasa takut yang datang kepada Anda begitu besar, boleh jadi Anda akan mengubah bahkan mungkin menghapus impian hidup Anda.

Hambatan ketiga yang bisa muncul ketika Anda ingin mewujudkan impian Anda adalah rintangan yang menghadang Anda. Rintangan sebagian besar berasal dari luar diri Anda.  Boleh jadi tidak ada mitra kerja yang bersedia diajak kerjasama, boleh jadi terbentur aturan yang berlaku, istri Anda tak mau diajak pindah ke luar kota, tidak adanya investor untuk proyek Anda atau mungkin boleh jadi rintangannya dari birokrasi pemerintahan yang berbelit.

Ironisnya, ketika pertimbangan, rasa takut dan rintangan itu muncul kebanyakan orang melihatnya sebagai tanda ”berhenti” untuk mengejar impian hidup.  Tetapi saya ingin memberitahu Anda jangan berhenti karena adanya pertimbangan, rasa takut, dan rintangan.  Lihatlah itu sebagai proses yang memang harus Anda jalani.  Dan itupun pertanda baik bahwa ternyata Anda menentukan impian hidup yang cukup menantang sehingga munculah pertimbangan , rasa takut dan rintangan.

Bila Anda tidak menemukan tiga hambatan itu justeru saya khawatir Anda memang tidak punya nyali ketika menentukan impian hidup Anda. Jadi terus maju dan jangan berhenti, tiga hambatan itu memang sahabat orang yang punya mimpi besar.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

6 thoughts on “Tiga Sahabat Orang yang Bermimpi Besar”

  1. Sutama Wisnu says:

    RRRUUUUAAAARRRR BIASAAAA Pak,,
    Terimakasih untuk tulisan-tulisan Inspiratifnya… setiap ada update disini InsyaAllah sy baca 🙂

    Wisnu
    TDAJogja

  2. zein says:

    wah… saya jadi tepecut lagi… saya juga punya masalah yg persis sama nih pak..

  3. Bagaimana kalau mas Wisnu nulis juga disini, he…he…he…Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  4. PH. Putra says:

    Terima kasih, mas Jamil. Very Inspiring.

    PH. Putra
    Fundraiser Coach

  5. Shofi says:

    Trimakash pak, telah lama sya mencri inspirasi,stlah klwar dr ABA sya tdk pnah dpt motivasi lg, 1 kali trimakash pak. Salam sukses mulia.

  6. Bagus, Kek… kali ini tulisannya saya nilai sembilan koma sembilan semilan… penilaian ini muncul dengan penuh pertimbangan, tanpa rasa takut, dan ini tantangan terberat saya sebagai pembaca dalam membuat penilaian… salam kerOn, Kek! teruslah bermimpi menginspirasi 25 juta orang setiap hari di web jamilazzaini…

Leave a Reply

Your email address will not be published.